https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-285-05 5 Hal yang harus disiapkan sebelum mudik.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-285-05 5 Hal yang harus disiapkan sebelum mudik.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-285-05 5 Hal yang harus disiapkan sebelum mudik.jpg

Tips

7 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik

27 April 2022

Share

Momentum Idul Fitri atau Lebaran sering kali digunakan orang untuk bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga di kampung halaman, terlebih di penghujung pandemi ini pemerintah mulai memberikan kelonggaran untuk bepergian di hari raya. Jika Anda juga memiliki rencana untuk pulang kampung alias mudik, sebaiknya memperhatikan 7 hal di bawah ini.

 

7 persiapan mudik yang harus diperhatikan

 

1. Pastikan tiket sudah di tangan

Jika anda menggunakan kendaraan umum, pastikan Anda sudah memiliki tiket dengan tanggal dan jadwal yang telah ditentukan. Untuk moda transportasi seperti kereta dan pesawat memang sebaiknya dibeli dari jauh hari, namun tidak menutup kemungkinan ada flash sale maupun tambahan armada saat mendekati hari H. Jangan lupa siapkan juga transportasi tambahan yang akan menjemput Anda dari bandara atau stasiun dan mengantar hingga ke kampung halaman. Pertimbangkan untuk menggunakan airport shuttle maupun rental mobil di kota tujuan agar lebih leluasa.

 

Hasrat ingin mudik sudah menggelora namun belum beruntung mendapatkan tiket? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan opsi menggunakan layanan rental mobil terlebih jika kampung halaman masih bisa dijangkau dengan perjalanan darat.

 

 

2. Cek kondisi kendaraan jika menggunakan kendaraan pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi opsi favorit untuk mudik ke kampung halaman, kebanyakan alasannya adalah agar lebih leluasa untuk bepergian. Karena akan menempuh perjalanan jauh dan besar kemungkinan akan mengalami kemacetan maka sebaiknya lakukan service kendaraan terlebih dahulu. Anda tentu tak perlu pusing melakukan ini apabila memilih mudik dengan layanan sewa mobil dari rental mobil yang terpercaya seperti TRAC. Karena semua armada TRAC selalu dirawat dan dalam kondisi terbaiknya saat bertugas.

 

 

3. Tentukan rute perjalanan

Rasanya sayang apabila momentum pulang kampung ini hanya memiliki satu tujuan saja. Anda bisa menyisipkan beberapa destinasi wisata agar perjalanan kali ini makin berkesan dan tentu sejenak beristirahat melepas lelah. Tentukan rute perjalanan beserta beberapa alternatifnya. Tak ada salahnya melakukan riset terlebih dahulu, terutama jika ini kali pertama Anda kembali ke kampung halaman setelah beberapa tahun kemarin terhalang pandemi. Antisipasi juga titik-titik kemacetan yang akan Anda lalui terlebih jika Anda memutuskan untuk berada langsung di balik kemudi.

 

 

4. Data barang bawaan untuk mudik

Membawa oleh-oleh dan buah tangan untuk kerabat dan keluarga di kampung halaman sebenarnya sah-sah saja namun pertimbangkan juga barang-barang esensial yang harus Anda bawa. Jika menggunakan kendaraan umum sebaiknya perhatikan kapasitas maksimal bagasi yang diperbolehkan. Buatlah terlebih dahulu rincian barang-barang keperluan pribadi dan susun berdasarkan skala prioritas.

 

 

5. Usahakan melakukan perjalanan mudik dalam keadaan sehat

Lakukan perjalanan dalam kondisi yang prima, Anda tentu tak mau melewatkan serunya berkumpul bersama keluarga lantaran kondisi tubuh yang tak baik saat berada di kampung halaman. Usahakan untuk istirahat sebisa mungkin selama perjalanan., agar badan tetap fresh saat tiba nanti. Meskipun merasa sehat, jangan lupa untuk membekali diri dengan perlengkapan pertolongan pertama dan obat-obatan yang biasa Anda gunakan.


 

 

6. Lakukan vaksinasi Covid-19 dosis 3 (booster)

Pemerintah telah menjadikan Vaksin Covid-19 dosis 3 atau vaksin booster menjadi salah satu syarat untuk melakukan perjalanan di masa pandemi ini. Jika memungkinkan, lakukan vaksinasi beberapa saat sebelum perjalanan agar terhindar dari Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang biasanya membuat kondisi tubuh sedikit menurun. Selain sebagai syarat perjalanan, vaksinasi juga akan melindungi tubuh Anda dan orang sekitar dari potensi terjadinya penyebaran Covid-19.

 

 

7. Perhatikan aturan lain yang berlaku di perjalanan

Selain vaksin booster bagi orang dewasa, perhatikan juga beberapa aturan terkait perjalanan misalnya; syarat vaksin dosis 2 untuk anak usia di bawah 18 tahun, hasil tes PCR atau Antigen bagi pelaku perjalanan yang tidak dapat memenuhi syarat vaksin, pengisian electronic health alert card (eHAC) di aplikasi PeduliLindungi. 

 

Selain aturan terkait dengan diri sendiri dan protokol kesehatan selama bepergian, jangan lupa perhatikan juga aturan lalu-lintas terutama jika Anda melakukan perjalanan darat. Beberapa ruas jalan mungkin akan mengalami pengalihan arus lalu lintas seperti pemberlakuan aturan ganjil-genap dan one way di ruas tol Tol Jakarta-Cikampek KM 44 sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Cek juga aturan yang berlaku untuk arus balik nanti ya!

 

Wah, ternyata banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Anda bisa memangkas beberapa diantaranya jika menggunakan layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC. Sebagai rental mobil yang andal dan terpercaya, TRAC selalu mempersiapkan armada terbaiknya untuk melayani Anda. Perjalanan Anda juga makin nyaman dengan para pengemudi yang telah dibekali dengan kemampuan defensive driving. Ingin membawa banyak barang atau bepergian dengan keluarga besar? Tak masalah, karena Anda bisa memilih armada sesuai dengan kebutuhan. 
 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp