• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • 7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tetap Nyaman Saat Perjalanan Dinas

07 xx hal yang harus diperhatikan agar tetap nyaman saat perjalanan dinas.jpg
07 xx hal yang harus diperhatikan agar tetap nyaman saat perjalanan dinas.jpg
07 xx hal yang harus diperhatikan agar tetap nyaman saat perjalanan dinas.jpg

Tips

7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tetap Nyaman Saat Perjalanan Dinas

26 Oktober 2022

Share

Bagi sebagian orang, perjalanan dinas mungkin bisa saja menjadi suatu rutinitas. Namun, bagi sebagian lainnya bisa jadi adalah pengalaman pertama atau kegiatan yang jarang dilakukan. Berbeda dengan liburan, saat melakukan perjalanan dinas Anda memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus dituntaskan. 

 

Di balik serunya perjalanan dinas, tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar perjalanan bisa dilakukan dengan nyaman. Jangan sampai perjalanan dinas Anda menjadi kacau atau merepotkan lantaran hal-hal kecil yang luput dari perhatian. Yuk cek 7 hal yang bisa membuat perjalanan dinas Anda semakin nyaman.


 

 

Nyaman saat perjalanan dinas lewat 7 hal di bawah ini.


 

1. Cek ulang jadwal kegiatan perjalanan dinas

Pastikan Anda akan pergi di tanggal yang telah ditentukan, jangan ragu untuk memastikan keberangkatan Anda kepada bagian yang terkait. Jangan sampai rencana perjalanan menjadi berantakan karena adanya perubahan jadwal yang tak diketahui. 

 

Jika memungkinkan, susunlah jadwal kunjungan yang akan Anda lakukan saat di kota tujuan. Jangan lupa juga untuk menghitung jeda waktu untuk perjalanan atau jika ada indikasi pertemuan yang dilakukan akan dilakukan lebih cepat maupun lebih lama.


 

2. Pastikan peralatan dan perlengkapan kerja yang diperlukan

Karena ini adalah perjalanan dinas yang dilakukan karena pekerjaan maka pastikan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dapat dibawa dan terbawa. Anda bisa menyimpan materi pekerjaan dan laptop dalam satu tas yang selalu Anda ingat. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan fungsi pada peralatan yang akan Anda gunakan nanti. Oh iya, jika ada materi pekerjaan yang akan dibahas atau Anda sampaikan maka sebaiknya selesaikan dahulu sebelum memulai perjalanan.


 

 

3. Transportasi diperlukan saat perjalanan dinas

Karena setiap perjalanan memerlukan dukungan transportasi maka, jangan sampai Anda lupa untuk mempersiapkan yang satu ini. Anda dapat berkomunikasi dengan bagian terkait maupun secara mandiri mempersiapkan transportasi, sesuaikan dengan alur kerja yang ada di kantor Anda. 

 

Apabila Anda akan menggunakan moda transportasi pesawat terbang, kereta api maupun bus maka pastikan tiket sudah aman di tangan sebelum tanggal keberangkatan. Untuk Anda yang akan bepergian ke luar negeri, jangan lupakan juga untuk mengurus surat-surat pendukung seperti paspor dan visa. Cek ulang lagi tiket yang dimiliki apakah memiliki tanggal dan jadwal yang benar. 

 

Jika Anda akan pergi menggunakan mobil operasional maupun kendaraan lain yang disediakan oleh kantor maka sebaiknya didampingi oleh pengemudi yang andal. Perjalanan luar kota dengan road trip tentu akan melelahkan apabila Anda harus mengemudi sekaligus melakukan pekerjaan utama Anda di tempat tujuan.


 

 

4. Persiapkan akomodasi

Untuk perjalanan dinas jarak menengah dan jauh tentu memerlukan dukungan akomodasi. Tak ada salahnya memesan hotel maupun penginapan sejak beberapa waktu sebelum keberangkatan. Beberapa kantor memiliki aturan tersendiri mengenai pemesanan akomodasi baik rujukan hotel maupun pagu penginapan yang berbeda di setiap kota. Jangan ragu untuk konsultasikan dengan bagian terkait.


 

5. Siapkan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan

Karena ini adalah perjalanan dinas, maka sesuaikan pakaian yang akan anda bawa dengan kegiatan yang akan Anda lakukan nanti. Apabila Anda bekerja menggunakan seragam maka jangan sampai seragam maupun baju lapangan yang diperlukan tertinggal. Kemas juga beberapa pakaian resmi seperti kemeja maupun blouse batik jika memang diperlukan. 


 

6. Jangan membawa barang bawaan berlebih

Selain perlengkapan dan peralatan kerja jangan lupakan juga perlengkapan pribadi. Anda bisa mengecek ke pihak yang Anda kunjungi, apakah mereka menyediakan barang-barang yang Anda perlukan untuk menunjang pekerjaan. Pilah dan pilih barang yang akan dibawa terutama barang-barang keperluan pribadi. Beberapa barang seperti handuk dan pengering rambut biasanya telah disediakan di hotel sehingga bisa meringankan barang bawaan.


 

 

7. Jika memungkinkan, sempatkan eksplorasi kota saat perjalanan dinas

Rasanya terlalu sayang apabila tidak melakukan eksplorasi kecil-kecilan saat datang ke kota yang baru dikunjungi. Anda bisa meluangkan waktu untuk sekadar makan siang di kedai legendaris yang ada di kota tersebut, berbelanja oleh-oleh atau berfoto di landmark kota. Jika memungkinkan dan memiliki waktu yang cukup luang maka ini adalah kesempatan Anda untuk menyambangi tempat-tempat ikonik di kota tersebut. Eits, namun pastikan pekerjaan Anda tidak terganggu ya!

 

Untuk menambah nyaman perjalanan dinas Anda, jangan lupakan juga transportasi selama di kota tujuan. Contohnya seperti menyewa mobil yang nyaman dan aman, serta pengemudi profesional yang hafal jalan, seperti TRAC contohnya. Dengan berbagai layanan rental mobil, TRAC hadir untuk mendukung perjalanan dinas Anda. 

 

Tak hanya urusan transportasi dalam kota, TRAC juga bisa menjadi andalan Anda saat harus melakukan perjalanan luar kota. Pilihan kendaraan keluaran baru dan terawat serta pengemudi yang handal dan berpengalaman akan senantiasa mengantarkan Anda di berbagai kota di Indonesia.

 

Untuk menghadirkan layanan rental mobil yang prima, TRAC memiliki kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain: Medan, Padang, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Lampung, Serang, Jakarta, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bali, Nusa Tenggara Barat, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Sangatta, Makassar dan Manado. Dengan jangkauan yang luas, TRAC dapat mendukung berbagai keperluan Anda dari sisi barat hingga timur Indonesia.

 

JIka perjalanan dinas kali ini memerlukan dukungan transportasi dalam jangka waktu yang agak panjang maka TRAC adalah pilihan yang tepat. Segera hubungi kantor cabang TRAC terdekat maupun customer assistance center di 1500 009 untuk mendapatkan penawaran terbaik.

 

Selain memenuhi kebutuhan perjalanan dinas, TRAC juga memiliki layanan rental mobil harian yang bisa Anda pesan untuk berwisata, bahkan untuk wedding car sebuah acara pernikahan.

 

Reservasinya pun sangat mudah terlebih jika Anda menggunakan aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGO melalui Google Playstore maupun Apple App Store dan dapatkan berbagai macam promo menarik untuk rental mobil.

 

Untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp