https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-303-04 xx aktivitas seru untuk mengisi waktu liburan sekolah (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-303-04 xx aktivitas seru untuk mengisi waktu liburan sekolah (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-303-04 xx aktivitas seru untuk mengisi waktu liburan sekolah (1).jpg

Tips

5 Aktivitas Seru untuk Mengisi Waktu Liburan Sekolah

20 Juni 2022

Share

Masa liburan anak sekolah telah tiba, Anda tentu tak akan menyia-nyiakan momentum ini untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan bersama keluarga bahkan di sela-sela rutinitas harian. Yang perlu Anda siapkan adalah sedikit waktu luang dan itinerary yang terencana.

 

Berikut 5 aktivitas rekomendasi TRAC untuk mengisi waktu liburan sekolah anak

 

1. Jelajah museum, waktu liburan sekolah menjadi lebih menyenangkan

Sebelumnya, cek museum-museum yang ada di kota Anda dan buatlah rute perjalanannya. Anda yang tinggal di Jabodetabek bisa mengajak si kecil untuk mengeksplorasi Kawasan kota tua Jakarta mengunjungi Museum Bank Indonesia yang interaktif hingga ke museum bahari dan Menara syahbandar atau bisa juga mengajaknya ke museum non-mainstream seperti ke Museum di Tengah Kebun. Jika di Bandung, Anda bisa mengajak si kecil menikmati keseruan di Museum Geologi dan Museum Sri Baduga. Untuk yang di sekitar Yogyakarta coba lah kunjungi Taman Pintar, Museum Sonobudoyo hingga Museum Ulen Sentalu dan Museum Merapi.

 

2. Ajak anak mengenal alam sambil bersenang-senang

Jika waktu yang dimiliki cenderung singkat, Anda tak perlu memaksakan untuk mendaki gunung atau menjelajah pulau-pulau. Menghabiskan satu malam di bumi perkemahan terdekat saat akhir pekan maupun sekadar bertandang ke kebun teh bisa menjadi pilihan untuk Anda mengenalkan si kecil dengan alam. Glamping juga bisa menjadi pilihan apabila Anda mengutamakan kenyamanan. Selain itu biasanya juga sudah tersedia paket-paket permainan yang dapat Anda pilih. Jangan lupa untuk menyiapkan api unggun juga ya!

 

3. Sejenak lepas dari hiruk pikuk kota dengan mengunjungi desa wisata

Aktivitas yang satu ini mungkin sedikit membutuhkan riset dan perjalanan yang agak jauh, terutama jika Anda berada di kota besar seperti Jakarta, Medan dan Surabaya. Namun tenang saja, sda ribuan desa wisata yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan berbagai ke-khas-annya, Anda bisa mengatasi yang terdekat dengan kota tempat tinggal dan tentunya yang memiliki tema paling sesuai dengan kegemaran Anda dan keluarga.

 

Beberapa rekomendasi desa wisata yang bisa menjadi pilihan adalah Desa Wisata Batu Layang di Bogor dengan aneka permainan yang memacu adrenalin, Desa Wisata Nglanggeran dengan topografi alamnya yang unik, Desa Wisata Kampung Majapahit yang sarat sejarah hingga Desa Wisata Rammang-rammang di Sulawesi Selatan yang indahnya tak akan terlupakan.

 

 

4. Kenali lebih dekat kota tempat tinggal dengan jelajah kota

Aktivitas yang satu ini merupakan opsi yang cukup murah sekaligus menyenangkan. Ajak Anak untuk lebih dekat dengan kota tempat tinggalnya. Perjalanan akan lebih berkesan jika Anda juga tumbuh di kota yang sama. Ajak si kecil untuk ikut napak tilas perjalanan orang tuanya mulai dari mengunjungi sekolah lama hingga jajanan yang mungkin masih ada. Anda juga bisa menyisipkan kunjungan ke taman kota untuk sekedar beristirahat atau bahkan mempercayakan si kecil menyusun itinerary untuk wisata kuliner. Kira-kira makanan dan jajanan viral apa yang mau ia coba? Cafe dan mall mana yang mau ia kunjungi?

 

 

5. Libur sekolah jadi lebih bermanfaat dengan ikut kelas maupun jadi volunteer

Terlalu lelah untuk menjelajah? Anda bisa memilih kegiatan lain yang lebih hemat tenaga dengan membuat atau mengikuti kegiatan bersama. Saat musim libur anak sekolah biasanya akan ada berbagai pop up class atau summer holiday class yang bisa menjadi opsi untuk anak menghabiskan waktu luangnya. Jika memungkinkan cari lah kelas yang juga melibatkan orang tua sehingga Anda bisa ikut mendampingi dan membangun bonding dengan si kecil. Ingin pengalaman yang tak biasa? 

 

Anda juga bisa mengajak anak untuk ikut bermacam kegiatan sosial. Libatkan anak pada kegiatan berbagi yang mungkin biasa Anda lakukan. Volunteering bisa mengasah kemampuan dan kepekaan sosial anak sekaligus mengajak mereka untuk bersyukur dan peduli dengan sesama.

 

Dari 5 rekomendasi di atas mana yang kira-kira akan Anda pilih? Anda bisa juga mengkombinasikan beberapa opsi dalam sekali perjalanan seperti mengunjungi desa wisata yang bertema alam yang menyediakan fasilitas outbond atau berkeliling kota sambil mengunjungi beberapa museum. Menarik bukan?

 

Karena Anda akan menghabiskan waktu seharian penuh, gunakan layanan rental mobil dengan pengemudi hanya dari TRAC untuk liburan singkat yang makin berkesan. Tentunya Anda tak perlu sibuk berjibaku dengan kemacetan dan masalah klasik lain seperti mencari parkir. 

 

Jika Anda memiliki keinginan untuk mengajak sepupu maupun keponakan untuk liburan bersama maka sebaiknya mencari armada yang lebih besar. Tenang saja, TRAC juga menyediakan layanan sewa bus dengan berbagai ukuran mulai dari 13 seat hingga 56 seat. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC, caranya mudah, unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store, kemudian Anda bisa melakukan pemesanan langsung dari aplikasi tersebut. Tentunya, hanya lewat aplikasi TRACtoGo Anda akan mendapatkan penawaran dan promo yang menarik.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp