https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/detail-artikel-TRAC-Tip%20Waisak%20di%20Candi%20Borobudur.png
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/detail-artikel-TRAC-Tip%20Waisak%20di%20Candi%20Borobudur.png
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/detail-artikel-TRAC-Tip%20Waisak%20di%20Candi%20Borobudur.png

Event

Tips Ikuti Perayaan Waisak di Candi Borobudur

17 April 2019

Share

Waisak adalah momen mengenang tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sidharta Gautama, yaitu kelahirannya pada 623 SM, pencapaian kesempurnaannya sebagai Sang Buddha pada 588 SM, dan wafatnya pada 543 SM.

 

Walau Waisak kini telah menarik minat wisatawan untuk mengikuti prosesi Tri Suci Waisak yang puncaknya digelar di Candi Borobudur, namun agar tidak menganggu jalannya upacara hari besar tersebut dan tetap nyaman selama perjalanan, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut.

 

 

Bijak Pilih Transportasi

Borobudur di Magelang dapat diakses dari Yogyakarta dan Semarang, baik dengan pesawat maupun kereta yang kemudian perjalanan dapat dilanjutkan dengan sewa mobil. Bila menggunakan layanan pengemudi dari TRAC, berarti Anda tinggal menikmati perjalanan hingga tujuan karena operator terpercaya ini menawarkan pilihan paket sewa mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sewa mobil harian lepas kunci maupun dengan pengemudi.

 

Kedua pilihan sewa mobil tersebut pun termasuk asuransi. Bagi yang tidak ingin menyetir sendiri, berbagai tempat wisata di sekitar Magelang dapat dikunjungi di sela-sela mengikuti prosesi Waisak dengan layanan sewa mobil bersama pengemudi dengan pilihan durasi 4 dan 12 jam. Harga sewanya termasuk jasa pengemudi, bensin, tol, dan parkir.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Menginap di Magelang

Walau sewa mobil membawa Anda dari Yogyakarta atau Semarang, agar mudah dan menghemat waktu menuju Borobudur, disarankan mencari penginapan di Magelang yang kini telah memiliki banyak pilihan hotel sesuai bujet yang dimiliki.

 

Perhatikan Jadwal Acara

Bila telah mengetahui jadwal acara perayaan Waisak sebelumnya, Anda dapat memperkirakan waktu keberangkatan dengan sewa mobil ke lokasi, sekaligus menghindari keramaian massa. Pantau jadwal resmi yang dikeluarkan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (walubi.or.id) dan dapat dicek ulang dengan panitia di tempat acara pada hari H. Perayaan Waisak terdiri lima ritual penting dan sebaiknya Anda memahaminya terlebih dahulu agar mendapat gambaran posisi untuk memotret.

 

Berpakaian Sopan

Kawasan candi merupakan area suci sehingga pengunjung, baik pria maupun wanita, diharapkan untuk tidak mengenakan celana pendek atau atasan tanpa lengan. Kenakan baju nyaman yang sesuai kondisi cuaca di hari itu (cek prakiraan cuaca sebelum meninggalkan penginapan), selain kenakan alas kaki yang nyaman karena akan banyak berjalan kaki.

 

Bawa Barang Seperlunya

Karena area penyelenggaraan Waisak yang akan disesaki banyak orang, hindari membawa banyak barang yang tidak dibutuhkan. Cukup bawa dompet (kalau perlu hanya uang secukupnya dan sebuah kartu debit atau kredit untuk keadaan darurat tanpa dimasukkan di dompet, cukup diselipkan di kantung tas), perangkat gawai, power bank, air minum, kacamata hitam, topi, payung, dan obat-obatan pribadi seperlunya. Bisa ingin sedia kudapan untuk mengganjal perut, tinggal saja di sewa mobil tanpa harus dibawa ke lokasi.

 

Hormati Jalannya Ibadah

Dalam ritual yang digelar, pengunjung diharapkan menjaga ketenangan, termasuk tidak berebut untuk mendapatkan foto dengan sesama pengunjung. Tidak diperkenankan memanjat candi atau stupa, atau berdiri di posisi yang menghalangi pandangan umat ke arah biksu.

 

Etika Memotret

Saat memotret, dilarang menggunakan lampu kilat. Selain itu, perlu diingat untuk tidak memotret orang yang sedang beribadah dari jarak dekat, apalagi langsung tertuju pada biksu yang sedang melantunkan doa. Disarankan menggunakan lensa tele agar dapat memotret objek yang diinginkan dari jauh tanpa menggangu jalannya ibadah.

 

Seusai Prosesi

Setelah prosesi Waisak berakhir, tinggalkan lokasi secara teratur sesuai jalur yang telah disiapkan. Jangan tinggalkan sampah. Bila tidak menemukan tempat sampah, bawa dulu sampah Anda untuk dibuang kemudian.  Aturlah posisi jemput sewa mobil di tempat yang sudah ditentukan panitia.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp