https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-79-TRAC - Artikel Web Desember-06 banner.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-79-TRAC - Artikel Web Desember-06 banner.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-79-TRAC - Artikel Web Desember-06 banner.jpg

Event

Tradisi Unik Sambut Natal di Indonesia

19 Desember 2019

Share

Memasuki Desember, lantunan lagu-lagu Natal mulai terdengar, sementara berbagai pohon dan ornamen khas Natal pun mulai menghiasi berbagai hotel dan pusat perbelanjaan di kota-kota besar. Menariknya, beberapa tempat di Indonesia tak sekadar merayakan Natal dengan mendekorasi ruangan dan makan bersama keluarga, namun juga memiliki tradisi unik untuk menyambutnya. Berikut beberapa di antaranya. 

 

 

Rabo-rabo, Jakarta

Di Kampung Tugu, Jakarta Utara, tinggallah keturunan kaum Mardijkers atau bekas tawanan perang dari kemenangan Belanda menduduki wilayah jajahan Portugis di Asia. Mereka mengidentifikasi diri sebagai orang Portugis meski tidak ada atau hanya sedikit darah Portugis yang mengalir di tubuh mereka, dan mengikuti budaya penakluknya, mulai dari cara berpakaian dan bertingkah laku, hingga tradisi, seperti rabo-rabo.  

 

Tradisi yang dilakukan saat Natal ini biasanya diawali dengan melaksanakan ibadah di gereja, sebelum mengunjungi rumah warga sambil menari dan menyanyi dengan iringan musik tradisional keroncong Tugu. Uniknya, sesampainya di rumah warga, mereka akan saling berciuman pipi kanan dan kiri, kemudian bersama-sama bernyanyi dan berjoget. Setelah selesai dua sampai empat lagu, warga yang dikunjungi rumahnya akan mengekor pada rombongan, bergabung untuk menyanyi dan menari sambil mengunjungi rumah berikutnya. Setelah mengunjungi semua warganya, mereka akan saling mencoretkan bedak warna-warni ke wajah sebagai bentuk penebusan dosa dan ajang saling minta maaf menjelang tahun baru. 

 

Bila ingin mengunjungi Kampung Tugu, dapat meminta pengemudi sewa mobil untuk menuju arah Semper Barat, sekitar setengah jam dari pusat kota, atau hanya 15 menit dari Kelapa Gading. Rutenya adalah via Jalan Boulevard Raya dan Jalan Pegangsaan Dua. 

 

 

 

Wayang Kulit, Yogyakarta

Kental dengan budayanya, Yogyakarta memiliki cara unik merayakan Natal, yakni dengan menggelar wayang kulit yang mengangkat kisah kelahiran Nabi Isa. Tak hanya itu, pastor atau pendeta pun akan memimpin misa di gereja menggunakan bahasa Jawa halus dan mengenakan pakaian adat, seperti beskap dan blangkon. Seperti halnya perayaan Idul Fitri, hari Natal diisi dengan acara saling mengunjungi keluarga dan warga sekitar, sementara anak-anak juga akan mendapatkan amplop berisi uang dari para tetua. 


 

 

Lovely December, Tana Toraja

Penduduk Toraja merayakan Natal dengan menggelar festival budaya bernama Lovely December. Berbagai program mengisi festival ini, mulai dari tari massal, karnaval budaya, pamerang kerajinan tangan, pertunjukan musik bambu, hingga festival kuliner. Puncaknya, pada 26 Desember akan digelar lettoan (ritual mengarak babi dengan simbol budaya Toraja, termasuk tongkonan dalam bentuk miniatur) dan penyalaan kembang api. 

 

Dari kota asal, Anda dapat menuju Tana Toraja melalui Makassar dengan menggunakan layanan penerbangan dari sejumlah maskapai. Setibanya, dapat melanjutkan perjalanan melalui jalur darat dengan menggunakan sewa mobil atau bus dengan durasi sekitar enam hingga delapan jam. 

 


 

Bila tertarik mengikuti kemeriahan Natal di salah satu dari tempat-tempat yang disebut di atas bersama keluarga, opsi paling mudah adalah menyewa minibus. Ukurannya pas untuk mengangkut hingga 16 penumpang, selain ruang bagasi pun cukup luas untuk koper dan barang bawaan lain yang akan dibeli sepanjang perjalanan. 

 

Karena akan menyewa minibus di musim liburan, sebaiknya lakukan reservasi jauh-jauh hari agar pilihan kendaraan masih banyak. Cari tahu juga harga sewa rata-rata di kota tujuan dan bandingkan dengan beberapa operator yang ada agar dapat mengelola anggaran liburan dengan lebih baik.

 


Terakhir, pastikan untuk memilih rental bus terpercaya, seperti TRAC yang juga menyediakan beragam jenis bus dengan pengemudi dan staf yang profesional.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp