Ini Jurus Mengatasi Mabuk Perjalanan Darat

TRAC - 92 - Mabuk Darat

Berkendara menanjaki bukit, di kiri kanan pohon-pohon rindang diselingi lembah hijau memanjakan mata. Seru sih, tapi kadang jalur seperti ini membuat sebagian orang terserang mabuk perjalanan darat. Liburan jadi terasa kurang asyik kan.. Nah, bagaimana jurus mengatasinya?

Sebenarnya, dampak mabuk darat bisa diminimalkan asal ada persiapan yang matang. Shinta Margareta dalam buku Cerdas P3K, 101 Pertolongan Pertama pada Kecelakaan punya cara jitu untuk hilangkan rasa mabuk ketika perjalanan jauh.

Pertama, minum minuman hangat. Cobalah minum minuman yang menghangatkan badan seperti minuman jahe sebelum memulai perjalanan.

Menurut penelitian, jahe punya kandungan senyawa 6-gingerols dan galanolactone yang mampu mencegah timbulnya mual dan muntah.

Kedua, hirup udara segar. Ketika mulai mengalami gejala mual dan ingin muntah, buru-buru hirup udara segar. Usahakan pula untuk tidak banyak bergerak.

Ketiga, berhenti sejenak. Jika rasa mual makin hebat, menepi dan beristirahatlah sebentar. Anda dapat berjalan di sekitar perhentian kendaraan untuk menetralkan akumulasi getaran saat di mobil.

Keempat, atur posisi duduk paling nyaman. Usahakanlah duduk dengan posisi searah laju kendaraan.

Sandarkan kepala dan tutup mata atau fokus pada satu arah obyek seperti kaki langit, gunung, hamparan sawah.

Kelima, kepalkan lalu lemaskan jemari tangan dan kaki. Kalau masih terasa pusing, coba pijat jari dan telapak tangan.

Keenam, minum obat anti-mual. Ini merupakan solusi paling ampuh yang bisa dicoba jika semua trik sebelumnya masih belum mempan mengusir mabuk darat. Jadi, obat anti-mual jangan sampai ketinggalan.

Kalau mual sudah teratasi, perjalanan liburan tentu jadi lebih menyenangkan. Lebih senang lagi kalau perjalanan darat dilewati bersama TRAC.

Anda bisa menyewa mobil secara harian di cabang TRAC di seluruh Indonesia. Pengaturan jadwal perjalanan jadi lebih fleksibel, Anda bisa pilih waktu istirahat kapanpun di manapun.

Pilihan layanan pun tersedia, Anda bisa sewa mobil sekaligus pengemudi atau lepas kunci alias selfdrive. Untuk layanan selfdrive, Anda hanya perlu mendaftar menjadi member TRAC. Caranya, Anda cukup mencantumkan data identitas diri (KTP), SIM A, dan kartu kredit.

Ditambah lagi, Anda bisa menikmati beragam promo khusus member TRAC. Klik di sini untuk mendaftar member TRAC.