https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-278-09 Ketahui 3 Hal Penting Sebelum Membuka Usaha Kuliner (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-278-09 Ketahui 3 Hal Penting Sebelum Membuka Usaha Kuliner (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/thumbnail-278-09 Ketahui 3 Hal Penting Sebelum Membuka Usaha Kuliner (1).jpg

Tips

Ketahui Hal Penting Sebelum Membuka Usaha Kuliner

24 Maret 2022

Share

Usaha kuliner bisa dibilang menjadi salah satu usaha yang sedang naik daun belakangan ini baik usaha rumahan hingga waralaba. Setiap hari seolah ada saja gerai makanan dan minuman yang melakukan pembukaan atau peluncuran menu baru, menjadikan bidang usaha ini sebagai bidang yang dinamis namun dengan persaingan yang ketat.

 

Jika Anda tertarik membuka usaha di bidang kuliner, modal jago memasak saja tentu tak cukup. Anda harus memiliki beberapa pertimbangan agar usaha kuliner ini bisa diterima oleh pasar dan tentu sukses mendatangkan keuntungan. 

 

 

Berikut 4 hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha kuliner

 

1. Tentukan target pasar 

Langkah pertama ini dapat mempengaruhi banyak hal mulai dari menu makanan, bahan baku hingga lokasi dan metode penjualan. Jika Anda sudah memiliki calon menu yang akan menjadi andalan, pastikan menu tersebut cocok dengan target pasar yang anda bidik.

 

Anda juga bisa melakukan beberapa penelitian sederhana seperti mengamati kompetitor hingga melakukan survei langsung pada calon pelanggan. Dengan mengetahui segmen pelanggan, Anda akan lebih mudah melakukan penghitungan harga, penggunaan tingkatan bahan baku hingga kemudahan merancang konten promosi dan berkomunikasi dengan pelanggan.

 

 

 

2. Pastikan pasokan barang dan bahan selalu aman

Setelah mengetahui target pasar dan mengkalkulasi budget yang diperlukan maka saatnya mencari bahan baku bagi menu-menu yang akan dijual. Jika pilihan Anda jatuh pada usaha waralaba tentu hal ini bukan menjadi masalah besar, namun jika Anda harus mengurus semuanya sendiri maka pastikan bahan baku yang akan digunakan bisa dengan mudah dibeli di pasaran.

 

Untuk skala menengah dan besar, Anda bisa langsung membeli barang melalui distributor. Sedangkan untuk usaha kecil, Anda bisa mendata beberapa toko sekaligus untuk mendapatkan bahan dengan merk yang Anda gunakan. Pertimbangkan juga beberapa alternatif substitusi merk untuk jaga-jaga jika ada bahan yang hilang di pasaran, namun pastikan tidak akan mengubah rasa dari menu-menu Anda ya!

 

 

3. Konsisten jadi kunci utama membuka usaha kuliner

Memasak adalah hal yang sangat personal, bukan tak mungkin Anda akan tergerak untuk melakukan improvisasi pada menu-menu yang telah di buat. Dalam dunia usaha kuliner, sebaiknya Anda memiliki takaran yang pas dan bahan yang konsisten untuk setiap menu yang dibuat sehingga pelanggan akan mengenal rasa “standar” dari masakan Anda. Mau menjalankan usaha dengan hanya 1 atau 2 menu maupun sekaligus puluhan menu sebenarnya adalah hak Anda sebagai pengusaha, namun pastikan jangan sampai ada menu yang hilang-timbul karena anda terlalu banyak improvisasi. 

 

Anda juga harus konsisten pada jam operasional. Nantinya Anda mungkin akan mengalami hari-hari sepi pelanggan, jangan cepat menyerah dan sebaiknya tetap beroperasi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Untuk mendapatkan penjualan yang maksimal, jangan lupa untuk konsisten melakukan pemasaran terutama melalui platform digital yang bisa menjangkau banyak orang.

 

 

4. Tentukan cara penjualan

Jangan lupa untuk tentukan saluran penjualan. Jika telah memiliki tempat usaha Anda bisa melakukan penjualan langsung dengan bentuk restoran, kedai maupun gerai makanan. Jangan lupa untuk memperhatikan lokasinya ya! Anda juga bisa menambahkan opsi pengantaran/ delivery jika memungkinkan.

 

Cara lain yang banyak digunakan adalah melalui dengan platform digital. Cara ini sangat cocok untuk usaha rintisan yang dilakukan dari rumah. Anda tak perlu memiliki restoran dengan banyak tempat duduk, yang anda perlukan adalah ponsel yang selalu siap kapan saja menerima order.

 

Pertama kali membuka bisnis kuliner Anda tentu akan disibukan dengan banyak urusan. Anda bisa mendelegasikan beberapa pekerjaan pada pihak-pihak yang telah berpengalaman di bidangnya, seperti TRAC yang telah berpuluh-puluh tahun dipercaya dalam urusan transportasi dan logistik bagi berbagai perusahaan.

 

Anda bisa fokus pada usaha baru Anda dan menyerahkan keperluan pengangkutan pada TRAC, tentunya dijamin bebas ribet! Tak hanya mobil penumpang, TRAC juga menyediakan sewa mobil angkutan barang dengan berbagai ukuran mulai dari pick up, mobil box hingga truk, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. 

 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp