• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Jangan Mati Gaya, Lakukan Kegiatan Ini Saat Liburan Nyepi Di Bali

12 Jangan Mati Gaya, Lakukan Kegiatan Ini Saat Liburan Nyepi Di Bali.jpg
12 Jangan Mati Gaya, Lakukan Kegiatan Ini Saat Liburan Nyepi Di Bali.jpg
12 Jangan Mati Gaya, Lakukan Kegiatan Ini Saat Liburan Nyepi Di Bali.jpg

Tips

Jangan Mati Gaya, Lakukan Kegiatan Ini Saat Liburan Nyepi Di Bali

21 Maret 2023

Share

Bicara soal Bali, yang akan teringat pasti sebuah pulau dengan segudang destinasi wisata. Dianugerahi keindahan alam yang menakjubkan, ada banyak pilihan lokasi wisata di Bali yang tak akan ada habisnya untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, gunung, hingga kekayaan budayanya yang luhur.

 

Bahkan saking populernya, banyak turis mancanegara yang justru lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia sendiri. Hingga di tahun 2017, salah satu situs pariwisata terkenal, Tripadvisor menobatkan Bali sebagai The World’s Best Destination with Travelers Choice.

 

Maka tak heran, saat merencanakan agenda liburan domestik banyak orang yang akan memasukan Bali dalam daftar teratas untuk dikunjungi. Selain punya banyak destinasi yang cantik, Bali juga dikenal punya beragam perayaan identik yang menarik untuk dinanti.

 

Salah satunya peringatan hari raya Nyepi yang jatuh esok hari. Banyak wisatawan yang memilih berlibur menjelang Nyepi, agar bisa melihat secara langsung berbagai kegiatan yang digelar beberapa hari sebelum peringatan hari suci bagi umat Hindu tersebut.

 

 

 

Dimana biasanya akan digelar serangkaian kegiatan peribadatan yang dilakukan oleh penduduk setempat Bali sesuai dengan adat dan tradisi yang telah berlangsung lama. Seperti Upacara Melasti, Tawur Kesanga, Pengrupukan atau Mecaru hingga Ngembak Geni.

 

Meski saat Nyepi Bali akan menjadi sunyi, Sobat TRAC tidak boleh mati gaya. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat menikmati sensasi liburan Nyepi di Bali.

 

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Nyepi Di Bali

 

Menyaksikan Pawai Ogoh-Ogoh

 

Sehari jelang Nyepi, masyarakat Bali akan menggelar Pengrupukan atau Mecaru yang tujuannya untuk mengusir setiap bala atau kejahatan dari daerah tersebut. Upacara ini biasanya digelar saat sore menjelang malam hari dengan salah satu ritualnya yang cukup terkenal, yakni pawai ogoh-ogoh.

 

 

 

Ogoh-ogoh sendiri merupakan sebuah patung berukuran besar yang dianalogikan sebagai Buta Kala, makhluk mitologis Bali yang identik dengan aura kejahatan. Dalam pawai ini, ogoh-ogoh akan diarak mengelilingi beberapa ruas jalan, hingga akhirnya di bakar.

 

Hampir setiap daerah di Bali akan melaksanakan pawai ogoh-ogoh. Namun, Sobat TRAC bisa mengunjungi kawasan Kuta atau Ubud untuk menyaksikan pawai ogoh-ogoh yang lebih meriah. Biasanya beberapa jam jelang ogoh-ogoh di arak, ribuan orang sudah memadati beberapa ruas jalan yang jadi rute arak-arakan tersebut.

 

Membaca Buku dan Marathon Film

 

Saat hari raya Nyepi, semua kegiatan di Bali akan otomatis di hentikan. Seperti lokasi wisata yang ditutup, hingga bandara yang akan berhenti beroperasi untuk sementara waktu. Alhasil, suasana di Bali akan terasa benar-benar sunyi dari hiruk-pikuk dari aktivitas manusia.

 

Biar tidak mati gaya di tempat penginapan, Sobat TRAC bisa memanfaatkan momen Nyepi untuk membaca berbagai buku favorit yang sempat dilupakan.

 

 

 

Atau menonton film-film favorit selama seharian penuh sebagai hiburan. Tenang, saat Nyepi listrik dan internet di penginapan masih diijinkan untuk tetap menyala.

 

Memanfaatkan Fasilitas Penginapan

 

Jika membaca buku malah justru membuat ngantuk dan nonton film malah jadi bosan, Sobat TRAC bisa lakukan pelarian dengan memanfaatkan berbagai fasilitas tempat penginapan yang tersedia. Seperti berenang, olahraga di gym, hingga mengembalikan kebugaran dengan SPA.

 

Lihat Bintang Dengan Mata Telanjang

 

Karena semua aktivitas terhenti, saat hari raya Nyepi kondisi udara di Bali akan terasa lebih segar dan jauh dari polusi. Kondisi tersebut dianggap sebagai saat yang tepat untuk melihat langsung kerlap-kerlip bintang saat malam.

 

 

 

Karena saat udara lebih bersih, keindahan bintang bisa dilihat hanya dengan mata telanjang. Momen itu tentu akan kesempatan langka sekaligus romantis yang bisa Sobat TRAC nikmati bersama orang-orang tersayang. Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik, coba naik ke rooftop hotel dan saksikan indahnya kerlap-kerlip bintang yang seakan saling bersahutan.

 

Ikut Tradisi Omed-Omedan

 

Menutup perayaan Nyepi, masyarakat Bali akan menggelar ritual Ngembak Geni sebagai penanda berakhirnya rangkaian ritual adat hari suci Nyepi. Dalam ritual Ngembak Geni adalah ada satu tradisi yang menarik untuk disaksikan, yakni Omed-Omedan atau yang berarti tarik-tarikan.

 

Tradisi ini dilakukan oleh dua kelompok muda-mudi berusia 17 hingga 30 tahun dan biasa digelar di desa Sesetan, Denpasar.

 

 

 

Dalam prosesnya, kedua kelompok tersebut akan saling tarik-menarik, menyiram air, hingga berciuman. Entah dari mana asal-usul tradisi tersebut berada, yang pasti tujuannya untuk memperkuat perasaan kasih antara warga.

 

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan Nyepi di Bali. Jangan lupa untuk membuat daftar destinasi yang dikunjungi, agar saat Nyepi selesai bisa langsung tancap gas!

 

Untuk menjelajahi keragaman destinasi wisata Bali, sebaiknya gunakan layanan rental mobil agar perjalanan semakin nyaman dan aman. Sobat TRAC bisa manfaatkan layanan rental mobil Bali baik untuk rental mobil lepas kunci maupun rental mobil dengan pengemudi.

 

TRAC akan senantiasa melayani berbagai kebutuhan mobilitas Sobat TRAC selama berada di Bali untuk menjelajahi kenikmatan akan citarasa kulinernya.

 

 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp