02 xx Tips Nonton Liga Indonesia Langsung dari Stadion (1).jpg
02 xx Tips Nonton Liga Indonesia Langsung dari Stadion (1).jpg
02 xx Tips Nonton Liga Indonesia Langsung dari Stadion (1).jpg

Tips

5 Tips Nonton Liga Indonesia Langsung Dari Stadion

06 September 2022

Share

Liga Indonesia sudah kembali bergulir. Hingga jelang pertengahan musim ini, persaingan berlangsung sangat ketat baik di papan atas maupun papan bawah. Buat Anda penggila bola yang juga suka jalan-jalan, momen berlangsungnya Liga Indonesia atau Liga 1 ini bisa dijadikan momen untuk jalan-jalan sambil menikmati pertandingan sepakbola.

 

Liga 1 Indonesia tahun 2022 ini sendiri diikuti oleh 18 tim yang berlaga. Ke-18 tim tersebut tersebar dari seluruh Indonesia. Meski demikian, mayoritas berasal dari Pulau Jawa dan beberapa datang dari Kalimantan, Bali, serta Sulawesi.

 

Nah, sebelum Anda mulai menonton, berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan sebelum menonton Liga Indonesia.

 

 

5 kiat nyaman menonton pertandingan Liga Indonesia secara langsung


 

1. Perhatikan waktu pertandingan

Pertandingan Liga Indonesia terbagi ke dalam beberapa waktu. Ada pertandingan yang digelar sore hari dan ada juga malam hari. Pertandingan-pertandingan ‘panas’ biasanya digelar di malam hari saat primetime tayangan televisi. Oleh sebab itu, waktu pertandingan bisa jadi pertimbangan pertama, terutama jika Anda berencana untuk datang bersama keluarga atau anak-anak.

 

 

2. Beli tiket sebelum hari pertandingan

Penjualan tiket biasanya dibuka beberapa hari sebelum pertandingan dan bisa dibeli serta didapat secara langsung. Namun beberapa tim memiliki kebijakan bagi penonton untuk menukar kwitansi tiket di hari pertandingan berlangsung. Untuk itu, perhatikan syarat pembelian tiket dan bagaimana metode penukarannya. Akan lebih baik jika Anda dapat melakukannya sebelum hari pertandingan berlangsung. Apalagi beberapa tim memiliki suporter yang selalu memenuhi stadion sehingga tidak jarang tiket sudah habis bahkan sebelum hari H.

 

 

3. Perhatikan level pertandingan

Rivalitas antar suporter di Indonesia memang sangat beragam. Beberapa kelompok tidak memiliki masalah dan malah akrab dengan satu sama lain sehingga menjadikan pertandingan sangat terbuka bagi siapapun yang hendak hadir. Namun beberapa pertandingan memiliki rivalitas yang cukup panas sehingga tidak jarang membuat suasana jadi kurang ramah bagi Anda yang ingin datang ke stadion untuk sekadar rekreasi.

 

 

4. Perhatikan stadion

Tidak semua stadion terletak di pusat kota. Beberapa stadion seperti Gelora Bandung Lautan Api atau Gelora Bung Tomo terletak sedikit jauh dari pusat kota. Jika Anda kurang akrab dengan situasi jalan menuju stadion, mintalah orang yang sudah fasih untuk menemani Anda. Terutama jika Anda berasal dari luar kota. Tidak semua stadion dan pertandingan ramah bagi penonton yang datang untuk sekadar piknik.

 

 

5. Pilih kenyamanan atau atmosfer

Menonton pertandingan sepakbola secara langsung di stadion memang memberikan pengalaman unik tersendiri. Keunikan tersebut bisa hadir dari kenyamanan saat menonton pertandingan seru, atau justru atmosfer suporter di stadion yang membuatnya semakin menarik. Ketika menonton PSS di Stadion Maguwoharjo misalnya, menyaksikan ribuan suporter fanatik tak lelah memberikan dukungan-dukungan dengan cara kreatifnya tentu memberikan pengalaman alternatif dari pertandingan yang berlangsung. Bobotoh Persib, Bonek Persebaya, maupun suporter Persija Jakarta juga dikenal sebagai suporter yang militan dan memiliki cara tersendiri dalam mendukung timnya.

 

 

Oleh sebab itu, cermatlah memilih pertandingan mana dan pengalaman seperti apa yang hendak Anda cari. Oh iya, posisi duduk juga sangat menentukan. Tribun termahal seperti VIP menjadi tribun yang memberi kenyamanan bagi Anda menonton baik dari segi tempat duduk maupun sudut pandangan ke lapangan. Namun justru tribun-tribun tertentu yang diisi suporter fanatiklah yang menawarkan atmosfer yang semakin seru. Dua hal itu juga layak menjadi pertimbangan.

 

Menonton sepakbola memang seru, tapi akan lebih seru lagi jika berangkat bersama-sama tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Kenapa? Tidak semua stadion memiliki akses yang nyaman untuk parkir dan lain sebagainya. Pastinya Anda tidak ingin waktu dihabiskan untuk mencari parkir atau stuck di tengah kemacetan ke dan dari stadion. Untuk itu, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil jika hanya bepergian dalam rombongan kecil atau sewa bus jika datang beramai-ramai, terutama pada pertandingan tandang di mana Anda kurang menguasai medan jika harus datang sendiri.

 

Memilih penyewaan kendaraan tentunya tidak bisa sembarangan. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda selalu menggunakan jasa layanan penyewaan mobil dan bus prima dari TRAC. Sesuaikan kendaraan yang disewa dengan jumlah penumpang serta tujuan yang akan dilakukan. Pengemudi TRAC dibekali dengan sertifikat defensive driving/riding sehingga memastikan agar waktu berkendara Anda semakin aman dan nyaman.

 

Download aplikasi TRACtoGo dari Google Playstore maupun di Apple App Store dan install pada smartphone Anda untuk melakukan pemesanan mobil dan bus secara langsung. Dapatkan promo dan penawaran menarik yang membuat pengalaman berkendara Anda semakin hemat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Customer Assistance Center di 150009 atau email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Oh iya, di bulan September ini TRAC memiliki promo khusus Biskonesia untuk Anda yang akan melakukan sewa bus. Gunakan kode promo biskonesia45 untuk sewa bus besar dan biskonesia17 untuk reservasi bus kecil dan medium di aplikasi TRACtoGo. Diskon hingga Rp450.000 menanti untuk mengantarkan Anda menyaksikan langsung pertandingan Liga Indonesia di berbagai kota. Yuk langsung pesan sekarang!

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp