• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • Ketahui Makna Kode Warna dalam Aplikasi PeduliLindungi Sebelum Bepergian

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-249-13 Ketahui makna kode warna dalam aplikasi pedulilindungi  (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-249-13 Ketahui makna kode warna dalam aplikasi pedulilindungi  (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-249-13 Ketahui makna kode warna dalam aplikasi pedulilindungi  (1).jpg

Berita

Ketahui Makna Kode Warna dalam Aplikasi PeduliLindungi Sebelum Bepergian

07 November 2021

Share

Aplikasi PeduliLindungi menjadi satu-satunya aplikasi yang digunakan pemerintah sebagai syarat warga negaranya melakukan perjalanan ataupun untuk berkegiatan di fasilitas umum.

 

Aplikasi PeduliLindungi juga digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan skrining masyarakat di enam sektor seperti perdagangan, transportasi, pariwisata, kantor atau pabrik, keagamaan, dan Pendidikan, termasuk didalamnya pusat perbelanjaan seperti mall.

 

Ketika harus memasuki tempat umum, pemerintah mengharuskan masyarakat melakukan scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi agar setiap masyarakat yang berpergian ke area publik dapat terskrining dan terlacak dengan baik.

 

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga dibarengi dengan pembatasan jumlah orang yang bisa berada di suatu tempat, pengaturan jarak, penyesuaian jam operasional dan penerapan protokol kesehatan.

 

Setelah melakukan scan barcode, akan muncul notifikasi dengan warna yang berbeda-beda. Warna dalam aplikasi tersebut menunjukkan status vaksinasi. Untuk melihat status vaksinasi, kunjungi tab Akun pada aplikasi PeduliLindungi atau masukkan nama lengkap dan nomor induk kependudukan pada situs resmi.

 

Namun, ada satu hal yang perlu menjadi perhatian saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi, yakni terkait warna yang berbeda-beda untuk setiap orangnya. Warna ini dijadikan identifikasi seseorang yang terbagi menjadi empat indikator warna sebagai berikut ini.

 

Warna hitam pada aplikasi PeduliLindungi berarti pengguna terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Kriteria ini dilakukan evaluasi agar tidak melakukan aktivitas dalam meningkatkan terjadinya kasus. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

 

Jika aplikasi menunjukkan status warna merah berarti pengunjung belum divaksinasi Covid-19 atau bisa juga pengunjung dalam kondisi terpapar atau kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung yang memiliki status warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.

 

Warna kuning atau oranye mengartikan pengunjung sudah divaksinasi dosis pertama. Pengunjung diperbolehkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut. Pengunjung yang memiliki warna barcode ini wajib menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

 

Apabila status di aplikasi menunjukkan warna hijau, pengunjung sudah divaksinasi lengkap dan memiliki status aman. Warna hijau diperbolehkan masuk tempat umum. Warna ini merupakan status dengan indikator paling baik di antara yang lainnya.

 

Sistem yang digunakan pada aplikasi PeduliLindungi ini menghubungkan sistem big data Kementerian Kesehatan yang bernama NAR atau New All Record. NAR ini berisi rekaman data masyarakat yang menjalani pemeriksaan baik tes antigen atau PCR di laboratorium yang bekerjasama.

 

Tentunya kini perjalanan Anda ke area publik menjadi semakin aman berkat adanya skrining yang dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika Anda ingin perjalanan Anda lebih aman lagi, coba rental mobil di TRAC, yuk!

 

Sebab Anda tak perlu khawatir dengan protokol kesehatan, karena TRAC selalu berkomitmen memprioritaskan kesehatan dan keselamatan penumpang dengan SMART Protocol, yang meliputi penyemprotan unit kendaraan dengan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, penyediaan hand sanitizer pembatasan penumpang untuk menerapkan physical distancing pada setiap unit yang mengangkut penumpang, mewajibkan pengemudi untuk menggunakan masker dan sarung tangan, memasang sekat berbahan fiber di antara pengemudi dan penumpang, serta memastikan pengemudi yang bertugas sudah melalui pemeriksaan kesehatan. 

 

Tak hanya itu, TRAC juga memastikan driver sudah mendapatkan vaksinasi, sehingga penumpang tidak perlu khawatir lagi. Sebagai bentuk dukungan pada program vaksin, TRAC menyediakan layanan transportasi untuk vaksin baik bagi korporasi maupun keluarga. Dan jika Anda sudah vaksin, dapatkan diskon khusus dari TRAC hanya dengan menunjukkan surat bukti sudah vaksin. 

 

Tak hanya layanan sewa mobil bandara, TRAC juga melayani sewa mobil harian baik lepas kunci maupun dengan pengemudi, sewa bus dengan berbagai ukuran, serta banyak layanan lainnya. 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp