https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-300-10 xx hal sederhana yang sering terlupa saat memulai bisnis (3).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-300-10 xx hal sederhana yang sering terlupa saat memulai bisnis (3).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-300-10 xx hal sederhana yang sering terlupa saat memulai bisnis (3).jpg

Berita

5 Hal Sederhana yang Sering Terlupa saat Memulai Bisnis

30 Mei 2022

Share

Bagi sebagian orang, memulai bisnis sendiri adalah sebuah lompatan besar dalam hidupnya. Banyak hal yang harus disiapkan selain menyiapkan produk yang akan ditawarkan, baik barang maupun jasa. Meski begitu, ada faktor-faktor lain juga yang harus Anda pertimbangkan dan siapkan saat memulai langkah pertama di bisnis Anda.

 

5 hal yang tak boleh terlupa saat memulai bisnis

 

 

1. Mempertimbangkan lokasi

Dengan dukungan kecanggihan teknologi, transaksi bisnis menjadi lebih terbuka tanpa batas waktu dan tempat. Meski begitu, lokasi tetap menjadi faktor yang harus disiapkan saat memulai bisnis, sekali pun bisnis Anda berada pada platform online.

 

Bagi Anda yang  akan berjualan online, pemilihan lokasi akan berpengaruh pada akses pengiriman barang. Selain itu mencantumkan “lokasi fisik” juga akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

 

 

2. Menghitung fixed cost dalam anggaran

Meski terkesan sepele, jangan lupa untuk memasukan biaya-biaya tetap dalam setiap produk yang anda pasarkan. Sewa tempat, rental mobil, pemakaian listrik dan internet bahkan tenaga Anda sebaiknya dihitung dengan seksama, meski bisa dibilang kebutuhan-kebutuhan tersebut masih ‘menumpang’ pada kehidupan pribadi Anda.

 

Jangan lupa untuk membuat catatan harian dan catatan keuangan sehingga segala transaksi terkait bisnis Anda dapat terdokumentasikan, Nantinya, Anda tak perlu kesulitan untuk menghitung ulang jika harus ada penyesuaian harga.

 

 

3. Kenali target bisnis lewat riset pasar

Saat memulai bisnis, banyak orang yang perhatiannya hanya tercurah pada pembuatan dan pengembangan produk. Padahal, penting juga untuk mengetahui karakter dan profil konsumen yang akan Anda sasar. 

 

Lakukan riset pasar secara sederhana untuk memetakan karakteristik calon konsumen maupun user Anda. Hal ini tentu nantinya bisa menjadi pertimbangan saat merancang harga dasar, harga jual bahkan pemilihan bahan baku hingga strategi promosi. 

 

 

4. Tak ada salahnya melakukan analisis ke kompetitor

Jangan salah, ini bukan berarti mencuri resep atau memata-matai untuk menjatuhkan ya! Analisis kompetitor lazim dilakukan di dunia bisnis, biasanya bertujuan untuk mencari tolok ukur atau benchmarking.

 

Anda bisa mengunjungi langsung toko maupun cafe yang diperkirakan menjadi calon kompetitor Anda atau sekadar browsing toko online yang menjual barang yang serupa. Jangan lupa menganalisis kekuatan mereka dan mencari celah yang bisa Anda isi dengan keunggulan bisnis Anda. Jangan lupa untuk melakukan modifikasi dan terobosan pembeda bisnis Anda dengan kompetitor.

 

 

5. Merancang alur pasok dan sarana pendukung

Saat memulai bisnis, mungkin Anda masih bisa melakukan semua pekerjaan sendiri termasuk untuk urusan belanja bahan baku hingga pendistribusian produk. Namun, bayangkan saat bisnis Anda meroket beberapa saat ke depan. Tentu harus ada yang mampu memasok bahan baku secara konsisten dan membantu mengantarkan pesanan ke konsumen.

 

Jangan jadikan kendala transportasi sebagai batu sandungan untuk pengembangan bisnis Anda. Jika memerlukan sarana pengangkutan untuk belanja, menjemput pasokan maupun mengantarkan pesanan dalam jumlah besar maka Anda bisa mencari layanan sewa mobil box atau pick up. Sebaiknya lakukan penyewaan dalam kurun waktu tertentu untuk menghindari ketidakadaan armada bila sewaktu-waktu diperlukan

 

Agar Anda bisa fokus mengembangkan bisnis yang akan dimulai, serahkan urusan transportasi pada TRAC. Selain memiliki layanan rental mobil dan sewa bus untuk angkutan penumpang, TRAC juga memiliki layanan angkutan barang seperti sewa pick up maupun sewa mobil box yang dapat mendukung Anda untuk menjalankan bisnis.

 

 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp