• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • Keunggulan Mobil Listrik dari Mobil Biasa yang Perlu Diketahui Pelancong

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-228-24 Keunggulan Mobil Listrik dari Mobil Biasa yang Perlu Diketahui Pelancong (1).JPG
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-228-24 Keunggulan Mobil Listrik dari Mobil Biasa yang Perlu Diketahui Pelancong (1).JPG
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-228-24 Keunggulan Mobil Listrik dari Mobil Biasa yang Perlu Diketahui Pelancong (1).JPG

Berita

Keunggulan Mobil Listrik dari Mobil Biasa yang Perlu Diketahui Pelancong

23 September 2021

Share

Pengisian daya mobil listrik | kasto80 / iStockphoto

 

 

Meski sudah semakin populer di luar negeri, agaknya mobil listrik masih cukup awam bagi masyarakat Indonesia. Terlebih harga mobil listrik di Indonesia tergolong sangat tinggi. Hal itulah yang menjadikan banyak masyarakat yang tidak familier dengannya. Padahal mobil listrik memiliki berbagai keunggulan dibandingkan mobil biasa. 

 

Jika Anda pemilik kendaraan, mobil listrik lebih hemat. Seperti yang kita tahu, biaya yang dikeluarkan untuk sebuah mobil tidak selesai setelah pembelian. Ada juga biaya perawatan mesin yang tidak sedikit. Nah, mobil listrik tidak memerlukan perawatan yang senjelimet mobil biasa. Karena itulah, mobil listrik akan memangkas biaya perawatan mobil yang Anda keluarkan setiap bulannya. 

 

Jika Anda seorang wisatawan yang tengah bimbang untuk menyewa mobil biasa atau mobil listrik, sederet keunggulan mobil listrik ini mungkin bisa jadi pertimbangan.

 

 

 

1. Lebih hemat bahan bakar

Selain hemat biaya perawatan, mobil listrik juga hemat bahan bakar, lho. Untuk menempuh jarak 10 km, mobil biasa membutuhkan 1 liter bensin dengan biaya kurang lebih Rp.9.500,-. Sedangkan mobil listrik hanya butuh 2 kWh listrik yang harganya hanya Rp1.469,- / kWh. Jadi, hanya butuh kurang dari Rp3.000,- untuk jarak tempuh 10 km mobil listrik. Jauh, bukan? 

 

 

 

2. Ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara

Salah satu permasalahan yang ditimbulkan oleh mobil bahan bakar bensin atau solar adalah polusi udaranya. Emisi gas yang dihasilkan dapat berdampak buruk untuk lingkungan. Mobil listrik di sisi lain, menghasilkan emisi gas yang lebih rendah. Dikutip dari katadata.co.id, jika mobil biasa menghasilkan emisi gas sekitar 125g/km, maka mobil listrik hanya menghasilkan emisi gas 0-5g/km. 

 

Selain itu, mobil listrik dihasilkan dari sumber energi yang dapat diperbarui, sedangkan bensin dan solar tidak. Hal ini turut menambah poin plus untuk mobil listrik, yang dapat menjadi alternatif untuk ketahanan energi di masa depan. Sehingga, saat menggunakan mobil listrik berarti kita tengah membantu bumi untuk tetap lestari. 

 

 

3. Lebih nyaman karena suara mesin yang halus

Mobil listrik juga unggul dalam kenyamanan perjalanan. Mobil yang bermesin diesel biasanya memiliki suara yang cukup keras saat mesin dinyalakan. Nah, mobil listrik ini adalah kendaraan yang “senyap” alias minim suara. Namun, tidak benar-benar senyap kok, karena kementerian perhubungan Indonesia serta banyak negara lain telah mengharuskan mobil listrik tetap memiliki suara. Hal ini karena faktor keamanan, di mana senyapnya mobil listrik ini dianggap berisiko bagi pejalan kaki dan pengguna jalan lain yang tidak menyadari keberadaannya. Jadi, secara umum, suara mesin mobil listrik jauh lebih senyap dibandingkan mobil biasa.

 

 

 

4. Lebih aman dengan Intelligent Transport System

Selain kenyamanan, faktor keamanan juga patut diperhatikan. Mungkin banyak yang berpikir bahwa mobil yang berbahan bakar listrik lebih berisiko dibandingkan mobil yang berbahan bakar bensin atau solar. Namun, tenang saja, karena umumnya mobil listrik dilengkapi dengan Intelligent Transport System (ITS) yang mampu memutus aliran listrik pada mesin saat hendak terjadi kecelakaan. Hal ini dapat mencegah kecelakaan atau setidaknya mencegah kerusakan yang lebih besar. Selain itu, dikutip dari Gatra.co, mobil listrik sudah melalui 4 ujian keamanan, yaitu uji tabrakan, ketahanan air, ketahanan banjir, dan ketahanan api.

 

Itu dia beberapa keunggulan mobil listrik yang akan membuat perjalanan wisata Anda lebih aman dan nyaman. Kabar baiknya, jika Anda berwisata ke Bali, TRAC menyediakan Electric Vehicle Bali untuk Anda gunakan untuk jalan-jalan. 

 

Electric Vehicle (EV) Smart Mobility ini merupakan kerja sama antara TRAC dengan Toyota dalam mewujudkan Eco Sustainable Tourism di Bali, sehingga Pulau Dewata menjadi destinasi wisata yang bersih, aman, dan nyaman. EV Smart Mobility TRAC X Toyota ini menyediakan 3 line up kendaraan elektrifikasi, yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C-pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV. 

 

Untuk menikmati layanan EV Smart Mobility dari TRAC ini, Anda bisa langsung datang ke station di depan central parkir The Nusa Dua (depan Bali Collection) atau station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua. Untuk pilihan yang lebih praktis, Anda juga dapat melakukan pemesanan EV Smart Mobility melalui aplikasi mTOYOTA dan TRAC To Go yang menawarkan berbagai metode pembayaran, termasuk ShopeePay.

 

Tak perlu khawatir tentang protokol kesehatan di masa pandemi. Karena TRAC senantiasa menerapkan SMART Protocol, yaitu protokol kesehatan yang meliputi penyemprotan dengan disinfektan setiap unit mobil sebelum dan sesudah digunakan, menyediakan hand sanitizer, menerapkan physical distancing, memasang sekat berbahan fiber di antara pengemudi dan pelanggan, serta memastikan pengemudi yang bertugas memakai masker, sarung tangan, telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan tentunya sudah menjalani vaksinasi Covid-19. TRAC juga menyiapkan promo menarik bagi Anda yang sudah vaksin. Caranya cukup dengan menunjukkan surat vaksin saja, kok.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp