Cara Cermat Hitung Biaya Mudik Lebaran pakai Mobil
Cara Cermat Hitung Biaya Mudik Lebaran pakai Mobil
Cara Cermat Hitung Biaya Mudik Lebaran pakai Mobil

Tips

Cara Cermat Hitung Biaya Mudik Lebaran pakai Mobil

03 April 2024

Share

Momen mudik selalu dinanti jelang lebaran. Diprediksi akan ada lebih dari 190 juta orang yang melakukan perjalanan dengan berbagai moda transportasi pada libur mudik Lebaran tahun 2024, sobat TRAC salah satunya?

 

Mobil jadi salah satu transportasi primadona saat mudik lebaran karena dianggap lebih hemat dan fleksibel. Masa sih? Nah, ketimbang harus tebak-menebak buah manggis, yuk! hitung anggaran mudik pakai mobil biar kantong tenang mudik pun senang.

 

5 Tips Hitung Biaya Mudik Lebaran pakai Mobil

 

Hitung biaya bahan bakar

 

Biaya bahan bakar bisa dibilang akan jadi pos pengeluaran utama selama mudik lebaran. Ketahui kapasitas mesin kendaraan yang digunakan sob. Semakin besar kapasitasnya, otomatis makin banyak juga bahan bakar yang dibutuhkan. 

 

Gunakan peta digital seperti google maps atau waze untuk mengetahui jarak dari titik awal keberangkatan ke kampung halaman. Idealnya, penggunaan bahan bakar pada mobil bisa dihitung 1 liter per 10 km. 

 

 

 

Misalnya, Perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta lewat tol Trans Jawa akan ditempuh sekitar 570 km, maka perkiraan bahan bakar yang diperlukan adalah 57-60 liter sekali jalan.

 

Nah sobat tinggal kali saja dengan harga bahan bakar yang digunakan. Harga satu liter pertamax berkisar Rp 12.950, maka biaya yang diperlukan untuk sekali jalan sekitar Rp777.000 atau Rp1.554.000. 

 

Jangan lupa masukan juga biaya tambahan bahan bakar untuk mobilitas atau berwisata di kampung halaman. Konsumsi bahan bakar ini tentu berbeda di setiap kendaraan. Jadi sebaiknya pilih mobil yang irit konsumsi bahan bakarnya sob, biar nggak bikin boncos. 

 

Hitung biaya tarif tol

 

Pos pengeluaran yang nggak kalah fantastis adalah biaya untuk tol. Kalau sobat masih belum terlalu mengenal ruas tol yang akan dilalui, lakukan pengecekan tarif tol terlebih dahulu menggunakan google maps dan aktifkan fitur perkiraan tarif tol.

 

Atau sobat juga bisa cek langsung ke website resmi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) sebagai pembanding serta menggunakan aplikasi Travoy milik Jasa Marga.

 

 

 

Jangan lupa siapkan kartu uang elektronik yang sudah diisi saldo untuk bertransaksi di gerbang masuk maupun keluar ya, sob.

 

Perkiraan biaya untuk tol Trans jawa dari jakarta hampir mencapai Rp900.000. Sedangkan untuk rute Jakarta-Yogyakarta sekitar Rp450.000.

 

Sebagai informasi, terdapat diskon tarif tol sebesar 20% di beberapa ruas jalan pada untuk perjalanan arus mudik 3-5 April 2024 dan arus balik 16-19 April 2024. Sobat yang mau mudik lebih awal bisa banget nih menggunakan kesempatan ini.

 

Biaya makan dan jajan

 

Sering dianggap tidak masuk dalam kategori anggaran pokok, pengeluaran untuk jajan dan makan selama mudik ini seringkali justru yang tiba-tiba melambung. Hindari “bocor alus” anggaran mudik dengan menyiapkan dana terpisah. 

 

Beberapa kebutuhan yang terprediksi seperti air minum kemasan dan makanan ringan bisa disiapkan dari kota keberangkatan.

 

Hati-hati juga untuk memilih rumah makan untuk singgah dan beristirahat saat di tengah perjalanan. Jangan ragu menanyakan harga makanan dan minuman dulu biar nggak terkena fenomena “getok harga”  saat bayar. 

 

 

 

Pesan penginapan dari jauh hari

 

Pesan hotel atau penginapan sejak jauh-jauh hari kalau memang perlu singgah di satu kota dan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan. Kalau sobat baru booking hotel di waktu yang mepet, bisa jadi harga yang didapatkan sudah cukup tinggi. 

 

Biaya service mobil

 

Nah, ini satu lagi pos pengeluaran yang sering diabaikan tapi justru punya peran penting. Jaga performa mobil dengan melakukan perawatan berkala sebelum mudik lebaran 2024.

 

Siapkan dana untuk ganti oli, cek seluruh lampu dan fitur agar perjalanan nyaman dan tenang. Jangan lupa, performa mesin nantinya bisa juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar termasuk anggarannya.

 

Mudik Asik dengan Rental Mobil TRAC

 

Mudik lebaran memang selalu menyenangkan  dengan berbagai ceritanya. Tapi sebelum larut dengan euphoria di kampung halaman sebaiknya sobat TRAC meluangkan sedikit waktu untuk mengatur strategi pengeluaran.

 

Buat sobat yang ingin mudik tapi kehabisan tiket atau ingin perjalanan yang lebih intim dengan keluarga maupun teman seperantauan, bisa banget nih mudik menggunakan layanan rental mobil dari TRAC. Terdapat paket rental mobil lebaran dengan berbagai pilihan kendaraan yang bisa disewa sesuai kebutuhan.

 

Paket rental mobil lebaran ini merupakan paket untuk layanan rental mobil lepas kunci yang bisa Sobat nikmati untuk penggunaan 3-15 April 2024.

 

Sobat bisa mendapatkan harga spesial mulai dari Rp300 ribuan per hari dan kamu bisa mendapatkan diskon tambahan Rp 100 ribu untuk pemakaian minimal 4 hari. Selengkapnya klik banner di bawah ya.

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC LEBARAN 2024.jpg

 

Jangan lupa follow TRAC di media sosial Instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk informasi promo, jadwal acara, dan inspirasi perjalanan.

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp