09 Kota-Kota di Indonesia Dengan Perayaan Imlek Yang Unik.jpg
09 Kota-Kota di Indonesia Dengan Perayaan Imlek Yang Unik.jpg
09 Kota-Kota di Indonesia Dengan Perayaan Imlek Yang Unik.jpg

Berita

Kota-Kota di Indonesia Ini Punya Perayaan Imlek Yang Unik

20 Januari 2023

Share

Mungkin orang lebih Indonesia mengenal istilah Imlek dibandingkan Sin Cia. Uniknya, ada pula yang menyebutnya “Lebaran Cina”. Akulturasi budaya memang selalu menciptakan sebuah keunikan tersendiri. Tak sekedar nama, banyak juga perayaan imlek yang digelar dengan sentuhan lokal yang kental.

 

Ada beberapa kota yang punya tradisi unik saat merayakan Imlek. Sobat TRAC bisa mengajak teman, sahabat, keluarga dan orang-orang tersayang untuk menyambangi salah satunya. Penasaran bagaimana perayaan uniknya? Yuk cek informasi di bawah ini.

 

5 Kota Dengan Perayaan Imlek Yang Unik

 

Serunya Perang Air di Selatpanjang, Riau

 

Jika Thailand punya Festival Songkran yang akan membuat semua orang di jalanan menjadi basah, Provinsi Riau juga punya Festival Perang Air alias Cian Ciu. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa air adalah sumber rezeki. Maka, Semakin banyak yang basah semakin banyak juga keberkahan yang dibagikan. 

 

 

 

Grebeg Sudiro jadi contoh akulturasi budaya di Surakarta, Jawa Tengah

 

Sobat TRAC mungkin sudah mengenal Grebeg Syawal atau Grebeg Suro, lalu bagaimana dengan Grebeg Sudiro? Arak-arakan gunungan bersanding apik dengan arak-arakan Barongsai bahkan tak jarang prajurit Kesultanan surakarta juga ikut membuka iring-iringan.

 

Uniknya gunungan kali ini terdiri dari tumpukan kue keranjang yang tentu saja tetap bisa menjadi “incaran” warga.

 

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta apik dan seru

 

Kampung Ketandan yang ada di kawasan Malioboro juga tak mau kalah dengan tempat lainnya. Pekan Budaya Tionghoa tahun 2023 akan digelar pada 30 januari hingga 5 Februari 2023.

 

 

 

Bazar dan karnaval menjadi daya tarik utama acara yang juga ditujukan untuk menyambut Cap Go Meh, jangan lupa siapkan dana lebih. Oh iya, Sobat TRAC pecinta kuliner tak perlu ragu untuk jajan di tempat ini karena rencananya pihak penyelenggara akan membedakan kelompok makanan halal dan non halal.

 

Menyambangi Klenteng di Glodok jadi destinasi favorit warga Jakarta

 

Petak sembilan Glodok adalah pusat pecinan lama di Jakarta. Saat perayaan Imlek banyak masyarakat yang datang ke sana, tak hanya untuk sembahyang namun banyak juga yang sekadar datang untuk merasakan nuansa imlek.

 

Vihara Dharma Bakti dan Klenteng Toa Se Bio menjadi episentrum perayaan Imlek di kawasan ini. Karena akan berkunjung ke tempat ibadah, maka sangat disarankan agar Sobat TRAC mengenakan pakaian sopan ya. Dan yang terpenting jangan mengganggu jalannya prosesi ibadah.

 

 

 

Kemeriahan dari Imlek hingga Cap Go Meh di Singkawang

 

Bicara Imlek tentu tak lengkap tanpa menyebut Singkawang dalam daftar ini. Gegap gempita perayaan tahun baru Imlek di kota ini akan terasa sepanjang 15 hari hingga ditutup oleh kemeriahan Festival Cap Go Meh.

 

Masyarakat lokal, luar kota bahkan luar negeri akan tumpah ke jalan untuk mengikuti dan menikmati karnaval. 

 

Tak lupa, akan ada arak-arakan para tatung yang ikonik. Ratusan Tatung atau orang-orang yang dipercaya menjadi media para dewa untuk turun ke bumi ini akan diarak berkeliling kota, dan tentu menjadi atraksi yang menarik perhatian banyak orang.

 

Pastikan Sobat TRAC cukup kuat melihat beberapa adegan ekstrim dan berbahaya selama arak-arakan berlangsung.

 

 

 

Akulturasi dan asimilasi budaya di tanah air memang kerap terjadi dan menjadi keunikan tersendiri, seperti pada perayaan Imlek yang digelar di beberapa kota di atas.

 

Ajak teman dan saudara untuk ikut menyaksikan keunikan ragam budaya nusantara saat merayakan Tahun Baru Imlek maupun Cap Go Meh.

 

Jelajahi Lokasi Perayaan Imlek Dengan Layanan TRAC

 

Saat bepergian bersama orang banyak, tentu layanan sewa bus dari TRAC selalu dapat diandalkan. TRAC memiliki bermacam jenis dan kapasitas bus bisa Sobat TRAC pilih sesuai dengan kebutuhan, bahkan ada juga luxury bus yang mewah dan super nyaman.

 

Small bus yang ringkas akan menjadi pilihan tepat jika sobat TRAC hanya bepergian dengan belasan orang. Apabila membutuhkan armada dengan kapasitas super besar maka gunakan lah big bus yang mampu mengangkut hingga 59 penumpang. TRAC juga memiliki layanan terbaru yaitu sewa luxury bus berukuran medium. 

 

 

 

Jika sebelumnya Sobat TRAC mungkin sudah familiar dengan luxury bus berukuran besar yang dilengkapi dengan mini meeting room, kali ini TRAC meluncurkan medium luxury bus  yang lebih simpel namun tetap didukung segala fasilitas yang Anda butuhkan di selama perjalanan seperti kursi yang empuk lengkap dengan arm rest dan leg restpantry, toilet, serta tak lupa sarana hiburan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Playstore maupun Appstore. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp