• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • Gowes Jarak Jauh, Ultra Cycling Mencuri Hati Para Penggemar Olahraga Bersepeda

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-264-08 Gowes Jarak Jauh, Ultracycling Mencuri Hati Para Penggemar Olahraga Bersepeda.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-264-08 Gowes Jarak Jauh, Ultracycling Mencuri Hati Para Penggemar Olahraga Bersepeda.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-264-08 Gowes Jarak Jauh, Ultracycling Mencuri Hati Para Penggemar Olahraga Bersepeda.jpg

Berita

Gowes Jarak Jauh, Ultra Cycling Mencuri Hati Para Penggemar Olahraga Bersepeda

01 Maret 2022

Share

Jika beberapa tahun yang lalu, maraton dan triathlon mewarnai gelaran olahraga perkotaan maka sekarang istilah ultra cycling mulai muncul di permukaan. Acara bersepeda ini memiliki jarak tempuh yang tak main-main, umumnya berada di atas 100 km bahkan ada yang mencapai 600 km. 

 

Dengan rute yang cukup panjang dan melelahkan ini, gelaran ultra cycling terbuka bagi saja yang ingin bergabung. Tenang saja, semua peserta yang berhasil menyelesaikan lintasan di waktu tertentu akan mendapatkan medali lho! Jadi tak perlu ragu untuk bergabung meski Anda bukan atlet sepeda profesional sekalipun.

 

Tertarik untuk ikut acara gowes jarak jauh ini? Berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum ikut dalam ultra cycling

 

Ketahui jadwalnya, jangan sampai lupa daftar

Audax Randonneurs Indonesia Salah satu penyelenggara gelaran ultra cycling di Indonesia telah merilis jadwal rangkaian kegiatan mereka selama yang akan dihelat di berbagai kota di Indonesia. Sepanjang tahun 2022, para cycling enthusiast akan diajak berkeliling berbagai daerah di Indonesia setiap bulannya, seperti; Yogyakarta (Januari & Desember), Jakarta (Februari & September), Bekasi (Maret), Semarang (Mei), Manado (Juni), Solo (Juli), Padang (Agustus), Surabaya (Oktober), Bandung (November).

 

Pastikan Anda telah melakukan pendaftaran secara resmi sebelum ikut bergabung dalam track panjang ini. Pendaftaran biasanya dapat dilakukan 1 bulan sebelum acara digelar, atau Anda bisa juga memantau media sosial maupun situs resmi penyelenggara ultra cycling yang akan diikuti.

 

 

Jangan lupa persiapkan fisik sebelum gowes di ultra cycling

Jarak tempuh yang panjang tentu akan menguras tenaga dan memerlukan stamina yang prima. Untuk itu, persiapkan fisik Anda sebaik mungkin. Mulai lah bersepeda secara rutin di jarak tertentu sehingga tubuh tidak akan merasa “kaget” saat harus menempuh jarak ratusan kilometer. Anda juga boleh menyelingi dengan olahraga lain yang sifatnya ketahanan (endurance) seperti latihan otot, jogging maupun aerobik.

 

Tubuh memerlukan penyesuaian dalam menghadapi kondisi berat, untuk itu lakukan latihan dengan rutin dan bertahap. Latihan ini juga akan membantu meminimalisir cedera yang akan terjadi, namun pastikan Anda tetap selalu hati-hari saat berolahraga ya! Jika Anda belum terbiasa dengan track jauh, maka sebaiknya pilihlah lintasan ultra cycling dari kelas terpendek 100 km terlebih dahulu dan naiklah secara berkala di acara selanjutnya. 

 

 

Cek seluruh fungsi sepeda

Selain mempersiapkan fisik agar selalu prima, jangan lupa juga untuk memastikan seluruh fungsi pada sepeda Anda. Cek kembali ban, rem, kaki-kaki hingga shock breaker dan keseluruhan sepeda, apakah masih laik dan nyaman untuk digunakan.

 

Sebelum mendaftar, sebaiknya Anda memperhatikan jenis-jenis sepeda yang diperbolehkan dalam gelaran tersebut. Seperti pada Jakarta Ultra Cycling Challenge 2022 jenis sepeda yang masuk dalam daftar adalah Roadbike, MTB, Gravel dan sepeda lipat sedangkan sepeda listrik (e-bike) dilarang untuk ikut dalam gelaran ini.

 

 

 

Siapkan transportasi yang aman untuk Anda dan sepeda kesayangan

Gelaran ultra cycling ini telah memiliki jadwal sepanjang tahun di berbagai kota di Indonesia. Tentunya perlu persiapan ekstra apabila acara yang diincar diselenggarakan di luar kota tempat tinggal Anda. Jangan lupa, Anda harus menghemat tenaga untuk lintasan yang akan dihadapi, jangan sampai tenaga terkuras karena harus mengemudi ke tempat acara.

 

Tak hanya memikirkan diri sendiri, Anda juga harus memperhitungkan transportasi untuk sepeda tercinta. Pengangkutan sepeda ke kota tujuan dan kembali ke kota asal juga perlu penanganan khusus. Duh, jangan sampai ada bagian dari sepeda kesayangan yang hilang saat perjalanan. 

 

Pergi bersama teman-teman? Tak perlu khawatir, Anda bisa memilih layanan rental bus dari TRAC. Kabin yang besar tak hanya bisa menampung banyak orang namun juga memastikan sepeda Anda selalu aman tanpa risiko kehujanan atau diterpa angin saat berada di jalan tol. Anda tinggal menyesuaikan tipe bus dengan jumlah penumpang dan jumlah sepeda yang akan ikut dalam perjalanan. 

 

Di masa pandemi ini,TRAC juga berkomitmen untuk selalu menjadikan kesehatan dan keamanan Anda sebagai prioritas, hal ini diimplementasikan melalui SMART Protocol, yang meliputi:

 

  • Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan.
  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.
  • Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.
  • Memberikan sekat pembatas antara pengemudi dengan penumpang.
  • Setiap pengemudi yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.
  • Setiap pengemudi yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.
  • Pengemudi tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang

 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp