Begini Cara Pindah Transmisi Mobil Matic yang Benar
Begini Cara Pindah Transmisi Mobil Matic yang Benar
Begini Cara Pindah Transmisi Mobil Matic yang Benar

Tips

Begini Cara Pindah Transmisi Mobil Matic yang Benar

25 Juni 2024

Share

Saat ini sebagian besar masyarakat lebih memilih mobil dengan transmisi matic dibandingkan manual. Tentu saja hal tersebut dikarenakan faktor kemudahan dan kenyamanan.

 

Tapi meskipun lebih mudah pengoperasiannya, sobat TRAC mesti tetap memperlakukan transmisi matic dengan benar untuk menghindari kerusakan.

 

Salah satu contohnya saat memindahkan tuas transmisi matic ke posisi P. Karena faktanya masih banyak pengemudi yang abai memindahkan tuas transmisi dengan benar saat sedang memarkir mobil lho, sob. Terlebih saat sedang buru-buru atau di parkiran dengan permukaan jalan miring.

 

Padahal pemindahan tuas ke posisi P ada caranya dan nggak boleh dilakukan sembarangan, sob. Mobil harus dalam kondisi sudah berhenti total alias tidak bergerak meski pelan sekali pun.

 

 

 

Dampak Buruk Asal Pindah Tuas Transmisi Matic

 

Memindahkan tuas transmisi matic ke posisi P saat kondisi mobil masih bergerak bisa merusak komponen transmisi. Biasanya akan timbul suara keras karena benturan komponen yang berpotensi mengakibatkan kerusakan gigi transmisi matic.

 

Perlu diperhatikan dengan benar bahwa mobil sudah berhenti total atau belum, sebelum memindahkan tuas ke posisi P.

 

Itu sebabnya saat akan parkir dianjurkan untuk menarik rem tangan terlebih dulu demi memastikan ban mobil benar-benar berhenti, baru memindahkan tuas matic ke posisi P.

 

Saat tuas di posisi P putaran roda terkunci sehingga roda penggerak kanan dan kiri akan terpaut namun dalam posisi tidak searah.

 

Jika tuas matik dipindah ke posisi P sementara mobil belum berhenti maka akan membebani komponen di dalam transmisi yang saling bertaut.

 

 

 

Perpindahan Tuas Transmisi Mesti Dilakukan Dengan Benar

 

Itu pula sebabnya, produsen mobil merancang agar jalur tuas transmisi dari posisi D ke P harus melewati N, R dan menekan tombol/knop agar selanjutnya bisa pindah ke posisi P.

 

Tombol atau knop tersebut merupakan pengaman untuk mencegah kemungkinan terjadi pergeseran tuas secara tidak sengaja. Jadi, memindahkan tuas matic ke posisi P saat kendaraan masih bergerak merupakan kesalahan fatal yang harus dihindari.

 

Selain memahami cara pengoperasian yang benar, kamu juga wajib melakukan perawatan transmisi matic secara berkala sesuai petunjuk pabrik agar kinerjanya selalu dalam kondisi bagus.

 

Tapi kalau nggak mau repot dengan urusan perawatan mobil, buat mobilitas sehari-hari, rental mobil bisa jadi solusi. Kamu bisa rental mobil di TRAC yang sudah sangat dikenal reputasinya di industri sewa kendaraan dengan pengalaman lebih dari 37 tahun.

 

Lebih Praktis Rental Mobil di TRAC

 

TRAC selalu bisa jadi solusi atas setiap kebutuhan transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal. Kamu bisa rental mobil di TRAC secara harian atau jangka panjang dengan jaminan armada mobil yang terawat dan pastinya aman serta nyaman digunakan.

 

 

 

Selain itu, pilihan mobilnya juga beragam, mulai dari MPV, SUV, LCGC hingga Premium Car yang bisa disewa lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Apalagi rental mobil TRAC juga sudah dilengkapi dengan asuransi dan roadside assistance. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di perjalanan mudik, sob.

 

Sobat tinggal menghubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Pesan rental mobil sekarang dengan mudah di halaman reservasi website TRAC atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore dan Appstore. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership juga ya sob, untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun mudiknya, pakai TRAC aja!


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp