https://omnispace.blob.core.windows.net/image-promo/Artikel%20Banner%203-08-2019--2agustus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-promo/Artikel%20Banner%203-08-2019--2agustus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-promo/Artikel%20Banner%203-08-2019--2agustus.jpg

Event

5 Tempat Seru untuk Kenang Hari Kemerdekaan

01 Agustus 2019

Share

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Anda dapat merencanakan perjalanan ke kota-kota yang memiliki sejarah penting terkait dengan masa perjuangan kemerdekaan. Tentunya, liburan ini tak hanya bermanfaat untuk menikmati waktu berkualitas bersama keluarga, namun juga sekaligus menambah wawasan dan menumbuhkan rasa cinta pada tanah air.

 

Anda dapat memanfaatkan layanan sewa mobil lepas kunci maupun dengan pengemudi bagi yang lebih menginginkan perjalanan santai tanpa harus memikirkan rute. Operator seperti TRAC dapat menjadi pilihan karena menawarkan paket sewa mobil dengan asuransi perjalanan hingga penyediaan mobil pengganti bila terjadi masalah selama masa sewa. Berikut beberapa destinasi yang dapat dipertimbangkan untuk mengenang hari kemerdekaan.

 

Jakarta

Warga ibu kota dapat mengisi liburan 17 Agustus dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti Taman Proklamator di area Pegangsaan yang merupakan lokasi Sukarno dan Hatta membacakan teks proklamasi, atau Gedung Joang 45 yang memegang peranan penting dalam proklamasi kemerdekaan. Gedung ini kini beralih fungsi menjadi museum dengan beragam fasilitas, mulai dari pameran temporer, bioskop yang menayangkan berbagai film bertema perjuangan, hingga perpustakaan berisi beragam referensi sejarah.

 

Yogyakarta

Banyak tempat bersejarah di sini, terutama di sekitar Tugu Nol Kilometer. Museum Benteng Vrederburg, misalnya, menjadi saksi bagi beberapa momen penting pasca kemerdekaan Indonesia, mulai dari Agresi Militer Belanda II hingga Serangan Umum 1 Maret yang menandakan pengusiran Belanda dari Yogyakarta. Bila menginap di sekitaran Jalan Malioboro, tempat ini dapat diakses dengan berjalan kaki ke arah Pasar Beringharjo. Opsi lainnya adalah meminta pengemudi sewa mobil untuk mengarahkan kendaraan menuju Jalan Margo Mulyo No. 6.

 

Blitar

Kota ini identik dengan Sukarno lantaran di sinilah terdapat bekas rumah kediaman orangtua Sukarno sejak sekitar 1917. Pengunjung juga dapat menuju kompleks Makam Bung Karno yang tampak unik dengan pilar-pilar tinggi di halamannya, serta koleksi foto perjalanan Sang Proklamator yang tersimpan di museum. Untuk mencapai dua lokasi ini, wisatawan dapat naik becak dari Stasiun Blitar atau Terminal Patria, atau memanfaatkan sewa mobil yang dapat dapat dipesan dari TRAC cabang Malang atau Surabaya. Sebelum meninggalkan Blitar, jangan lupa berfoto dengan patung Sukarno setinggi sembilan meter di Simpang Herlingga.

 

Bukittinggi

Bukittinggi tidak hanya merupakan tempat wisata kuliner populer di Sumatera Barat, tapi juga merupakan tanah kelahiran sang proklamator Bung Hatta. Dari Padang, Anda dapat mengendarai sewa mobil ke arah utara menuju Bukittinggi selama sekitar 2,5 jam bila tanpa berhenti. Namun tentu saja di sepanjang jalan akan melewati beberapa atraksi menarik, seperti Air Terjun Lembah Anai, Istana Baso Pagaruyung, dan bahkan warung sate Mak Syukur di Padang Panjang. Di Bukittinggi, Anda dapat mengunjungi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta yang terletak tidak jauh dari Pasar Atas, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta No. 37. Rumah tersebut merupakan bekas rumahnenek Bung Hatta yang hingga kini tetap dipertahankan kondisinya seperti masih ditempati proklamator tersebut.

 

Karawang

Pada tanggal 16 Agustus 1945, sejumlah pemuda “menculik” duo Soekarno dan Hatta untuk dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, dan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan. Rumah persiapan peristiwa bersejarah tersebut masih ada dan dapat dikunjungi di Kampung Bojong. Dari Jakarta, Anda dapat menggunakan sewa mobil dan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam.

 

TRAC sedang menawarkan promosi menarik, yakni sewa mobil Avanza dengan pengemudi seharga Rp 500.000 untuk durasi 10 jam (hanya tersedia di Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya, serta hanya berlaku untuk pemesanan hingga 31 Agustus 2019 dan periode pemakaian hingga 30 September 2019). 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp