Jangan Beli Mobil buat Mudik Kalau Nggak Paham Ini
Jangan Beli Mobil buat Mudik Kalau Nggak Paham Ini
Jangan Beli Mobil buat Mudik Kalau Nggak Paham Ini

Tips

Jangan Beli Mobil buat Mudik Kalau Nggak Paham Ini

21 Februari 2024

Share

Saat mudik lebaran, banyak perantau yang memilih pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi. Berdasarkan data Kemenhub, pada Idul Fitri 2023 jumlah pemudik dengan mobil pribadi tercatat lebih dari 27 juta orang. Angka itu naik 15 persen dari lebaran tahun sebelumnya.

 

Nggak bisa dipungkiri lagi, lebaran tahun ini mobil pribadi diprediksi masih jadi transportasi favorit pemudik balik kampung. Terlebih buat perantau yang berasal dari pulau Jawa seperti Semarang, Yogyakarta hingga Surabaya. Akses tol trans jawa yang terus tersambung, membuat perjalanan mudik terasa lebih singkat dan efektif.

 

Selain itu, faktor kenyamanan dan fleksibilitas juga jadi salah satu alasan paling lugas, terlebih kalau mudik bareng keluarga. Makanya nggak heran jelang musim mudik lebaran, promo dari showroom mobil baru hingga bekas bertebaran. Demi menarik minat pemudik beli mobil buat dibawa ke kampung halaman.

 

Tapi, sebelum sobat TRAC memutuskan beli mobil buat mudik, pahami dulu beberapa hal ini. Karena dengan punya mobil, artinya akan ada beban biaya tambahan yang rutin harus dikeluarkan. Jangan sampai karena habis beli mobil, di kampung malah jadi beban pikiran.

 

 

 

5 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Beli Mobil

 

Sesuaikan dengan Anggaran

 

Saat punya mobil, secara otomatis akan ada pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan sob. Seperti pengeluaran untuk bahan bakar hingga servis berkala. Jadi pastiin sobat TRAC nggak punya tanggungan cicilan berjalan, biar nggak memberatkan.

 

Apalagi kalau sobat akan beli mobil secara kredit. Selain cicilan rutin yang harus dibayar tiap bulan, sobat juga harus menyiapkan anggaran buat Down Payment (DP) sekitar 20 hingga 30 persen dari haga jual mobil. Jadi, kalkulasi lagi secara matang ya, sob.

 

Beli Mobil Sesuai Kebutuhan

 

Karena tujuan utamanya buat mudik bareng keluarga, maka pertimbangkan beli mobil jenis MPV yang punya kapasitas besar hingga 7 penumpang. Jangan sampai, hanya karena pertimbangan “yang penting beli” sobat malah mendapatkan mobil yang nggak sesuai kebutuhan dan kurang nyaman buat perjalanan jauh ke kampung halaman.

 

Perawatan Sederhana

 

Dengan punya mobil, artinya sobat juga sudah harus paham beberapa pengetahuan dasar tentang perawatan mobil. Jangan sampai ketika ada masalah pada komponen mobil, sobat malah kebingungan sendiri.

 

 

 

Seenggaknya, sobat paham bagaimana caranya menambah air radiator, mengganti aki, mengecek tekanan ban hingga bongkar pasang busi sendiri. Pemahaman mendasar ini mesti sobat kuasai, biar mobil nggak sering keluar masuk bengkel. Apalagi cuma karena hal sepele.

 

Merek Mobil

 

Kalau harus beli mobil buat mudik, pertimbangkan untuk memilih mobil dengan merek yang cukup dikenal ya, sob. Selain terpercaya soal kualitas, mobil dengan merek yang familiar juga lebih mudah mendapatkan suku cadangnya. Jadi nggak pusing kalau ada kerusakan pada komponen tertentu.

 

Nggak cuma itu, merek mobil keluaran produsen ternama juga didukung dengan jaringan bengkel resmi yang tersebar luas. Sehingga saat berada di luar kota, sobat nggak perlu was-was kalau ada kerusakan pada mobil yang nggak bisa ditangani sendiri.

 

Asuransi

 

Hal terakhir yang harus dipahami saat punya mobil  adalah asuransi, sob. Banyak pemilik mobil yang masih abai dengan hal ini. Padahal asuransi bisa memberi garansi kalau mobil sobat mengalami kerusakan hingga hal-hal buruk lain yang nggak diinginkan, seperti musibah kehilangan hingga kecelakaan.

 

Itulah beberapa hal penting yang perlu sobat pahami sebelum memutuskan beli mobil buat mudik. Padahal, kalau cuma dipakai buat mudik, masih banyak opsi yang bisa dipilih. Misalnya rental mobil lepas kunci.

 

 

 

Dengan layanan rental mobil, sobat nggak perlu lagi memusingkan beberapa hal tadi. Sobat tinggal pilih jenis mobil sesuai kebutuhan, dan tentuin sendiri durasi sewa sesuai keinginan.

 

Apalagi rental mobil di TRAC juga sudah termasuk dengan asuransi. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di jalan, sob. Sobat tinggal hubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Gimana, udah siap mudik bareng TRAC? Pesan rental mobil mudik sekarang di halaman reservasi website TRAC atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore dan Appstore ya, sob.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun mudiknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp