01 Mengenal Makanan Unik Buka Puasa di Berbagai Daerah.jpg
01 Mengenal Makanan Unik Buka Puasa di Berbagai Daerah.jpg
01 Mengenal Makanan Unik Buka Puasa di Berbagai Daerah.jpg

Berita

Mengenal Makanan Unik Buka Puasa di Berbagai Daerah

03 April 2023

Share

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim sedunia. Selain dipercaya sebagai waktu terbaik untuk beribadah dan bersilaturahmi, di masa ini juga menjadi salah satu waktu terbaik untuk berwisata kuliner tepatnya untuk mencari makanan unik buka puasa di berbagai daerah.

 

Beberapa kuliner lokal biasanya akan muncul setahun sekali pada bulan puasa dan disajikan sebagai kudapan berbuka atau yang di masyarakat yang familiar dengan sebutan takjil.

 

Di beberapa daerah, makanan khas berbuka puasa biasanya lebih didominasi dengan makanan bercita rasa manis.

 

Namun, tak sedikit juga yang menghadirkan rasa gurih, asin hingga pedas. Penasaran makanan apa dan berasal dari mana saja? Simak informasi selengkapnya khusus buat Sobat TRAC.

 

 

 

5 Makanan Unik Buka Puasa di Indonesia

 

Putu Piring - Kepulauan Riau

 

Makanan ini memiliki rasa kombinasi manis dan gurih dan umum dijumpai sebagai makanan buka puasa di kawasan Kepulauan Riau seperti di Bintan dan Batam. Karena bentuknya yang agak pipih ada juga yang menyebutnya sebagai kue putu piring.

 

Terbuat dengan bahan dasar tepung beras yang berisi parutan gula merah. Rasa gurih didapatkan dari parutan kelapa yang diberikan setelah kue dikukus hingga matang.

 

Makan lah selagi hangat dan rasakan sensasi saat isian seolah lumer di mulut. Dari segi rasa, sebenarnya tak berbeda jauh dari kue putu pada umumnya. Namun tentu yang satu ini lebih seru karena hanya mudah ditemukan saat bulan puasa.

 

 

 

Ketan Bintul - Banten

 

Bentuknya terbilang sederhana namun ternyata memiliki nilai sejarah dan makna yang mendalam. Ketan yang disajikan dengan serundeng kelapa beraroma rempah ini, dipercaya telah ada sejak abad ke-16 dan menjadi salah satu makanan kegemaran Sultan Maulana Hasanudin.

 

Sajian ini biasanya lebih mudah didapatkan saat bulan Ramadhan dan menjadi kudapan favorit warga Banten untuk berbuka puasa.

 

Mie Glosor - Bogor, Jawa Barat

 

Jika sobat TRAC berkesempatan untuk berbuka puasa di Kota Bogor, jangan sampai melewatkan momen untuk merasakan nikmatnya Mie Glosor. Konon katanya mie yang terbuat dari sagu ini hanya dijajakan pada bulan Ramadan saja lho!

 

Mie Glosor atau yang juga dikenal dengan Sorodot Bogor ini biasanya disajikan layaknya mie goreng atau bihun goreng pada umumnya dan dinikmati bersama gorengan lengkap dengan sambal kacang. Nikmat!

 

 

 

Wadai Ipau - Banjarmasin, Kalimantan Selatan

 

Sering disebut sebagai Lasagna dari Banjarmasin, Kue Ipau atau Wadai Ipau memang biasa disajikan dalam bentuk yang berlapis-lapis. Makanan ini terbilang langka karena hanya bisa didapatkan di Bulan Ramadhan atau di acara-acara tertentu. 

 

Lembaran Wadai Ipau terbuat dari terigu, telur, air dan beberapa campuran lainnya. Kemudian disusun selembar demi selembar bersama campuran sayuran dan daging dengan sentuhan rasa rempah.

 

Tak lupa “vla” santan yang membuat makanan ini makin gurih. Wadai Ipau siap dinikmati setelah dikukus. Yakin tidak tertarik mencobanya?

 

Barongko - Makassar, Sulawesi Selatan

 

Sepertinya olahan pisang mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Sulawesi Selatan. Selain es pisang ijo dan pallu butung ada juga olahan pisang yang menjadi favorit yaitu barongko.

 

 

 

Makanan khas Bugis ini dibuat dari pisang yang dihaluskan yang dicampur telur, santan, dan gula pasir . Campuran ini lalu dibungkus daun pisang dan di kukus, sekilas mirip pepes dari Jawa Barat.

 

Barongko nikmat disantap saat dingin, Sobat TRAC bisa memasukkannya ke kulkas  terlebih dahulu sebelum disantap. Makanan ini cocok dijadikan sebagai takjil segar namun menghindari sengatan dingin dari es.

 

Itulah keragaman kuliner yang jadi menu makanan unik saat buka puasa di beberapa daerah di Indonesia. Jika Sobat TRAC berkunjung ke salah satu kota yang disebutkan di atas, sempatkan diri untuk bergabung bersama warga lokal menikmati makanan unik yang khas untuk berbuka puasa.

 

Beberapa makanan mungkin hanya akan muncul dan mudah didapatkan di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, maksimalkan kesempatan yang ada untuk melakukan petualangan rasa.

 

 

 

Gunakan layanan rental mobil dari TRAC untuk mencicipi makanan khas buka puasa di berbagai kota. Sobat TRAC tak perlu bingung mencari rute untuk menemukan lokasi penjual makanan terlebih jika berada di luar kota tempat tinggal.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra...

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp