• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Cuma Segini Bensin dan Tarif Tol Jakarta Surabaya kalau Mudik Pakai Mobil

Cuma Segini Bensin dan Tarif Tol Jakarta Surabaya kalau Mudik Pakai Mobil
Cuma Segini Bensin dan Tarif Tol Jakarta Surabaya kalau Mudik Pakai Mobil
Cuma Segini Bensin dan Tarif Tol Jakarta Surabaya kalau Mudik Pakai Mobil

Tips

Cuma Segini Bensin dan Tarif Tol Jakarta Surabaya kalau Mudik Pakai Mobil

19 Maret 2024

Share

Mudik Pakai LCGC Dijamin Lebih Irit

 

Nggak bisa dipungkiri lagi, mobil LCGC (low cost green car) kini cukup banyak diminati, khususnya oleh masyarakat perkotaan. Salah satu alasanya jelas karena konsumsi bahan bakarnya yang super irit.

 

Selain itu, bentuknya yang kompak juga dianggap sangat praktis untuk mobilitas jarak dekat sehari-hari di tengah padatnya lalu lintas perkotaan.

 

Tapi, bagaimana kalau mudik pakai mobil LCGC dalam perjalanan panjang ke kampung halaman? Sebagian orang mungkin meragukannya mengingat LCGC memang dirancang sebagai ‘mobil kota’, bukan ‘mobil antar kota’.

 

Karena diatas kertas, performa mobil LCGC di jalan luar kota atau jalan tol memang tidak “segalak” mobil-mobil dengan kelas di atasnya, mengingat kapasitas mesinnya yang terbilang kecil.

 

Tapi jelang musim mudik lebaran, lalu lintas perjalanan mudik akan lebih padat dari biasanya. Bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi kemacetan. Artinya, kecepatan mobil LCGC nggak akan jauh berbeda dibanding mobil-mobil lain dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

 

 

 

Sebaliknya, kepadatan lalu lintas yang terjadi membuat mobil LCGC unggul cukup signifikan dari segi penghematan bahan bakar.

 

Untuk mendapat gambaran lebih rinci, berikut ini penghitungan biaya bahan bakar dan tol untuk sebuah mobil LCGC saat menempuh perjalanan mudik dari Jakarta ke Surabaya.

 

Rincian Biaya Mudik Pakai LCGC

 

Hanya Butuh 49 Liter Bensin

 

Mobil-mobil LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon dan Datsun Go rata-rata memiliki konsumsi BBM kombinasi dalam kota dengan tol antara 16-18 km/liter.

 

Sedangkan konsumsi BBM untuk tol yang arus lalu lintasnya lebih lancar berada di kisaran antara 19-21 km/liter.

 

Dengan asumsi arus tol selama mudik yang diprediksi akan padat, konsumsi BBM melalui jalan tol diperkirakan ada di kisaran 16 km/liter.

 

Rute tol Jakarta - Surabaya yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa terdiri dari 13 ruas dan memiliki panjang lintasan kurang lebih 784 kilometer.

 

Jika konsumsi BBM mobil LCGC adalah 16 km/liter, maka untuk menempuh perjalanan jalan tol Jakarta – Surabaya sejauh 784 km akan membutuhkan bahan bakar sekitar 49 liter.

 

 

 

Mobil LCGC sendiri rata-rata memiliki kapasitas tangki bahan bakar di kisaran 33 liter. Artinya untuk menempuh rute Jakarta – Surabaya diperlukan dua kali pengisian BBM.

 

Jika sang pemilik mobil LCGC menggunakan bensin Pertamax yang harganya Rp. 13.300 per liter, maka untuk membeli 49 liter bensin dibutuhkan uang sebesar Rp. 651.700.

 

Tapi jika menggunakan bahan bakar Pertalite yang harganya Rp. 10.000 per liter, dibutuhkan dana sebesar Rp. 490.000. Biaya tersebut hanya untuk bensin, belum termasuk biaya jalan tol.

 

Tarif Tol Trans Jawa

 

Untuk biaya Tol Trans Jawa rute Jakarta - Surabaya (Golongan I), rinciannya sebagai berikut

 

  • Tol Jakarta - Cikampek Rp. 20.000
  • Tol Cikopo - Palimanan Rp. 119.000
  • Tol Palimanan - Kanci Rp. 12.500
  • Tol Kanci - Pejagan Rp. 29.500
  • Tol Pejagan - Pemalang Rp. 60.000
  • Tol Pemalang - Batang Rp. 40.000
  • Tol Batang - Semarang Rp. 86.000
  • Tol Semarang ABC Rp. 5.000
  • Tol Semarang - Solo Rp. 66.500
  • Tol Solo - Ngawi Rp. 104.500
  • Tol Ngawi - Kertosono Rp. 91.000
  • Tol Kertosono - Mojokerto Rp. 49.000
  • Tol Mojokerto - Surabaya Rp. 39.000

 

Jika dijumlahkan, estimasi tarif tol rute Jakarta - Surabaya yang harus disiapkan untuk kartu e-toll adalah Rp 722 ribu.

 

Jadi, total biaya konsumsi bensin dan biaya Tol Trans Jawa rute Jakarta – Surabaya adalah Rp. 1.373.700 bila menggunakan bensin jenis Pertamax.

 

Tapi bila menggunakan bensin Pertalite, total biaya yang keluar lebih kecil lagi, hanya sebesar Rp. 1.212.000. Gimana tertarik mudik pakai LCGC, sob?

 

 

 

Rental Mobil Lebaran di TRAC

 

Biar nggak ribet harus perawatan ke bengkel kalau mudik pakai mobil pribadi, mending rental mobil di TRAC aja, sob. Saat ini lagi ada paket rental mobil lebaran dengan harga mulai dari Rp 300 ribuan perhari.

 

Untuk mobil LCGC sobat bisa pilih Toyota Agya atau Calya. Tapi kalau mau mobil yang lebih besar juga ada. Seperti Avanza, Xenia hingga Innova Zenix. Info selengkapnya klik banner di bawah ya.

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC LEBARAN 2024.jpg


 

Rental mobil TRAC sudah dilengkapi dengan asuransi dan roadside assistance. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di perjalanan mudik, sob.

 

Sobat tinggal menghubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Gimana, udah siap mudik bareng TRAC? Kemanapun mudiknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp