Selamat Datang Shio Naga, Fakta Tahun Baru Imlek 2024
Selamat Datang Shio Naga, Fakta Tahun Baru Imlek 2024
Selamat Datang Shio Naga, Fakta Tahun Baru Imlek 2024

Berita

Selamat Datang Shio Naga, Fakta Tahun Baru Imlek 2024

07 Februari 2024

Share

Kalau dipikir-pikir tinggal di Indonesia memang enak banget ya sob! Gimana nggak, selain tahun baru masehi di setiap 1 Januari, kamu juga bisa ikut merayakan tahun baru lainnya seperti tahun baru Imlek, tahun baru Hijriah hingga tahun baru Saka alias Nyepi.

 

Di bulan Februari ini, akan ada perayaan tahun baru Imlek yang biasa dirayakan oleh para keturunan Tionghoa di Indonesia. Sejak awal bulan, gegap gempita Imlek sudah terasa dengan berbagai dekorasi yang bisa dijumpai di berbagai sudut kota.

 

Pusat perbelanjaan, supermarket hingga gedung-gedung perkantoran bersolek dengan ornamen bernuansa merah lengkap dengan lampion yang cantik.

 

Tahun baru Imlek kali ini terbilang cukup spesial karena dikenal sebagai tahun naga, salah satu hewan mitologi paling populer. Ketahui lebih banyak tentang tahun baru Imlek 2024 dan jangan ragu untuk ikut rayakan kemeriahannya.

 

 

 

5 Fakta tentang Tahun baru Imlek 2024

 

Awal Musim Semi

 

Sobat TRAC tahu nggak, kalau tahun baru Imlek merupakan penanda awal dari musim semi dan berakhirnya musim dingin di Tiongkok. Nggak cuma itu, Imlek juga merupakan awal bulan pertama dalam sistem penanggalan lunar Tiongkok. Makanya tahun baru Imlek juga disebut dengan “sincia” alias permulaan bulan yang baru.

 

Oh iya, kata imlek maupun sincia ternyata cuma digunakan di Indonesia aja lho, sob. Dua kata ini merupakan serapan dari bahasa Hokkien yang digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

 

Dalam Bahasa Mandarin, perayaan ini dikenal sebagai Chūnjié (春節) yang merujuk pada festival musim semi. Sedangkan dalam Bahasa Inggris biasa disebut “Chinese New Year” atau “Lunar Chinese New Year”.

 

Imlek Tahun 2024, Tahunnya Shio Naga Kayu

 

Imlek Tahun 2024 ini bertepatan dengan tahun 2575 Kongzili dan juga menjadi tahunnya Shio Naga atau tepatnya Naga Kayu. Dalam astrologi Tionghoa, terdapat 12 hewan yang masing-masing melambangkan setiap tahun, selain itu ada pula 5 elemen yang menyertai. 

 

 

 

Biasanya setiap perayaan Imlek, masyarakat tionghoa dan keturunan tionghoa terutama yang menganut agama Konghucu akan datang ke klenteng untuk sembahyang dan berdoa.

 

Nggak jarang, mereka juga berdoa untuk kelancaran di tahun yang baru dan melakukan ciam si atau ramalan yang percaya dapat menjadi petunjuk untuk menjalankan hari-hari ke depan.

 

Ucapan untuk Tahun Baru Imlek 2024

 

Sobat TRAC mungkin sudah familiar dengan ucapan Gong Xi Fa Cai, namun siapa sangka artinya ternyata bukan selamat tahun baru melainkan harapan untuk mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran.

 

Sebenarnya nggak salah kalau sobat ingin menggunakan ungkapan tersebut. Tapi nggak ada salahnya juga buat cari alternatif ucapan yang sifatnya lebih personal. Berikut beberapa ucapan tahun baru Imlek 2024 yang bisa sobat gunakan.

 

  • Selamat Tahun Baru! Semoga keberuntungan selalu menyinari dan semoga semua 
  • Semoga Tahun Naga Kayu membawa kedamaian untukmu dan keluarga. Selamat keinginan Anda menjadi kenyataan.Tahun Baru Imlek 2024.
  • Selamat tahun baru, Semoga selalu berbahagia dan sehat di tahun Naga Kayu.
  • Harapan terbaik untuk liburan dan kebahagiaan di Tahun Baru.
  • Selamat Tahun Baru Imlek! Semoga tahun Naga bisa penuh petualangan yang menyenangkan.

 

Imlek 2024 bertepatan dengan long weekend, cocok untuk berlibur

 

Tahun ini, perayaan Imlek akan jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024. Meski perayaan tahun barunya di akhir pekan tapi Imlek kali ini juga bertepatan dengan long weekend. Wah cocok banget nih untuk berlibur.

 

Jika merujuk pada Surat Keputusan bersama 3 Menteri tentang Libur Nasional dan Cuti bersama 2024, terdapat dua tanggal merah sebelum perayaan Imlek.

 

 

 

Long weekend dimulai pada Kamis, 8 Februari 2024 saat peringatan Isra Mi’raj dan dilanjutkan dengan cuti bersama di Jumat, 9 Februari 2024. 

 

Rekomendasi Destinasi Liburan Imlek 2024

 

Jangan sia-siakan long weekend dan perayaan imlek nini dengan berdiam diri di rumah. Ikut larut dalam kemeriahan tahun baru Imlek di destinasi-destinasi yang kental dengan nuansa pecinan. Jakarta, Tangerang dan Bogor bisa menjadi opsi bagi Sobat yang tak mau perjalanan jauh.

 

Jakarta : Kunjungi kawasan pecinan terbesar di Jakarta yang berlokasi di Glodok, tak jauh dari stasiun Jakarta Kota. Di sana Sobat bisa mampir ke salah satu klenteng tertua di Jakarta yaitu Kelenteng Petak Sembilan atau Wihara Dharma Bhakti.

 

Tangerang : Kemeriahan Imlek juga terasa di Tangerang, Sobat tinggal arahkan saja tujuan ke kawasan pasar lama. Meski banyak toko yang tutup karena pemiliknya sedang merayakan tahun baru namun nuansa Imlek tetap terasa apalagi jika Sobat bertandang ke Klenteng Boen Tek Bio yang legendaris.

 

Bogor : Destinasi lain yang nggak kalah seru adalah kawasan Suryakencana di Bogor. Tempat ini ini adalah kawasan perniagaan yang telah tersohor sejak lama. Saat perayaan Cap Go Meh biasanya sepanjang jalan Suryakencana akan ditutup dan dijadikan lokasi pawai.

 

Cap Go Meh merupakan rangkaian penutup tahun baru Imlek yang berlangsung selama 15 hari. Tahun ini, Cap Go Meh diperkirakan akan digelar pada tanggal 24 Februari 2024.

 

Destinasi lainnya : Beberapa destinasi lain yang bisa Sobat kunjungi saat long weekend tahun baru Imlek ini adalah Kota Pontianak, Singkawan dan Pulau Bangka.

 

 

 

Sobat juga bisa merasakan kentalnya akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa di Kota Solo saat prosesi Grebeg Sudiro. Perayaan Imlek yang cukup unik lainnya adalah yang digelar di Kota Padang, tepatnya di kawasan Kampung Pondok.

 

Meriahkan Imlek 2024 dengan  Rental mobil TRAC

 

Rayakan kemeriahan tahun baru Imlek dengan rental mobil dari TRAC. Sobat bisa leluasa berkunjung ke rumah kerabat, sahabat atau sekadar berkeliling kota. Sobat bisa pilih rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Pesan segera armada yang sobat inginkan langsung dari aplikasi TRACtoGo. Atur sendiri waktu, durasi dan lokasi penggunaan hingga jenis kendaraan di aplikasi tersebut.

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC PROMO X KEMENPAR.jpg

 

Download dan instal aplikasi TRACtoGo langsung di Playstore atau Apple Appstore. Oh iya, sekarang sobat juga bisa lakukan pemesanan lewat halaman reservasi di website TRAC.

 

Jangan lupa follow sosial media TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra dan dapatkan tips perjalanan, rekomendasi destinasi wisata serta promo menarik lainnya.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp