03 xx rekomendasi destinasi field trip seru untuk anak sekolah (1).jpg
03 xx rekomendasi destinasi field trip seru untuk anak sekolah (1).jpg
03 xx rekomendasi destinasi field trip seru untuk anak sekolah (1).jpg

Berita

Rekomendasi Destinasi Field Trip Seru Untuk Anak Sekolah

17 Oktober 2022

Share

Sejatinya belajar tak harus dilakukan di dalam kelas. Ada banyak hal yang bisa dipelajari anak di luar kelas, oleh karena itu tak jarang sekolah mengadakan field trip untuk menambah pengetahuan sekaligus pengalaman siswa.

 

Mencari destinasi field trip seru untuk anak sekolah sebenarnya tak sulit, namun beberapa destinasi memiliki jadwal yang terbatas untuk kunjungan rombongan. Akhir hingga awal tahun tahun pada saat peralihan semester biasanya menjadi salah satu waktu favorit untuk melakukan field trip maka biasanya beberapa destinasi favorit akan full booking. TRAC telah merangkum beberapa destinasi di berbagai kota sebagai alternatif pilihan destinasi field trip untuk anak sekolah. 


 

 

Rekomendasi destinasi field trip seru untuk anak sekolah di beberapa kota


 

Jabodetabek

Ada banyak destinasi yang biasa dijadikan tujuan field trip anak sekolah di sekitar Jabodetabek. Untuk tema sejarah, Anda bisa melakukan kunjungan ke sekitar Kota Tua Jakarta. Di sana ada beberapa museum dengan beberapa tema yang bisa disambangi seperti Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta dan beberapa lainnya. Anda juga bisa mengajak siswa untuk mampir ke kawasan pecinan dan stasiun Jakarta Kota yang megah, namun pastikan rombongan dapat terpantau dengan baik.

 

Opsi lain di sekitar Jabodetabek adalah Kampoeng Wisata Cinangneng yang berada di kawasan Ciampea, Kabupaten Bogor. Di sini anak-anakn akan diajak lebih dekat dengan alam dengan turun langsung ke sawah hingga memandikan kerbau. Oh iya, paket ini juga seru untuk orang dewasa lho.


 

 

Bandung

Siapa yang tak akan kagum dengan teropong raksasa yang ada di Observatorium Bosscha. Di sini anak-anak bisa belajar tentang benda-benda langit dan astronomi. Opsi lain yang tak kalah seru adalah kunjungan ke Jendela Alam Bandung. Disana ada banyak sekali kegiatan yang bisa menambah pengalaman si kecil seperti menanam padi di sawah buatan, panen wortel hingga berinteraksi langsung dengan sapi, kelinci, rusa dan beberapa hewan lain.

 

Ingin destinasi field trip anak sekolah yang tak biasa? Anda bisa mengajak siswa berkunjung ke beberapa sentra industri yang berada di sekitar pinggir Kota Bandung seperti pabrik tahu hingga pengolahan susu. Menarik ya.


 

Surabaya

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya memiliki beberapa destinasi field trip yang seru untuk dikunjungi oleh anak sekolah salah satunya adalah wisata pemadam kebakaran. Anda bisa mengajak anak-anak ke pos pemadam kebakaran dan mendapatkan edukasi tentang cara-cara pemadaman api, baik menggunakan alat sederhana maupun Alat Pemadam Api Ringan. Sungguh pengetahuan yang aplikatif.

 

Jika tema field trip Anda kali ini adalah alam, maka Mini Agrowisata adalah destinasi yang cocok. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota karena di sini Anda juga bisa mengajak para siswa untuk belajar seluk beluk tanaman dan buah-buahan mulai dari tanaman buah dalam pot (tabulampot) hingga hidroponik. Ada juga peternakan kecil yang bisa dikunjungi. 


 

 

Medan

Ingin field trip yang tak biasa? Cobalah melakukan kunjungan ke beberapa pabrik yang terdapat di sekitar Kota Medan. Salah satu opsi yang bisa Anda pilih adalah Coca-cola Plant Tour. Selama 90 menit anak-anak akan diajak berkeliling pabrik dan melihat proses pembuatan hingga pengemasan minuman. Oh iya, batas usia untuk kunjungan ke pabrik ini adalah 12 tahun. 

 

Museum Perkebunan yang terletak di Jalan Brigjen Katamso no.53 Medan juga bisa menjadi opsi destinasi field trip untuk anak sekolah. Pesawat dan lokomotif yang ‘terparkir’ di halaman museum sudah tentu akan menarik perhatian siswa. Di sini Anda bisa mengajak anak-anakan untuk mengenal potensi perkebunan yang ada di sekitar Sumatera Utara.

 

 

Selain menentukan destinasi, jangan lupa juga untuk melakukan persiapan lainnya. Pilihlah penyedia jasa sewa bus yang terpercaya untuk memenuhi kebutuhan transportasi Anda. Sebagai penyedia layanan sewa bus dan rental mobil yang memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia, TRAC akan senantiasa mendukung segala keperluan Anda. Untuk sewa bus, TRAC memiliki berbagai pilihan kapasitas mulai dari mini bus, bus medium hingga bus ukuran besar dan luxury bus yang mewah.

 

Pemesanan layanan sewa bus dari TRAC sangatlah mudah, Anda bisa datang ke kantor cabang TRAC yan ada di kota Anda maupun melalui Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500 009. Anda juga bisa melakukan reservasi layanan sewa busa dan rental mobil melalui aplikasi TRACtoGo. Segera unduh aplikasi keren ini melalui Google Playstore maupun Apple App Store. Dapatkan berbagai macam promo menarik hanya di aplikasi TRACtoGo. Jangan lupa follow media sosial TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp