Fungsi Utama Sabuk Pengaman, Jangan Diremehkan
Fungsi Utama Sabuk Pengaman, Jangan Diremehkan
Fungsi Utama Sabuk Pengaman, Jangan Diremehkan

Tips

Fungsi Utama Sabuk Pengaman, Jangan Diremehkan

18 April 2024

Share

Sabuk Pengaman Mobil Punya Fungsi Vital

 

Sobat TRAC tahu nggak kalau ternyata sabuk pengaman pada mobil punya peran yang penting banget. Sebelum era mobil telah dilengkapi sederet fitur canggih seperti sekarang, sekitar tahun 70-an atau 80-an, ternyata nggak semua mobil dilengkapi sabuk pengaman lho.

 

Tapi karena melihat fungsinya yang begitu vital, produsen mobil di seluruh dunia sepakat dan menjadikan sabuk pengaman sebagai standar keselamatan yang mesti ada pada setiap mobil. Bahkan pada mobil dengan tipe terendah sekalipun.

 

Meski jadi salah satu perangkat yang wajib digunakan saat berkendara, sayangnya masih ada saja pengendara nakal yang enggan menggunakannya dengan berbagai alasan.

 

Salah satu yang sering terdengar adalah alasan karena hanya berkendara dalam jarak dekat. Padahal, nggak peduli sejauh apapun perjalanan sobat, risiko kecelakaan tetap selalu ada. Jadi jangan pernah anggap remeh ya!

 

Karena meski mobil sudah dilengkapi airbag, tetap saja tidak dapat menjamin keselamatan saat terjadi kecelakaan. Jadi harus tetap gunakan sabuk pengaman untuk meminimalisir dampaknya.

 

 

 

Mengingat pentingnya penggunaan sabuk pengaman, dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 289 disebutkan kalau ada hukuman pidana penjara hingga denda bagi yang melanggar.

 

5 Fungsi Utama Sabuk Pengaman

 

Menahan Tubuh

 

Salah satu fungsi sabuk pengaman adalah untuk menahan tubuh saat berkendara. Dengan tubuh yang tertahan, badan jadi selalu tegap dan bisa terus fokus lebih ke depan. Sehingga nggak mudah kehilangan konsentrasi.

 

Nggak cuma itu, saat terjadi kejadian nggak diinginkan, sabuk pengaman juga bisa menahan badan untuk tetap pada posisinya. Jadi risiko terlempar atau terbentur setir kemudi bisa diminimalisir.

 

Melindungi Kepala

 

Kalau pengendara motor pakai helm buat melindungi kepala, pengemudi mobil punya sabuk pengaman. Meski nggak langsung digunakan di kepala, tapi penggunaan sabuk pengaman bisa menahan tubuh dari benturan yang tentu bisa membahayakan kepala.

 

Sehingga saat terjadi kecelakaan yang mengakibatkan benturan, posisi badan tetap di tempat dan kepala lebih aman dari benturan ke setir atau kaca mobil.

 

Mengurangi Risiko Kecelakaan

 

Kita pasti nggak pernah tahu ya sob apa aja yang bisa terjadi di jalan. Tapi, dengan pakai sabuk pengaman, risiko cedera saat kecelakaan setidaknya bisa lebih diminimalisir. Ini tentu penting buat seluruh penumpang di dalam mobil.

 

 

 

Bikin Nyaman

 

Bicara soal keselamatan, pastinya juga akan beririsan dengan kenyamanan ya, sob. Sabuk pengaman dirancang agar pengemudi mendapatkan posisi duduk yang tegak dan nyaman, jadi bisa selalu fokus berkendara. Kalau sudah begitu, berkendara mobil juga pastinya terasa lebih nyaman dan nggak gampang capek.

 

Bentuk Kepatuhan pada Aturan

 

Selalu ingat ya sob, esensi terpenting dalam setiap perjalanan adalah selamat sampai tujuan. Untuk itu, selalu gunakan sabuk pengaman untuk meningkatkan keamanan selama berkendara.

 

Apalagi, kewajiban menggunakan sabuk pengaman juga telah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 289. Begini bunyinya.

 

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor atau penumpang yang duduk di samping pengemudi yang tidak mengenakan sabuk keselamatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (6) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)".

 

Jadi sekarang udah paham ya kalau pakai sabuk pengaman itu penting banget buat keselamatan dan mengurangi risiko saat terjadi kecelakaan.

 

Selain itu, pastikan mobil dan fitur keselamatan lainnya dalam kondisi baik, salah satunya dengan melakukan perawatan rutin.

 

 

 

Tapi kalau mau lebih praktis, kamu bisa gunakan layanan rental mobil untuk berbagai urusan. Yang terpenting pilih penyedia rental yang profesional dan punya reputasi baik seperti TRAC.

 

Dengan pengalaman lebih dari 37 tahun, TRAC telah berpengalaman melayani kebutuhan rental mobil. Baik rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Rental mobil TRAC dijamin aman, karena setiap unit mobil rutin melakukan perawatan, bahkan usia pakai mobil mayoritas masih cukup muda dibawah 5 tahun.

 

Pesan dengan mudah layanan rental mobil TRAC melalui halaman reservasi di website atau bisa juga lewat aplikasi TRACtoGo yang bisa di download di Playstore dan Appstore.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC lainnya hingga tips dan promo, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp