06 5 Tips Nyaman Menjelajahi Danau Toba.jpg
06 5 Tips Nyaman Menjelajahi Danau Toba.jpg
06 5 Tips Nyaman Menjelajahi Danau Toba.jpg

Tips

5 Tips Nyaman Menjelajah Danau Toba

17 Januari 2023

Share

Kemasyhuran Danau Toba sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu. Danau vulkanik terbesar di dunia ini dianugerahi lanskap yang indah sekaligus budaya yang luhur.

 

Meski pesonanya sempat “redup” akibat pandemi, pariwisata Danau Toba kini telah kembali bersolek dan menunjukan tajinya, terlebih setelah dijadikan sebagai destinasi super prioritas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Sobat TRAC tertarik untuk kembali menikmati keindahan Danau Toba? Berikut ini 5 hal yang dijamin bisa bikin perjalanan Sobat TRAC lebih nyaman kala menyusuri Danau Toba.

 

 

 

Nyaman Menjelajahi Danau Toba Dengan 5 Hal Ini

 

Ketahui Rute Perjalanan Yang Ditempuh

 

Ada beberapa rute yang biasa digunakan untuk mencapai kawasan Danau Toba. Sobat TRAC bisa terbang langsung dari kota asal ke Bandara Silangit yang berada di Siborongborong, Tapanuli Utara. Kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelabuhan Balige untuk sampai ke Pulau Samosir.

 

rute perjalanan.jpg

 

Jika Sobat TRAC ingin sejenak menikmati tepian Danau Toba terlebih dahulu, maka penyebrangan dari Pelabuhan Ajibata bisa menjadi pilihan. Opsi lain adalah melalui Jembatan Aek Tano Ponggol setelah 2 jam berkendara dari Bandara.

 

Karena rute penerbangan ke Bandara Silangit masih sangat terbatas, pilihan lainnya bisa gunakan rute penerbangan menuju Bandara Kualanamu.

 

 

 

Waktu tempuh Kualanamu ke Pelabuhan Tigaras yang menjadi pelabuhan terdekat sekitar 3-4 jam perjalanan. Namun, bila ingin melintas di Jembatan Aek Tano Ponggol maka dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

 

Sebelum menyambangi langsung Pulau Samosir, sebaiknya Sobat TRAC mencari informasi terlebih dahulu terkait jadwal kapal untuk penyebrangan dari pelabuhan terdekat.

 

Tentukan Destinasi Yang Akan Dikunjungi

 

Ada banyak destinasi wisata di sekitar Danau Toba, tepatnya di sisi-sisi pulau samosir yang memesona. Sobat TRAC bisa menikmati panorama super ciamik dari danau Toba saat berkunjung ke Menara Pandang Tele, yang lokasinya tak jauh dari Jembatan Aek Tano Ponggol.

 

destinasi.jpg

 

Disana ada penatapan Simarjarunjung yang bisa Sobat TRAC singgahi untuk melihat keindahan danau toba dari ketinggian, sebelum menyebrang dari Pelabuhan Tigaras.

 

 

 

Jika punya banyak waktu luang, Sobat TRAC juga bisa mengeksplor sisi luar Danau Toba, seperti Bukit Tarabunga, Museum Batak TB Silalahi, Pantai Bulbul atau Lumban Bulbul, serta Desa Meat. Tempat-tempat ini jangan sampai terlewat dalam bucket list ya!.

 

Untuk destinasi wisata di Pulau Samosir, Sobat TRAC tentu tak boleh melewatkan pertunjukan Sigale-gale di Desa Wisata Tomok. Kenali lebih dalam sejarah Batak di Huta Siallagan yang terkenal dengan batu persidangannya.

 

Selain itu, ada juga beberapa rekomendasi destinasi lain, seperti Bukit Holbung Tuktuk Siadong, Pantai Batu Hoda, Pantai Parbaba dan Lumban Suhi.

 

 

 

Nikmati Sajian Kuliner

 

Untuk wisata kuliner, kawasan Danau Toba punya banyak hidden gems. Sebagai sajian pembuka, Sobat TRAC bisa coba ombus-ombus. Kudapan manis yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah.

 

kuliner.jpg

 

Kemudian kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Danau Toba tanpa mencicipi Arsik, salah satu sajian khas masyarakat batak. Arsik merupakan olahan ikan yang digoreng kering, lalu diguyur dengan bumbu atau kuah kuning yang kaya akan rempah. Dijamin rasanya bikin ketagihan. 

 

Ingin yang lebih unik? Sobat TRAC bisa coba na Niurna alias sashimi ala Batak. Olahan ikan mas segar yang diberi aneka bumbu. Menariknya, sajian ini bisa disantap langsung dalam keadaan mentah.

 

 

 

Sobat TRAC pecinta pedas, bisa mencoba sambal tuktuk dengan andaliman yang rasanya dijamin menantang. Saking pedasnya, sambal ini akan terasa seperti menggigit-gigit lidah. Ini karena Andaliman atau yang dikenal dengan merica batak punya efek menyengat pada bibir dan lidah. Persis seperti szechuan pepper atau mala.

 

Pesan Penginapan Sejak Jauh Hari

 

Tak ada salahnya untuk melakukan reservasi penginapan sejak beberapa waktu sebelum berkunjung ke Danau Toba.

 

penginapan danau toba

 

Memang tak sulit menemukan penginapan di kawasan pariwisata ini. Namun untuk beberapa penginapan favorit seperti Taman Simalem Resort, Toba Beach Hotel, serta Tongging Point akan lebih cepat full book terlebih saat musim liburan.

 

Jadi agar tidak kehabisan tempat penginapan yang asik, sebaiknya Sobat TRAC lakukan pemesanan dari jauh hari ya. Toh pada akhirnya, penginapan yang nyaman juga akan bikin liburan makin berkesan. Uuuhhh soo sweat!

 

 

 

Pakai Pakaian Yang Nyaman dan Sopan

 

Danau Toba sebenarnya masuk ke dalam kawasan dataran tinggi, sehingga udaranya cenderung sejuk khas pengunungan. Meski begitu, beberapa tempat akan dimandikan sinar matahari dan aktivitas berjalan kaki pun sering kali tak bisa dielakan.

 

pemandangan danau toba dari ketinggian

 

Untuk itu pilih pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik namun tetap bisa melindungi dari terpaan angin. Tetap gunakan pakaian yang sopan namun nyaman, terlebih jika Sobat TRAC akan mengunjungi desa-desa adat atau makam para raja dan leluhur. 

 

Selain lima poin tadi, ada satu poin penting yang perlu Sobat TRAC perhatikan kala berkunjung ke danau toba. Ya, melakukan rental mobil untuk kebutuhan transportasi. Sobat TRAC bisa gunakan layanan rental mobil Medan dari TRAC untuk mendukung aktivitas liburan selama disana.

 

 

 

Khusus menjelajahi kawasan Danau Toba, TRAC memiliki layanan rental mobil listrik yang dapat digunakan di beberapa titik. Sobat TRAC bisa merasakan pengalaman berkendara mobil ramah lingkungan ini di sekitar area Tuk Tuk, Tomok, Batu Hoda, Parbaba dan Lumban Suhi dengan Toyota C+Pod yang unik.

 

Atau bisa juga menjelajah daerah Parapat, Kaldera, Sibea-bea, Padang Tele, Efrata dan sekitarnya dengan Toyota Prius PHEV. Untuk layanan rental mobil listrik ini, Sobat TRAC bisa cek informasinya disini.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp