Daftar Hari Libur 2024, Siap-siap Ambil Cuti!
Daftar Hari Libur 2024, Siap-siap Ambil Cuti!
Daftar Hari Libur 2024, Siap-siap Ambil Cuti!

Tips

Daftar Hari Libur 2024, Siap-siap Ambil Cuti!

09 Januari 2024

Share

Sobat TRAC yang suka merencanakan liburan dari jauh-jauh hari tentu nggak boleh ketinggalan informasi terkait daftar hari libur di tahun 2024.

 

Mumpung masih awal tahun, sobat bisa mengira-ngira dan mengincar tanggal “cantik” untuk plesir bersama orang-orang tersayang. Tentunya juga bisa lebih matang dalam mempersiapkannya.

 

Sama seperti tahun sebelumnya, beberapa hari besar jatuh pada akhir pekan. Tapi tenang sob, Pemerintah sudah menyiapkan cuti bersama biar sobat tetap bisa jalan-jalan. Nah kalau seperti ini tinggal atur strategi deh!

 

Peraturan tentang hari libur dan cuti bersama ini tertuang dalam SKB 3 Menteri alias, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB).

 

Jika merujuk pada peraturan tersebut, maka total ada 27 hari libur dan cuti bersama di sepanjang tahun 2024. Wooo! Asik banget ga tuh!. Berikut daftar selengkapnya, sob!

 

 

 

Januari - Maret, banyak long weekend

 

Seperti biasanya, bulan Januari pasti dibuka dengan perayaan tahun baru masehi. Kali ini tahun baru 2024 jatuh pada hari Senin yang bikin banyak orang memilih cuti panjang karena jatuh pada long weekend.

 

Apalagi, seminggu sebelumnya juga ada libur Natal 2023 yang juga menjadi libur panjang di akhir tahun.

 

Sobat TRAC yang belum sempat liburan akhir dan awal tahun kemarin, bulan Februari jadi saat yang tepat.

 

Di bulan itu ada dua hari libur dan satu cuti bersama yang berurutan sehingga sobat bisa berlibur selama 5 hari tanpa mengurangi jatah cuti.  Mulai dari Kamis, 8 Februari pada peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

 

Lalu, Jumat, 9 Februari ada  hari kejepit, karena esoknya ada cuti bersama perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

 

 

 

Jangan lupa juga, pertengahan Februari 2024 juga ada ada hari besar sob. Yap! Pemilihan Umum Legislatif dan Eksekutif, tepatnya 14 Februari 2024.

 

Sedangkan bulan Maret terdapat dua long weekend nih, tepatnya di pertengahan dan akhir bulan.

 

Pertama ada peringatan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 pada Senin, 11 Maret 2024 dan cuti bersama 12 maret 2024.

 

Kalau sobat TRAC berencana liburan ke Bali pada waktu ini, sebaiknya dipertimbangkan lagi ya kecuali memang ingin menikmati pengalaman ikut prosesi Nyepi di pulau dewata. 

 

Puncak Long weekend lain di bulan ini adalah tanggal 29 Maret yang bertepatan dengan momentum Jumat Agung atau peringatan Wafatnya Isa Almasih yang ditutup dengan perayaan Paskah di tanggal 31 Maret.

 

Beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan untuk berlibur dan menikmati perayaan paskah antara lain Larantuka di NTT, Manado, Yogyakarta, serta ibukotaJakarta.

 

 

 

Persiapan mudik dan liburan di bulan April - Juni

 

Waktunya mudik! Lebaran tahun ini jatuh di bulan april dengan perkiraan tanggal 10-11 April 2024. Dalam SKB 3 Menteri, pemerintah telah menentukan ada 4 hari cuti bersama, yakni 8, 9, 12 dan 15 April 2024.

 

Nah kalau dihitung dengan akhir pekan, sobat TRAC punya 10 hari buat mudik. Perjalanan menuju kampung halaman bisa dilakukan mulai Sabtu, 6 Mei 2024 tapi kalau mau lebih awal juga boleh kok, sob. Atur enaknya aja.

 

Dari total 31 hari di Bulan Mei, ada 5 hari libur nih,sob! Pertama di tanggal 1 Mei pada peringatan Hari Buruh Internasional.

 

Nah karena tanggal merahnya di hari Rabu, buat sobat yang mau berlibur sebaiknya pertimbangkan untuk mengambil cuti dua hari sebelumnya, biar liburan makin puas.

 

Sementara di pekan kedua ada peringatan Kenaikan Isa Almasih pada 9 Mei dan cuti bersama yang lagi-lagi menghadirkan long weekend.

 

Belum sempat untuk liburan? Kalau begitu coba untuk rencanakan di tanggal 23 dan 24 Mei saat Hari Raya Waisak 2568 dan Cuti Bersama Hari Raya Waisak. Di tanggal ini, biasanya banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur. Apakah sobat TRAC bakal jadi salah satunya?

 

Long weekend bulan Juni masih belum habis, sob!. Hari Raya Idul Adha 1445 H diperkirakan akan diperingati pada Senin, 17 Juni 2024 dan ada cuti bersama keesokan harinya.

 

 

 

Weekend Ceria Juli - September

 

Tampaknya kurva liburan harus melandai di masa-masa ini, sob karena beberapa hari libur justru jatuh di akhir pekan. Perayaan Tahun Baru Islam 1446 H yang diperkirakan pada 7 Juli 2024 tepat di hari Minggu.

 

Sementara momen 17-an alias peringatan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus juga jatuh di hari Sabtu. Tapi tenang, masih ada satu long weekend pada Senin, 16 September 2024 yang merupakan libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Oktober - Desember, sampai jumpa di perayaan Natal

 

Terpantau untuk bulan Oktober dan November nggak ada tanggal merah, sob. Sobat baru bisa kembali bertemu hari libur pada perayaan Natal di bulan Desember.

 

Dalam SKB 3 Menteri yang memuat libur dan cuti bersama 2024, tercantum bahwa 25 dan 26 Desember adalah Hari Raya Natal dan cuti bersama Natal.

 

Nah karena dua hari itu berada di hari selasa dan rabu, nggak ada salahnya ambil cuti pada senin atau bisa juga bablas hingga awal tahun depan. 

 

Ternyata ada banyak banget hari libur dan cuti bersama di tahun 2024 ya, sob. Biar  liburan makin asik, yuk rencanakan perjalanan dari sekarang.

 

 

 

Selain akomodasi, persiapkan juga transportasi seperti rental mobil dari jauh-jauh hari terutama di kota-kota yang jadi destinasi unggulan.

 

Sebab,rental mobil Yogyakartarental mobil Bandung atau rental mobil Bali biasanya akan mengalami peningkatan permintaan di saat long weekend maupun musim liburan.

 

Liburan Asik Bareng TRAC

 

Biar nggak kehabisan stok kendaraan yang aman dan nyaman, sobat TRAC bisa langsung melakukan pemesanan di halaman reservasi website TRAC atau bisa juga lewat aplikasi TRACtoGo yang tersedia di Playstore dan Apple Appstore.

 

Jangan lupa verifikasi membership untuk menikmati kemudahan layanan TRAC terutama buat sobat yang ingin menggunakan layanan rental mobil lepas kunci.

 

Masih bingung mencari destinasi untuk berlibur? Temukan rekomendasi destinasi wisata yang ciamik dengan follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp