Tips Praktis untuk Jaga Stamina Saat Puasa

Berpuasa bukan berarti aktivitas jadi terhambat. Memang, rasa haus, lapar, dan ngantuk menjadi ujian cukup berat bagi orang yang berpuasa. Tapi, semangat kerja harus tetap terjaga, malah mungkin menjadi lebih baik mengingat bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah.

Supaya kita siap menghadapi puasa esok hari, berikut ini beberapa tips praktis untuk menjaga stamina saat di bulan Ramadan.

Pertama, atur waktu sahur agar tidak terlalu jauh dari waktu subuh. Usahakan agar bangun tidak terlalu awal. Soalnya, mengakhirkan sahur membuat stamina kita lebih awet hingga waktu buka puasa. Sebaliknya, sahur terlalu awal, misalnya jam 1 atau 2 pagi, dapat membuat kita lebih cepat merasa lelah.

Selain waktunya, kita juga harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi saat sahur. Memang, sahur lebih praktis jika mengkonsumsi makanan cepat saji. Tapi, pastikan juga kita mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar pencernaan tetap sehat. Selain itu, tambah konsumsi air putih saat sahur untuk menghindari dehidrasi.

Kedua, bawa stok makanan ringan dan air mineral untuk perjalanan pulang dari beraktivitas, apalagi bagi pekerja yang baru pulang di sore hari. Stok ini hanya sebagai persiapan untuk berbuka puasa, kalau-kalau terjebak macet. Ingat, jam pulang kantor adalah waktunya macet, ditambah orang berbondong-bondong pulang untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Ketika terjebak macet parah, belum tentu kita bisa punya kesempatan membeli makanan atau minuman di jalan loh. Oleh karena itu, sebaiknya kita siap-siap saja agar bisa berbuka tepat waktu sehingga stamina tubuh terjaga.

Stok makanan yang dibawa pun tak perlu memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna. Pilih saja yang praktis seperti kue, lontong, atau roti. Minuman pun cukup dengan air mineral. Ketika sampai di rumah, kita bisa mengisi perut dengan makanan lebih bergizi.

Ketiga, atur waktu istirahat cukup. Tantangan utama ketika bulan Ramadan adalah mengatur waktu istirahat. Kita tentu ingin beraktivitas seperti biasa namun tetap menjalankan rutinitas ibadah Ramadan dengan baik.

Oleh karena itu, bijak mengatur waktu istirahat sangat penting. Usahakan untuk tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal untuk sahur. Jika memungkinkan, sempatkan istirahat sejenak pada siang hari. Toh kita tidak akan makan siang kan, jadi lebih baik gunakan waktu ini untuk tidur.

Keempat, jangan memaksakan berkendara saat kondisi tubuh sudah lelah, apalagi kalau menyetir kendaraan sendiri. Menghadapi macet saat perut lapar dan tenggorokan haus terkadang bisa memicu emosi.

Tak hanya itu, tubuh juga jadi kelelahan dan bisa rentan terserang penyakit seperti flu. Untuk meminimalkan merugikan kesehatan bagi diri sendiri, manfaatkan kondisi macet untuk beristirahat.

Kalau memungkinkan, cari tempat yang aman untuk istirahat. Lakukan relaksasi tubuh salama beberapa menit agar mengurangi rasa capek. Lalu, lanjutkan perjalanan setelah fisik terasa fit dan bugar.

Perlu diingat, kondisi tubuh yang tetap prima saat puasa menjadi kunci penting dalam menjalankan rutinitas dengan baik. Dengan demikian, kita bisa menyambut hari kemenangan bersama keluarga tercinta.

Untuk Anda yang ingin merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman, jangan lupa untuk menyiapkan kebutuhan mudik ya. Transportasi mudik perlu disiapkan jauh-jauh hari agar perjalanan lancar.

Apalagi setelah Lebaran, Anda mungkin ingin menikmati liburan dengan jalan-jalan. Tentu, dibutuhkan kendaraan yang nyaman dan aman untuk liburan bersama keluarga.

Nah, untuk kebutuhan transportasi mudik dan libur lebaran Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil TRAC. Sewa mobil di TRAC bisa jadi solusi praktis karena Anda dapat memilih mobil yang kapasitasnya cukup untuk semua keluarga, juga mendapatkan mobil yang kondisinya prima untuk dibawa perjalanan jauh.

Apalagi, Anda juga bisa memanfaatkan promo paket “Ayo Mudik!” TRAC untuk mudik dan libur lebaran. Anda akan mendapatkan gratis tambahan hari juga harga khusus jika memesan lebih awal sebelum tanggal 31 Mei 2018. Untuk informasi lengkap mengenai promo ini bisa dilihat di halaman berikut ya.

Sedangkan untuk reservasi dapat Anda lakukand dengan menghubungi reservation call center TRAC (021) 877 877 87 atau melalui email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Jadi, sudah siap ya menghadapi Ramadan dengan hati tenang dan tubuh sehat. Selamat berpuasa!