Jangan Langsung Komplain Kalau Mobil Rental Mogok
Jangan Langsung Komplain Kalau Mobil Rental Mogok
Jangan Langsung Komplain Kalau Mobil Rental Mogok

Tips

Jangan Langsung Komplain Kalau Mobil Rental Mogok

18 Agustus 2023

Share

Mogok di perjalanan tentu bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Meski kecil kemungkinannya namun hal ini bisa saja terjadi saat berkendara, baik menggunakan mobil pribadi maupun rental mobil. Tetap tenang dan jangan panik, terutama jika mobil rental mogok secara tiba-tiba.

 

TRAC akan memberikan beberapa tips yang bisa sobat lakukan saat terjebak dalam situasi tidak menyenangkan ini. Terlebih jika sobat menggunakan layanan rental mobil lepas kunci.

 

Tips Jika Mobil Rental Mogok

 

Cek radiator

 

Overheating alias suhu mesin yang terlalu tinggi paling sering menjadi masalah yang menyebabkan mobil mogok tiba-tiba. Jika mobil mengalami Overheating biasanya ada lampu indikator pada bagian dashboard yang menyala.

 

Sebaiknya Sobat TRAC tidak mengabaikan peringatan tersebut. Menepilah sejenak untuk menurunkan suhu dan melakukan pengecekan pada radiator. 

 

 

 

Pastikan kadar cairan pendingin cukup dan tidak ada kebocoran. Jika sobat memaksakan perjalanan maka bukan tak mungkin mobil akan tiba-tiba mogok di tengah jalan dan berpotensi menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

 

Periksa Aki Mobil

 

Aki merupakan sumber kelistrikan pada mobil. Nah, aki yang lemah seringkali menjadi penyebab mobil mogok. Pastikan aki dalam kondisi baik dan kabel-kabelnya terhubung dengan benar.

 

Jika menggunakan aki basah, tak ada salahnya melakukan pengecekan terhadap air aki. Saat aki bermasalah, mobil tidak akan bisa dihidupkan bahkan beberapa bagian yang memerlukan sumber listrik pun akan terganggu. Seperti sistem audio, jendela, lampu dan kunci jarak jauh.

 

Perhatikan kondisi oli mesin

 

Masalah lain yang sering kali menjadi penyebab mobil mogok adalah kondisi oli mesin yang hampir habis atau bahkan habis. Sobat TRAC bisa melakukan pengecekan manual dengan cara membuka kap mobil dan mencari dipstick oli. Bersihkan dipstick oli dengan cara mengelapnya, kembalikan ke tempat semula dan tarik kembali. 

 

Perhatikan kondisi oli pada dipstick. Pastikan oli berada diantara garis low dan high. Jika oli mendekati garis bawah (low) artinya kapasitas oli berkurang dan harus ditambah. Kemungkinan lainnya oli mesin bocor atau terdapat rembesan oli di sekitar mesin.

 

 

 

Perhatikan juga warna oli yang menempel, bila warnanya sudah pekat maka harus segera lakukan penggantian oli. Jika ada masalah dengan oli, sering kali akan tercium bau oli terbakar yang cukup menyengat saat membuka kap mobil.

 

Selain tiga bagian penting yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa bagian lain yang bisa menjadi penyebab mobil mogok. Seperti busi yang kotor atau tali kipas yang putus.

 

Apabila merasa ada yang tak beres dengan kondisi mobil saat di tengah perjalanan, segera menepi dan lakukan pengecekan. Jangan lupa pasang segitiga pengaman setidaknya 5 meter dari posisi mobil berhenti. Jika memungkinkan, nyalakan lampu hazard untuk memberitahukan bahwa mobil sobat sedang mengalami masalah darurat.

 

Pilih Rental Mobil yang Aman

 

Terjebak pada kondisi mogok di tengah perjalanan tentu menyebalkan, apalagi saat menggunakan mobil rental. Sobat mesti memilih layanan rental mobil yang profesional dan berkomitmen melakukan perawatan pada armadanya. Agar terhindar dari masalah-masalah teknis seperti itu, TRAC tentu jadi pilihan yang tepat. 

 

Tak hanya memiliki bermacam jenis kendaraan yang akan mendukung kebutuhan, TRAC juga berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik. Agar Sobat TRAC bisa melakukan perjalanan dengan mulus dan tenang, TRAC selalu menghadirkan armada terbaiknya. 

 

 

 

TRAC konsisten melakukan perawatan berkala bagi setiap armadanya sehingga makin memperkecil kemungkinan Sobat TRAC terjebak dalam bencana mogok di tengah perjalanan.

 

Jika kejadian-kejadian kurang mengenakan terjadi saat menggunakan layanan rental mobil dari TRAC, sobat bisa menghubungi Customer Assistance Center (CAC) di 1500 009.

 

Dukungan Customer Assistance Center ini bisa Sobat TRAC hubungi selama 24 jam dan 7 hari seminggu. Jelaskan masalah yang terjadi termasuk kondisi setelah melakukan pengecekan, tim CAC akan membantu Anda dengan segera mengirimkan bantuan.

 

Selain didukung oleh 22 kantor cabang, TRAC juga telah bekerjasama dengan puluhan bengkel rekanan yang tersebar di berbagai kota. 

 

Pesan layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC melalui aplikasi TRACtoGo yang bisa diunduh melalui Google Playstore maupun Apple App Store. Pilih waktu dan durasi penggunaan serta jenis kendaraan yang diinginkan.

 

Jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi perjalanan hingga promo dan penawaran menari dari TRAC. 

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp