Jangan Lakukan Ini saat Mengendarai Mobil Matic
Jangan Lakukan Ini saat Mengendarai Mobil Matic
Jangan Lakukan Ini saat Mengendarai Mobil Matic

Tips

Jangan Lakukan Ini saat Mengendarai Mobil Matic

22 Juni 2024

Share

Sobat TRAC pasti paham dong, kalau mobil matic diciptakan dengan tujuan memudahkan penggunanya. Ketiadaan pedal kopling dan gigi perseneling, secara otomatis membuat pengemudi mobil terasa lebih santai saat berkendara.

 

Tapi meski nampak mudah, masih cukup banyak kesalahan yang sering dilakukan pengemudi saat mengoperasikannya, sob. Kalau dibiarkan, kesalahan-kesalahan ini lama kelamaan bisa menimbulkan masalah teknis serius pada mobil.

 

Disengaja ataupun tidak, nyatanya ada beberapa kesalahan yang umum yang sering dilakukan pengendara mobil matic. Untuk menjaga kondisi mobil tetap optimal, kamu perlu menghindari berbagai kesalahan berikut demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

 

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matic

 

Menggeber Mesin

 

Ada sebagian orang yang menggeber mesin (revving) sesaat sebelum melakukan perpindahan transmisi mobil mobil matic. Padahal itu sangat tidak disarankan, sob.

 

 

 

Kalau terlalu sering dilakukan, justru dapat memberikan efek buruk bagi komponen mesin karena gesekan komponen mesin menjadi lebih kuat dibandingkan yang seharusnya.

 

Posisi N di Jalan Menurun

 

Berikutnya adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat melintasi jalan menurun. Hal ini bisa mengakibatkan pasokan oli berkurang.

 

Kondisi itu membuat transmisi mobil tidak mendapatkan pelumasan yang cukup sehingga dapat berakibat buruk. Kalau terlalu sering dilakukan, bisa berdampak panjang dan menyebabkan keausan pada komponen.

 

Menginjak Pedal Gas Secara Mendadak

 

Selanjutnya adalah terlalu sering melakukan kick down alias menginjak pedal gas secara mendadak agar transmisi otomatis menurunkan gigi demi meraih akselerasi yang lebih responsif.

 

Dalam situasi tertentu, kick down memang dibutuhkan. Tapi, kalau terlalu sering dilakukan malah akan membuat boros bahan bakar dan keausan ban.

 

 

 

Meletakan Kaki Kiri di Pedal Rem

 

Berikutnya, membiarkan kaki kiri berada di atas pedal rem dalam waktu yang relatif lama. Mungkin terdengar aneh, tapi ada beberapa orang yang melakukannya.

 

Padahal untuk pengoperasian pedal rem dan pedal gas, cukup hanya dengan kaki kanan saja. Sedangkan kaki kiri pengemudi cukup disandarkan pada footrest tanpa perlu sedikitpun menekan pedal.

 

Memindahkan Transmisi ke Posisi P saat Mobil Belum Berhenti

 

Selanjutnya adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi P saat mobil belum benar-benar berhenti. Biasanya ini terjadi saat hendak memarkirkan mobil karena terburu-buru. Padahal, kondisi mobil masih sedikit bergerak tapi tanpa disadari pengemudi langsung memindahkan tuas ke posisi P.

 

Kalau sering dilakukan, tindakan ini akan membuat pin pengunci yang dimasukkan ke roda gigi pada bagian gearbox dapat mengalami kerusakan seperti patah.

 

Selain memahami cara pengoperasian yang benar, kamu juga wajib melakukan perawatan transmisi mobil matic secara berkala sesuai petunjuk pabrik agar kinerjanya selalu dalam kondisi bagus.

 

Tapi kalau nggak mau repot dengan urusan perawatan mobil, buat mobilitas sehari-hari, rental mobil bisa jadi solusi. Kamu bisa rental mobil di TRAC yang sudah sangat dikenal reputasinya di industri sewa kendaraan dengan pengalaman lebih dari 37 tahun. 

 

 

 

Lebih Praktis Rental Mobil di TRAC

 

TRAC selalu bisa jadi solusi atas setiap kebutuhan transportasi, baik untuk kebutuhan perusahaan maupun personal. Kamu bisa rental mobil di TRAC secara harian atau jangka panjang dengan jaminan armada mobil yang terawat dan pastinya aman serta nyaman digunakan.

 

Selain itu, pilihan mobilnya juga beragam, mulai dari MPV, SUV, LCGC hingga Premium Car yang bisa disewa lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Apalagi rental mobil TRAC juga sudah dilengkapi dengan asuransi dan roadside assistance. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di perjalanan mudik, sob.

 

Sobat tinggal menghubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Pesan rental mobil sekarang dengan mudah di halaman reservasi website TRAC atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore dan Appstore. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership juga ya sob, untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp