https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/tip_sewa_bus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/tip_sewa_bus.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/tip_sewa_bus.jpg

Tips

5 Tips Sewa Bus Demi Perjalanan Berkesan

16 Juli 2017

Share

Dibandingkan sewa mobil yang lebih mudah dalam proses menentukan pilihan kendaraan yang akan digunakan, sewa bus perlu mempertimbangkan sejumlah kriteria, terlebih karena jasa ini akan dinikmati lebih banyak orang.

 

Sebagai panduan, kami berikan sejumlah hal yang patut dipertimbangkan sebelum menyewa bus. Pada dasarnya sama dengan sewa mobil, namun ada hal spesifik yang harus diperhatikan, seperti:

 

1. Jumlah Penumpang

Jumlah orang yang akan bepergian bersama akan menentukan tipe bus yang akan dipilih. Sebelum menghubungi tempat sewa bus, pastikan Anda telah melakukan konfirmasi keikutsertaan peserta karena data yang terkumpul tersebut akan menjadi acuan dalam memesan bus.

 

Ukuran bus yang tidak sesuai jumlah peserta bukan hanya akan membuat bujet lebih besar dari seharusnya (bila bus lebih besar ketimbang jumlah peserta), namun juga dapat berpengaruh pada kenyamanan (bila jumlah peserta lebih besar ketimbang kapasitas bus).

 

2. Tipe Bus

Setelah mengetahui jumlah peserta perjalanan, lanjutkan dengan memilih jenis bus yang akan digunakan. Jika bepergian dalam rombongan besar, tentu membutuhkan bus berkapasitas besar. Namun sebelumnya, cari tahu dulu medan yang akan dilalui dan kondisi jalan di tempat tujuan.

 

Bila jalannya sempit, tentu akan sulit bagi bus besar untuk melewati jalan tersebut. Dengan demikian, mungkin akan lebih efisien bila menyewa minibus karena menyewa beberapa minibus jatuhnya akan lebih mahal ketimbang menyewa satu bus besar. 

 

Menyadari hal ini, TRAC yang tak hanya menyediakan layanan sewa mobil, juga menawarkan jasa sewa bus dengan beberapa tipe, antara lain Small Bus yang berkapasitas 12 dan 15 kursi, Medium Bus berkapasitas 29 kursi, dan kategori Big Bus berkapasitas 38, 48, dan 54 kursi. Semua armada bus dilengkapi dilengkapi pendingin udara, LCD TV, radio tape (head unit-DVD), sound system, electricity socket, dan di beberapa tipe bus juga terdapat Wi-Fi dan toilet.

 

Bagi yang menginginkan perjalanan supernyaman, tersedia Luxury Bus yang berkapasitas 11 kursi dan masing-masing dilengkapi LCD TV, earphone, radio tape, sound system, dan electricity socket. Bus jenis ini juga memiliki ruang rapat dan pantry, serta Wi-Fi bagi yang ingin mengadakan pertemuan selama perjalanan.

 

3. Durasi Sewa

Lamanya penggunaan bus tentu akan berpengaruh pada harga sewa, sehingga pastikan di awal durasi yang diinginkan untuk melakukan perjalanan dan estimasikan perjalanan pulang-pergi ke/dari tempat tujuan. Bila berniat menyewa bus untuk perjalanan ke luar kota dan bermalam, pastikan untuk menyiapkan bujet tambahan.

 

4. Bujet

Harga sewa bus bervariasi tergantung jenisnya. Untuk itu perlu diperhatikan dari awal mengenai bujet yang dimiliki. Jika memiliki bujet berlebih, bukan berarti dapat memilih bus tanpa perlu mempertimbangkan berbagai hal. Utamakan selalu keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

 

5. Utamakan Keselamatan

Keselamatan adalah tanggung jawab bersama, namun panitia harus mengomunikasikan serangkaian aturan untuk dipatuhi demi menjamin keselamatan dan kenyamanan perjalanan, misalnya dilarang mengonsumsi alkohol selama perjalanan, bersedia menepati waktu, dan wajib mengikuti tiap arahan panitia, dan sejenisnya.

 

Pastikan juga bus dalam kondisi terbaiknya untuk menempuh perjalanan dan pengemudi memiliki track record mengemudi yang baik. Bila menyewa bus dari TRAC, hal tersebut telah otomatis menjadi jaminan bagi setiap pelanggan.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp