• Beranda
  • Blog
  • Berita
  • Wisata di Hari Musik, Dengarkan 5 Lagu ini Sambil Keliling Indonesia

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-270-01 Peringati Hari Musik Nasional, Keindahan 5 Kota Ini Diabadikan Dalam Lirik Lagu (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-270-01 Peringati Hari Musik Nasional, Keindahan 5 Kota Ini Diabadikan Dalam Lirik Lagu (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-270-01 Peringati Hari Musik Nasional, Keindahan 5 Kota Ini Diabadikan Dalam Lirik Lagu (1).jpg

Berita

Wisata di Hari Musik, Dengarkan 5 Lagu ini Sambil Keliling Indonesia

17 Maret 2022

Share

Bagi banyak orang, kota bukan hanya sekadar tempat tinggal. Suatu kota tak jarang berisi kenangan pribadi dengan berbagai kejadian dalam hidup oleh karena itu tak aneh jika banyak musisi yang kemudian mengabadikannya dalam lagu.

 

Lewat karya-karya kreatif, para musisi menggambarkan kota mereka dalam bait-bait indah. Anda bisa menjadikan karya mereka sebagai referensi berwisata, mendengarkan lantunan lagu sambil berkeliling kota. Siapkan dan tentukan playlist Anda dari sekarang.

 

Untuk merayakan Hari Musik Nasional yang diperingati pada 9 Maret 2022, berikut beberapa kota yang sering 'terdengar' di dalam lagu. 


 

5 lagu yang cocok untuk keliling Indonesia di Hari Musik

 

1. KLa Project  - Yogyakarta

Tak perlu banyak perkenalan untuk lagu yang satu ini. “Yogyakarta” dari KLa Project telah secara sempurna menggambarkan kehidupan masyarakat Kota Gudeg, terutama beberapa lokasi yang menjadi ikon Wisata. Imajinasi Anda akan berkelana dari bait pertama, karena KLa Project telah secara gamblang bercerita tentang perjalanan mereka. Setiap kata yang dilantunkan membuat siapapun ingin kembali ke kota itu dan merasa “jogja” sebagai rumah, dari mana pun Anda berasal. 

 

Cerita lain tentang daerah istimewa ini juga tertuang pada karya Adhitya Sofyan berjudul Sesuatu di Jogja. Ingin genre lain? Dengarkan Jogja Istimewa dari Jogja Hiphop Foundation yang bercerita tentang tatanan masyarakat Yogyakarta.

 

 

2. Atiek CB/Sheila Majid - Antara Anyer dan Jakarta

Anyer sebenarnya bukanlah kota yang sesungguhnya, hanya sebuah wilayah pesisir yang menjadi bagian dari Kabupaten Serang, Banten. Sedangkan Jakarta, mungkin telah ribuan kali tersemat di berbagai lagu, meski begitu lagu ini akan tetap menjadi salah satu yang paling ikonik. Sebuah metafora antara dua kota yang menghubungkan kisah dua orang yang terpisah. 

 

Sebagai salah satu pantai terdekat dari Jakarta, Anyer menawarkan suasana lain di samping hirar-bingar kehidupan ibu kota, cocok untuk tujuan wisata akhir pekan. Nikmati lah angin laut menyapa wajah dan langit malam bertabur bintang di tepi pantai. Lagu ini memang lagu lawas namun tetap relevan hingga saat ini, seperti kawasan Anyer yang selalu memukau.


 

 

 

3. Dewa 19 - Selatan Jakarta

Anda mungkin tak asing lagi dengan istilah “Anak Jaksel” yang belakang ini sering digambarkan dengan gaya hidup yang agak mewah, kebanyakan anak muda di Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Jauh sebelum terminologi itu mencuat, Dewa 19 telah merangkumnya dalam sebuah lagu berjudul “Selatan Jakarta”.

 

Dewa 19 mencoba menggambarkan bagian Jakarta Selatan yang mapan, berkelas, dan mewah, yang selalu semarak, meriah, dan seolah tak pernah tidur pada saat yang sama, secara halus mengajak orang untuk mengalaminya. Susuri kawasan Blok M, Prapanca, Senopati hingga Kemang untuk merasakan vibes Jakarta Selatan yang sering disebut orang.

 

Lagu lain yang bisa masuk playlist Anda adalah ‘Kisah dari Selatan Jakarta yang dibawakan apik oleh White Shoes and The Couples Company. Karya duet Banda Neira berjudul “Senja di Jakarta” juga bisa menemani Anda menyusuri kemacetan kota di penghujung hari.

 

 

 

4. Didi Kempot - Stasiun Balapan

˜Stasiun Balapan" adalah salah satu lagu paling klasik dan ikonik dari mendiang Didi Kempot. Julukan "The Godfather of Broken Heart" disematkan pada musisi tersebut berdasarkan lagu-lagunya yang seringkali bercerita tentang kesedihan. Lewat karyanya, Didi Kempot membawa Stasiun Balapan yang selalu ikonik, stasiun pusat Kota Solo, Jawa Tengah. 

 

Tidak terpengaruh oleh tema memilukan dalam liriknya, “Stasiun Balapan” malah memunculkan rasa penasaran orang-orang yang datang dan pergi melalui stasiun ini. Mengeksplorasi Kota Solo yang kaya budaya dan juga surga belanja.


 

 

 

5. Mocca - Bandung

Bandung bisa jadi bukan lah kota tujuan wisata utama bagi orang-orang yang tinggal di sekitarnya namun akan selalu memiliki cerita tersendiri. Karakteristik Kota Bandung (dan sekitarnya) yang unik tak jarang diangkat menjadi sebuah lagu. 

 

Lagu "Bandung" dari band Mocca menceritakan tentang kota nyaman yang dirindukan. Untuk sebuah band yang tumbuh di Bandung dan meraih popularitas nasional, ini adalah salah satu sarana untuk berbagi pengalaman pribadi mereka tentang kota  tercinta dengan orang lain di luar sana.

 

Perkaya playlist Anda dengan lagu-lagu dari berbagai genre seperti; Lagu terbaru Yura Yunita berjudul ˜Bandung" yang dikemas dalam Bahasa Sunda, "Matahari Jingga Bandung Utara" yang bernuansa Ska karya Bandung Inikami Orkestra, ˜Dan Bandung" yang dipopulerkan oleh Pidi baiq dan Danilla hingga lagu lawas Doel Sumbang yang juga berjudul "Bandung".

 

Lewat lagu, para musisi berbagi pengalaman mereka dan membuat orang-orang menjadi lebih dekat dengan kota yang diceritakan. Atas nama kekuatan musik, tak sedikit mendapatkan inspirasi dari tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Jadi, tak ada salahnya untuk sejenak berkelana keliling kota-kota di atas sambil diiringi lagu yang relevan.  

 

Pengalaman memang sebuah referensi personal namun tak ada salahnya juga untuk dibagikan agar orang lain juga merasakannya. Anda ingin merasakan nikmatnya menyusuri kota lengkap dengan soundtrack-nya? Pilihlah salah satu dari berbagai armada yang dimiliki oleh TRAC, rental mobil maupun sewa bus semua akan memberikan pengalaman mengitari kota tanpa harus repot dan memikirkan banyak hal, 

 

Para pengemudi TRAC telah dibekali oleh sertifikat defensive driving untuk memastikan kenyamanan dan keamanan Anda sebagai penumpang. TRAC juga fokus mengimplementasikan protokol kesehatan dan keamanan saat pandemi, oleh karena itu TRAC menginisiasi SMART Protokol yang terdiri dari:

 

  • Melakukan pembersihan dan penyemprotan pada seluruh armada yang akan dan selesai bertugas
  • Menyediakan hand sanitizer di seluruh unit
  • Menerapkan pembatasan jarak antar penumpang
  • Memasang pembatas antara pengemudi dan penumpang
  • Seluruh pengemudi yang bertugas telah melalui tes kesehatan
  • Mewajibkan pengemudi untuk selalu menggunakan masker dan sarung tangan
  • Pengemudi dilarang melakukan kontak fisik dengan penumpang

 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp