• Beranda
  • Blog
  • Event
  • Menuju Hari Batik Nasional, Yuk Berburu Wastra di 5 Kota Penghasil Batik Unik

Web Artikel TRAC - Hari Batik Tambahan (1976x840).jpg
Web Artikel TRAC - Hari Batik Tambahan (1976x840).jpg
Web Artikel TRAC - Hari Batik Tambahan (1976x840).jpg

Event

Menuju Hari Batik Nasional, Yuk Berburu Wastra di 5 Kota Penghasil Batik Unik

30 September 2022

Share

Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober menjadi momentum tersendiri bagi wastra tanah air. Batik tak hanya digunakan untuk acara formal, kini anak-anak muda pun tak jarang terlihat memadupadankan trend terkini dengan berbagai motif batik hingga memunculkan tampilan yang kasual dan santai.

 

Menjelang hari batik nasional, apakah Anda sudah kembali meng-update koleksi batik di lemari Anda? Jika belum, berikut adalah 5 tempat yang layak untuk menjadi tujuan berburu motif batik unik. 


 

 

Berburu 5 motif batik unik di 5 kota
 

Belitung Timur - Keindahan motif daun simpor 

Daun simpor seolah tak pernah lepas dari kehidupan masyarakat Belitung, karena itulah para pengrajin mengambil motif ini untuk mewakili bumi laskar pelangi. Anda akan dengan mudah menemukan penggunaan daun simpor di Belitung, yang paling sering adalah menjadi pembungkus makanan. 

 

Kunjungi lah Galeri daun Simpor yang terletak di Gantung, Belitung timur untuk mendapatkan aneka warna batik khas Belitung. Disini umumnya dijual batik cap dengan warna kain yang cukup berani seperti merah, biru dan kuning hampir seperti batik pesisir meski ada juga warna yang lebih netral seperti hitam maupun cokelat.


 

Jakarta - Ondel-ondel dalam Batik Betawi 

Diantara derasnya arus modernisasi di ibu kota, sentra batik betawi yang terletak di Terogong Jakarta Selatan masih bertahan dengan nilai-nilai tradisionalnya. Motif-motif yang diproduksi di sini seolah mengabadikan Jakarta dari waktu ke waktu. Bayangkan betapa uniknya mengenakan batik dengan motif monas, bajaj, bemo, kembang kelapa, tanjidor, daun semanggi dan tak lupa yang paling ikonik adalah ondel-ondel.


 

 

Lasem (Rembang) - Rumitnya batik pesisir ala pantura

Nama Lasem telah tersohor sebagai salah satu sentra penghasil batik tulis di Indonesia, selain solo dan pekalongan tentunya. Lasem sendiri adalah sebuah kota kecamatan di pesisir utara jawa yang masuk dalam teritori Kabupaten Rembang. 

 

Batik Lasem umumnya memiliki motif yang rumit dengan pencampuran warna yang apik. Yang paling khas adalah Batik Tiga Negeri dengan sentuhan merah, bir dan sogan. Konon katanya dahulu pewarnaan dilakukan di 3 kota yang berbeda. Tak sulit mencari rumah batik di kota kecil ini, salah satu yang direkomendasikan adalah Oemah Batik Lasem. Anda juga bisa blusukan ke beberapa rumah batik untuk berburu kain idaman.


 

Bangkalan & Pamekasan (Madura) - Dari lancor yang tegas hingga pancawarna

Batik lancor dikenal dari daerah Kabupaten Pamekasan, namanya digadang merujuk pada menara yang terdapat di alun-alun kawasan itu. Uniknya, batik lancor justru menunjukan motif flora, tak ada satupun menara yang tampak. Coklat, hitam dan merah menyala adalah warna-warna yang kerap digunakan di batik madura meski tak jarang pula terlihat warna lain seperti biru dan kuning. 

 

Motif lain yang terkenal adalah motif serat kayu yang umum di Bangkalan. Sesuai namanya, batik ini memiliki latar serupa serat kayu dengan garis-garis halus. Motif lain yang cukup unik adalah Batik Pancawarna, cocok untuk Anda yang menyukai pakaian warna-warni. Gradasi unik dan warna-warna yang berkilau tentu akan membuat tampilan Anda lebih menawan.


 

 

Jayapura- Uniknya Cendrawasih dan Honai 

Batik tak tak hanya monopoli para pengrajin di tanah Jawa, di ujung timur Indonesia pun batik menjadi wastra yang dibanggakan. Batik Papua dikenal dengan motif cendrawasih yang cantik. Burung dari surga ini memang sejak lama menjadi ikon tanah Papua. Motif lainnya yang menjadi favorit adalah honai alias rumah adat papua. Batik papua biasanya memiliki kombinasi beberapa warna sehingga motif yang ditampilkan akan menyerupai lukisan. Wow! Tak dipungkiri produksi kain ini  memang masih dilakukan di tanah jawa namun sehelai batik dengan motif khas Papua tentu akan menjadi buah tangan yang manis untuk orang tersayang.

 

Belum sempat berkunjung? Tenang saja, Anda bisa mampir ke kota-kota ini kapan pun Anda bisa. Semangat untuk menggunakan batik sebagai identitas budaya tentu tak boleh padam apalagi dengan desain yang kekinian, sehelai kain batik cocok untuk menemani Anda di suasana apapun.


 

Saat berburu batik langsung di kota asalnya, tak jarang Anda harus keluar masuk sentra pembuatan batik dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Untuk itu diperlukan dukungan transportasi yang mumpuni. Serahkan saja urusan yang satu ini pada TRAC, penyedia layanan rental mobil dan sewa bus yang terpercaya. Dengan jaringan yang super luas, TRAC akan senantiasa melayani Anda dari dan ke berbagai kota di Indonesia. 

 

Pilihan Armada yang bervariasi dapat dengan mudah menyesuaikan keperluan Anda. Pilihlah layanan rental mobil jika hanya pergi dengan beberapa orang saja. Ada pula layanan sewa bus yang cocok untuk Anda yang bepergian dengan banyak orang. Lengkap ya!

 

Pemesanan aneka layanan TRAC mudah banget, Anda dapat langsung memesan berbagai layanan rental mobil dari TRAC langsung dari ponsel Anda. Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store dan untuk segala kemudahan. Dapatkan diskon 50% untuk perpanjangan sewa mobil lepas kunci di hari minggu dalam Sunday Funday Promo. Ada pula diskon hingga 35% dari TRACTIRAN HUT Astra. Semua diskon ini hanya berlaku di aplikasi TRACtoGo.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp