• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Harus Bepergian dan Melakukan Perjalanan Selama Pandemi? Perhatikan 5 Hal Ini

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-266-10 Tips aman berwisata di Tengah Pandemi (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-266-10 Tips aman berwisata di Tengah Pandemi (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-266-10 Tips aman berwisata di Tengah Pandemi (1).jpg

Tips

Harus Bepergian dan Melakukan Perjalanan Selama Pandemi? Perhatikan 5 Hal Ini

01 Maret 2022

Share

Tanggal 11 Maret 2020, terasa seperti kemarin namun kenyataannya, sudah dua tahun berlalu. Tanggal 11 Maret merupakan momentum ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status Covid 19 sebagai pandemi global. Banyak hal telah berubah dalam kurun waktu dua tahun ini. Manusia harus beradaptasi hingga melahirkan kenormalan baru (new normal) termasuk kebiasaan saat bepergian dan di perjalanan.

 

Untuk Anda yang memiliki keharusan untuk bepergian ke banyak tempat, perubahan kebiasaan saat pandemi ini akan sangat terasa namun tetap bisa dilakukan dengan santai dan tanpa beban. Waspada perlu, namun tak perlu khawatir berlebihan. Berikut adalah beberapa tips tentang aman di perjalanan selama pandemi:

 

 

5 hal yang perlu diingat saat bepergian dan melakukan perjalanan di masa pandemi

 

1. Jangan tinggalkan barang-barang penting

Benda-benda penting ini bisa jadi bukanlah barang yang biasa Anda bawa saat bepergian sebelum pandemic. Sebut saja, masker minimal 3 lapis dengan kemampuan filtrasi yang baik, hand sanitizer, tisu basah, pembersih udara (air purifier) portabel, semprotan desinfektan untuk udara dan benda-benda lain yang bisa dipersonalisasi.


 

 

 

2. Pastikan Anda melakukan perjalanan dalam kondisi prima

Sebelum pandemi, keluar rumah dengan kondisi sedikit batuk, atau pilek ringan mungkin tak akan tidak menjadi masalah, selama Anda bisa duduk dan beristirahat di sepanjang jalan sambal berharap akan lebih baik di tempat tujuan. Di masa pandemi ini sebaiknya Anda melakukan perjalanan dengan kondisi tubuh yang prima dan benar-benar fit.

 

Jika Anda merasa kurang sehat, maka sebaiknya tidak bepergian kecuali dalam kondisi darurat yang mengharuskan Anda melakukan perjalanan. Jika memungkinkan, tunda sejenak perjalanan yang direncanakan hingga kondisi tubuh membaik dan sistem imun bisa melindungi Anda dengan sempurna. Apapun penyakitnya, jangan sampai Anda menularkan atau tertular dari orang lain. Lakukan tes PCR maupun antigen jika diperlukan untuk hasil yang lebih pasti, karena pada akhirnya kesehatan bersama adalah hal yang paling penting.


 

 

3. Jaga jarak aman dan sebisa mungkin hindari kerumunan di ruangan tertutup

Di beberapa tempat, terkadang keramaian tak bisa dihindari terutama di tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata dan favorit wisatawan. Sesuaikan waktu kunjungan dengan menghindari jam padat. Dengan begitu, Anda tak hanya bisa menghindari kerumunan namun juga bisa mendapatkan spot foto terbaik. Anda juga dapat memilih perjalanan hari kerja untuk menghindari keramaian akhir pekan.

 

Untuk café dan restoran, sebaiknya jangan datang tepat di jam makan siang atau makan malam, datanglah lebih awal di jam nanggung. Jika memungkinkan mintalah tempat duduk yang terletak di luar ruangan.

 

 

4. Pastikan tempat yang dikunjungi telah tersertifikasi CHSE

Pada tahun 2020 lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia meluncurkan protokol keamanan dan kesehatan berwisata yang disebut InDOnesia CARE (baca: I DO CARE). Protokol ini diwujudkan dengan penerapan sertifikasi tempat wisata dan akomodasi yang disebut CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability). Sertifikasi ini mengharuskan perusahaan seperti hotel, taman hiburan, museum, kafe, restoran, dan banyak lagi untuk menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan terstandar sebagai bentuk perlindungan bagi masyarakat dan industri pariwisata.

 

Hingga akhir Februari 2022, telah ada 12.000 perusahaan di 403 kota di 34 provinsi di Indonesia yang telah tersertifikasi CHSE. Jadi pastikan hotel, restoran kafe dan atraksi wisata yang Anda akan kunjungi telah tersertifikasi CHSE.

 

 

5. Pilih rental mobil untuk perjalanan yang lebih nyaman dan aman

Menggunakan kendaraan umum memang menyenangkan namun bepergian dengan mobil rental akan lebih nyaman dan di kondisi seperti sekarang ini tentu lebih aman. Sebaiknya Anda melakukan rental mobil dengan pengemudi sehingga Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersembunyi.

 

Dengan jasa pengemudi, Anda juga tak perlu dipusingkan dengan navigasi. Duduklah dengan tenang hingga tiba di tempat tujuan. Tak ada lahan parkir? Tentu tak masalah, Anda bisa turun di mana pun dan pengemudi akan kembali menjemput Anda di tempat yang diinginkan. Menggunakan rental mobil lengkap dengan pengemudi juga memberikan kesempatan Anda untuk membawa banyak barang tanpa khawatir meninggalkannya di mobil tanpa pengawasan.

 

Jika Anda mencari rental mobil yang terpercaya dan berpengalaman untuk menunjang perjalanan kali ini, pilihan terbaik jatuh pada TRAC. Dengan cabang yang tersebar di seluruh tanah air, TRAC menyediakan berbagai tipe armada yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan. Mobil kecil untuk Anda yang melakukan perjalanan seorang diri maupun dengan keluarga kecil hingga bus berukuran 59 orang. Lengkap!

 

Ingin melakukan bepergian tapi dengan pengalaman perjalanan yang berbeda dan tetap aman? Pilihlah jenis Luxury Bus yang berkapasitas 11 – 15 orang saja. Dengan penumpang yang terbatas, kabin bus akan terasa makin luas. Fasilitasnya juga lengkap lho! Setiap Luxury Bus dilengkapi dengan AC, safety equipment, seat belt 2 titik untuk setiap kursi, reclining seat, port charger, toilet, TV & karaoke, audio entertainment, electric seat bahkan ruang karaoke, pantry, chiller, AVOD, amenities, dan bantal juga selimut.

 

Anda juga tak perlu khawatir dengan keberadaan pengemudi selama perjalanan Anda. Semua kesehatan pengemudi TRAC dipantau secara berkala terutama saat akan menjalankan tugas. Perjalanan Anda akan semakin “mulus” dengan layanan prima yang diberikan oleh pengemudi dan layanan rental mobil dari TRAC.

 

Untuk memastikan Anda bisa bepergian dengan aman dan nyaman selama pandemi, TRAC juga menerapkan protokol perjalanan yang disebut SMART Protocol. Protokol ini meliputi:

 

  • Pembersihan semua armada yang bertugas, baik sebelum maupun setelah melayani penumpang.
  • Menyediakan hand sanitizer di setiap unit yang bertugas.
  • Menerapkan physical distancing
  • Memasang pembatas antara pengemudi dan penumpang
  • Setiap pengemudi yang bertugas telah melalui tes kesehatan
  • Setiap pengemudi diwajibkan menggunakan sarung tangan saat bertugas
  • Pengemudi dilarang untuk melakukan kontak fisik dengan penumpang.

 

 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp