• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • 7 Hal yang Akan Membuat Acara Perpisahan Sekolah jadi Lebih Berkesan

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-299-09 xx Hal yang akan membuat acara perpisahan sekolah jadi lebih berkesan (3).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-299-09 xx Hal yang akan membuat acara perpisahan sekolah jadi lebih berkesan (3).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-299-09 xx Hal yang akan membuat acara perpisahan sekolah jadi lebih berkesan (3).jpg

Berita

7 Hal yang Akan Membuat Acara Perpisahan Sekolah jadi Lebih Berkesan

30 Mei 2022

Share

Akhir tahun ajaran sudah di depan mata. Selebrasi kenaikan kelas maupun kelulusan tak jarang menyita perhatian para orang tua, salah satunya perihal acara perpisahan.

 

Umumnya sekolah memang telah memfasilitasi acara perpisahan siswa, baik upacara kelulusan maupun sekadar perpisahan kelas. Namun, jika sekolah si kecil tak menyelenggarakan acara tersebut, mengapa tidak menggelarnya sendiri?

 

Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa dicoba buat Sobat TRAC yang sedang merancang tema perpisahan sekolah bagi si kecil.

 

7 Ide Bikin Tema Perpisahan Sekolah Lebih Berkesan

 

1. Tentukan Lokasi Tak Biasa

 

Jika umumnya seremoni perpisahan sekolah dilaksanakan di lapangan sekolah, gedung pertemuan atau ballroom hotel, mengapa kali ini tidak dilakukan di ruang terbuka? Anda bisa berkontak dengan pihak taman kota untuk mengetahui alur penyewaan lahan untuk acara. 

 

Tentukan Lokasi Tak Biasa

 

Jika memang acara yang dirancang tidak ada seremoni yang sifatnya formal, bisa juga melakukan perpisahan sambil jalan-jalan ke kebun binatang ataupun theme park, sehingga anak-anak bisa bermain sepuasnya bersama teman-teman.

 

 

2. Pilih Tema Yang Unik

 

Pilih teman yang disukai anak namun cocok dengan tempatnya, misalnya petualangan di kebun binatang, mencari harta karun di taman bahkan pesta kostum. Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda lantaran, anak-anak mungkin belum terbiasa dengan konsep acara formal yang hanya duduk dan mendengarkan sambutan.

 

Pilih Tema Yang Unik

 

 

3. Siapkan Games dan Kejutan

 

Siapa yang tak suka dengan hadiah? Jangan lupa siapkan hadiah-hadiah sederhana untuk meramaikan acara perpisahan si kecil. Sebelumnya, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu berbagai permainan interaktif yang menarik bagi anak di kanal-kanal youtube.

 

Siapkan Games dan Kejutan

 

4. Buat Acara Tukar Kado

 

Minta semua yang ikut untuk membawa kado dalam rentang harga tertentu. Tak perlu mahal, namun minta mereka untuk memberikan pesan di barang yang akan di bawa.

 

Buat Acara Tukar Kado

 

Saat ini bertukar kado dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari memberi penomoran dan melakukan pengocokan secara manual maupun dengan bantuan aplikasi. Bisa juga dilibatkan dalam beberapa games. 

 

 

5. Berikan Merchandise sebagai Kenangan

 

Jika kado saja tak cukup, Anda bisa juga membuat cinderamata khusus acara perpisahan sekolah yang dibagikan ke seluruh peserta. Mug atau tumbler bisa menjadi pilihan cinderamata yang bernilai guna, jangan lupa untuk menyesuaikan desainnya dengan tema yang dipilih.

 

Berikan Merchandise sebagai Kenangan

 

6. Libatkan Guru dan Tenaga Pendidikan

 

Meski mungkin saja acara perpisahan kali ini diinisiasi oleh orang tua, tak ada salahnya untuk melibatkan pihak sekolah terutama guru dan tenaga kependidikan lain. Seperti tenaga administrasi, petugas perpustakaan bahkan petugas kebersihan.

 

Libatkan Guru dan Tenaga Pendidikan

 

Anda juga bisa menyisipkan acara pemberian penghargaan kepada mereka yang telah menemani dan melayani anak-anak selama di sekolah. 


 

 

7. Siapkan Porsi Lebih

 

Dalam membuat acara memang sebaiknya selalu menyiapkan beberapa porsi cadangan. Hal ini untuk berjaga-jaga bila nanti ada peserta dadakan yang akan ikut di tenggat waktu.

 

Siapkan Porsi Lebih

 

Siapa tau peserta terakhir tersebut justru yang membuat acara perpisahan makin seru. Oh ya, hal ini juga berlaku untuk tiket masuk dan kapasitas tempat duduk dalam sarana transportasi.

 

Untuk mendukung itu, Anda bisa menggunakan aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di playstore dan juga appstore. Melalui aplikasi TRACtoGo, Anda bisa melakukan reservasi layanan rental mobil dengan pengemudi hingga layanan sewa bus, bahkan paket-paket wisata dalam menu experience.

 

TRAC memiliki beragam kapasitas bus yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari bus kecil berkapasitas 13, 15, atau 16 orang atau bus sedang (medium) yang dapat memuat 18, 23, 29, 32, hingga 35 penumpang. Perlu kapasitas yang super besar? Tenang saja, TRAC juga memiliki bus berkapasitas 45, 48, atau 59 orang.

 

Tertarik menggunakan layanan TRAC? Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id untuk informasi lebih lengkap. Kunjungi juga kantor cabang TRAC yang ada di kota Anda.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp