Fakta The 10th World Water Forum Yang Akan Digelar di Bali
Fakta The 10th World Water Forum Yang Akan Digelar di Bali
Fakta The 10th World Water Forum Yang Akan Digelar di Bali

Event

Fakta The 10th World Water Forum Yang Akan Digelar di Bali

09 Mei 2024

Share

Sekali lagi Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah gelaran internasional yang akan dihadiri oleh para pemimpin dunia. 10th World Water Forum akan digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024 mendatang dan kabarnya akan dihadiri oleh puluhan perwakilan negara dari berbagai belahan dunia.

 

TRAC telah merangkum beberapa fakta terkait dengan gelaran ke 10 forum air dunia tersebut. Berikut fakta menarik, sejarah, lokasi dan agenda 10th World Water Forum yang perlu Sobat TRAC ketahui.

 

Fakta 10th World Water Forum di Bali

 

Sejarah World Water Forum

 

World Water Forum pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997 namun pembahasan persoalan air di tingkat dunia sudah mulai digaungkan sejak 1987.

 

 

 

Beberapa permasalahan yang saat itu menyeruak antara lain; bencana kekeringan dan banjir, pencemaran air, sumber daya air yang terbatas hingga pengelolaan air yang masih dianggap belum baik. 

 

Pembentukan dua organisasi internasional yang terfokus pada isu-isu air pada tahun 1996 yaitu World Water Council (WWC) atau dewan air dunia dan Global Water Partnership (GWP) sukses menjadi pelatuk bagi penyelenggaraan WWF pertama di Marrakesh, Maroko pada 1997.

 

Indonesia jadi tuan rumah 10th World Water Forum

 

World Water Forum diselenggarakan setiap tiga tahun dan pada 2024 ini Indonesia didaulat menjadi tuan rumah. Adapun deretan negara yang menjadi tuan rumah World Water Forum dari pertama hingga kesepuluh adalah:

 

  • 21-23 Maret 1997 - Marrakesh, Maroko
  • 17-22 Maret 2000 - Den Haag, Belanda
  • 16-22 Maret 2003 - Kyoto, Jepang
  • 14-22 Maret 2006 - Kota Meksiko, Meksiko
  • 16-22 Maret 2009 - Istanbul, Turki
  • 12-17 Maret 2012 - Marseille, Prancis
  • 12-17 April 2015 - Daegu-Gyeongbuk, Korea Selatan
  • 18-23 Maret 2018 - Brasilia, Brasil
  • 21-26 Maret 2022 - Dakar, Senegal
  • 18-25 Mei 2024 - Bali, Indonesia

 

Lokasi dan waktu pelaksanaan 10th World Water Forum

 

Pulau Dewata, Bali akan menjadi tempat yang epik bagi pertemuan bertaraf internasional ini. Rangkaian acara dibuka oleh side event bertajuk ‘Balinese Water Purification Ceremony’ yang dikemas dalam ritual penyucian diri lewat media air.

 

 

 

Acara ini dijadwalkan pada 18 Mei 2024. Di hari selanjutnya (19 Mei 2024) akan ada Welcoming Gala Dinner bertempat di GWK Cultural Park. 

 

Acara inti yang merupakan pertemuan para petinggi negara dan pakar akan dilangsungkan dalam Opening Ceremony dan High-Level Meeting pada 20-21 Mei 2024 di Bali International Convention Centre (BICC), Nusa Dua. Adapula Sesi proses politik, tematik, dan regional akan dilaksanakan pada 20 Mei 2024.

 

Selain pertemuan ada juga pameran (fair & expo) untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat umum. WWF Fair and Expo ini akan dibuka secara resmi pada 20 Mei 2024 dan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali Collection dan Pantai Kuta.

 

Di penghujung rangkaian acara terdapat Cultural Night akan dilaksanakan di Taman Bhagawan pada 24 Mei 2024 dan Closing Ceremony pada 25 Mei 2024 di akan dilaksanakan di Mangupura Hall, Nusa Dua. Agenda lengkap The 10th World Water Forum bisa di cek di situs resmi WWF 2024

 

Pesan dan isu yang diangkat dalam 10th World Water Forum

 

WWF 2024 memiliki tema  besar 'Water for Shared Prosperity' atau 'Air untuk Kemakmuran Bersama'. Rencananya forum ini akan dihadiri oleh perwakilan lebih dari 30 negara nantinya membahas beberapa isu penting antara lain;· Konservasi air,  Air bersih dan sanitasi, Ketahanan pangan dan energi,  dan Mitigasi bencana alam.

 

Rental mobil TRAC untuk beraktivitas di The 10th World Water Forum

 

Jelajahi keindahan Bali bersama layanan rental mobil Bali dan aneka layanan TRAC lainnya. Rental mobil dengan pengemudi dan rental mobil lepas kunci Bali dari TRAC tak hanya cocok untuk liburan tapi juga bisa menjadi solusi kebutuhan transportasi di acara resmi. 

 

 

 

Terdapat berbagai macam tipe kendaraan yang bisa sobat pilih jika menggunakan rental mobil bali dari TRAC mulai dari mobil keluarga yang menjadi favorit atau city car yang compact. Ada pula pilihan rental mobil mewah Bali yang cocok untuk para VIP. 

 

Dengan digelarnya WWF 2024 di Bali pada 18-25 Mei mendatang ditambah long weekend, besar kemungkinan permintaan rental mobil di Bali akan meningkat jauh. Sobat TRAC yang akan ke Bali pada tanggal tersebut sebaiknya melakukan reservasi kendaraan sedini mungkin. 

 

 

Lakukan pemesanan hanya melalui aplikasi TRACtoGo atau halaman reservasi yang ada di website TRAC. Aplikasi resmi ini bisa sobat dapatkan di Google Playstore atau Apple Appstore.

 

Lewat aplikasi TRACtoGo, Sobat bisa memilih langsung jenis kendaraan yang tersedia sesuai dengan lokasi dan tanggal pemakaian. Kamu juga bisa mengatur durasi pemakaian mulai dari 4 jam. 

 

Oh iya, selain rental mobil ada pula layanan lain yang bisa Sobat pilih seperti sewa bus pariwisata, airport transfer dan paket perjalanan. Jadi, Jangan lupa untuk melakukan registrasi di TRACtoGo untuk mengakses layanan-layanan mumpuni dari TRAC.

 

Dapatkan informasi lanjut tentang dengan produk dan layanan TRAC dengan cara follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Di sana ada juga berbagai informasi menarik mulai dari rekomendasi destinasi wisata, jadwal acara, hingga tips dan trik terkait perjalanan. 

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp