• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • Alasan Kenapa Perusahaan Tambang Sebaiknya Rental Mobil Untuk Kendaraan Operasional

14 Ini keuntungan rental mobil bagi perusahaan tambang.jpg
14 Ini keuntungan rental mobil bagi perusahaan tambang.jpg
14 Ini keuntungan rental mobil bagi perusahaan tambang.jpg

Berita

Alasan Kenapa Perusahaan Tambang Sebaiknya Rental Mobil Untuk Kendaraan Operasional

27 Januari 2023

Share

Bagi perusahaan tambang, kendaraan operasional menjadi salah satu kebutuhan yang perlu pertimbangan matang. Bagaimana tidak, terkadang perusahaan kerap dihadapkan dengan pilihan sulit untuk memiliki kendaraan operasional dengan cara membeli atau sewa.

 

Hal ini bisa dipahami, mengingat medan pertambangan memiliki kontur jalan yang cukup menantang. Sehingga dibutuhkan mobil dengan spesifikasi dan perawatan tertentu.

 

Agar dapat melaju dengan mulus di area pertambangan, mobil operasional harus didukung dengan sistem penggerak empat roda. Karena umumnya, lokasi pertambangan memiliki kontur jalan yang tidak merata dan belum dilapisi aspal.

 

Sehingga kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi mobilitas kendaraan di wilayah tersebut. Apalagi saat kondisi hujan dan membuat akses jalan menjadi licin, aktivitas pertambangan bisa terhambat jika tidak menggunakan mobil 4WD (four Wheel Drive).

 

 

 

Selain memiliki sistem penggerak 4x4, mobil operasional pertambangan juga umumnya merupakan mobil bak terbuka (pick up). Yang bertujuan untuk mempermudah dalam mengangkut hasil pertambangan. Mobil pick up ini terdiri dari 2 tipe, yakni single cabin dan double cabin. 

 

Untuk menjaga efektifitas dan efisiensi, ada beberapa alasan kenapa sebaiknya perusahaan tambang memilih rental mobil untuk kebutuhan kendaraan operasionalnya. Alasan-alasan tersebut dilandasi dengan berbagai pertimbangan berikut.

 

3 Alasan Memilih Rental Mobil Untuk Operasional Tambang

 

Terhindar Dari Depresiasi Nilai Asset

 

Alasan ini menjadi yang paling utama dipertimbangkan saat berencana membeli mobil untuk kendaraan operasional pertambangan.

 

 

 

Bagaimana tidak, mobil yang digunakan untuk area pertambangan umumnya memiliki masa pakai yang jauh lebih pendek dari mobil biasa. Ini disebabkan mobil tambang lebih sering “jalan” sehingga bisa membuat mobil lebih cepat “capek”.

 

Paling tidak lakukan peremajaan mobil setiap 5 tahun sekali untuk menjaga produktivitas operasional pertambangan. Jika kendaraan operasional merupakan milik perusahaan, artinya perusahaan harus segera menjualnya dengan harga yang berlaku saat itu.

 

Kondisi tersebut bisa saja merugikan. Karena nilai aset mobil tentu akan mengalami penyusutan. Apalagi mengingat kondisinya yang masuk dalam kategori “mobil cape”. Membuat proses jualnya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

 

 

 

Bebas Biaya Perawatan

 

Karena mobilitas yang cukup tinggi, perawatan kendaraan operasional tambang tidak bisa disamakan dengan perawatan mobil penumpang biasa. 

 

Jika normalnya mobil penumpang membutuhkan waktu satu tahun untuk menempuh 10 ribu kilometer, hal ini tidak berlaku untuk mobil yang bertugas di area pertambangan. Karena, jarak tempuh 10 ribu kilometer terkadang bisa ditempuh hanya dalam waktu satu bulan. 

 

Ini disebabkan oleh kontur jalan yang tidak merata, serta operasional pertambangan yang tak jarang berlangsung hingga 24 jam lamanya. Kondisi tersebut tentu membuat kendaraan tambang harus lebih diperhatikan perawatannya.

 

Bahkan tidak jarang saat melakukan perawatan ke bengkel, akan ditemukan beberapa komponen yang harus rutin diganti. Karena jika tidak, tentu akan mengganggu performa kendaraan serta bisa menghambat produktifitas pertambangan.

 

 

 

Sehingga dengan menggunakan layanan rental mobil untuk operasional pertambangan, kondisi tersebut bisa Anda hindarkan. Karena segala urusan perawatan mobil, sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan rental. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih menghemat pengeluaran setiap bulannya.

 

Ketersediaan Unit Pengganti

 

Pertimbangan berikutnya adalah ketersediaan unit pengganti saat kendaraan sedang dalam perbaikan. Anda tentu tidak ingin kegiatan operasional terhenti dong hanya karena hal demikian. Dengan menggunakan layanan rental mobil, aktivitas pertambangan bisa tetap jalan.

 

Karena perusahaan rental mobil akan memberikan kendaraan pengganti yang bisa digunakan selama proses perbaikan unit sewa berlangsung. Alhasil, perusahaan bisa lebih fokus menjalani bisnis untuk tetap efektif dan efisien.

 

Setelah mengetahui beberapa alasan tersebut, jangan pernah ragu untuk memilih layanan rental mobil sebagai pilihan terbaik untuk menunjang kebutuhan operasional di pertambangan.

 

 

 

Namun pastikan juga Anda memilih perusahaan rental mobil yang memiliki kualitas layanan prima. Seperti TRAC misalnya. Sebagai salah satu penyedia jasa rental mobil terbesar di Indonesia, TRAC siap melayani kebutuhan rental mobil perusahaan tambang Anda.

 

TRAC menyediakan mobil 4WD dalam 2 tipe, yakni single cabin, double cabin dan beberapa mobil tambang yang dibutuhkan lainnya. Untuk armada mobil tambang, Anda bisa cek disini.

 

Sebagai informasi tambahan, TRAC telah melayani lebih dari 3.000 perusahaan di berbagai kota di Indonesia dengan lebih dari 30.000 armada yang dikelola. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menghubungi Kantor Cabang TRAC terdekat atau menghubungi Customer Assistance Center di 1500009.

 

Untuk info terkini seputar layanan TRAC, follow media sosial TRAC melalui instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp