Matiin AC Mobil Bikin Irit Bensin, Apa Iya?
Matiin AC Mobil Bikin Irit Bensin, Apa Iya?
Matiin AC Mobil Bikin Irit Bensin, Apa Iya?

Tips

Matiin AC Mobil Bikin Irit Bensin, Apa Iya?

22 April 2024

Share

Sobat TRAC pasti pernah dengar dong anggapan yang bilang kalau mematikan AC mobil bisa menghemat BBM? nggak salah memang, sebab mematikan AC mobil bisa berpengaruh pada konsumsi BBM terutama di jalanan yang macet. Tapi ternyata itu cuma berlaku pada mobil keluaran lawas dengan kapasitas mesin besar.

 

Pada mobil keluaran terbaru, baik dengan volume mesin besar maupun kecil, upaya itu upaya itu ternyata nggak berpengaruh sama sekali, sob. Sebab, mobil-mobil terkini sudah dibekali sejumlah teknologi untuk memaksimalkan efisiensi BBM.

 

Apalagi pada mobil tahun muda atau berusia di bawah 10 tahun, terlalu sering mematikan dan menghidupkan AC mobil malah justru berpotensi bikin konsumsi BBM jadi lebih boros. Nah, biar lebih paham simak penjelasan selengkapnya dibawah, sob.

 

Cara Kerja AC Mobil

 

Komponen AC mobil punya dua sensor, yaitu sensor udara luar dan sensor udara dalam kabin. Saat AC diatur pada suhu 18 derajat Celcius dan udara di luar kendaraan sangat panas, ECU (Electronic Control Unit) akan selalu mengaktifkan kompresor agar suhu dalam kabin mencapai angka tersebut.

 

 

 

Pada mobil tahun muda, biasanya sistem AC sudah otomatis sehingga tidak perlu repot mengatur suhu, karena ECU dapat membaca pengaturan ideal dengan membandingkan suhu di luar mobil.

 

Namun, pada pada mobil produksi lawas yang belum dilengkapi pengaturan suhu otomatis, disarankan untuk mengatur suhu AC pada angka 25 derajat Celcius.

 

Suhu ini dianggap ideal karena tidak terlalu jauh berbeda dengan suhu di luar mobil, dimana suhu rata-rata Indonesia adalah 30 derajat Celcius, sob.

 

Perbedaan suhu yang tidak terlalu jauh antara di luar dan dalam mobil ini akan membuat kerja kompresor jadi lebih ringan. Saat suhu di dalam mobil sudah mendekati 25 derajat, maka sistem akan memutus kerja kompresor. Hal itu bisa membantu menghemat BBM secara signifikan.

 

Sebaliknya pada mobil berusia lebih dari 15 tahun dan berkapasitas mesin besar, mematikan AC memang bisa menghemat BBM karena belum dilengkapi teknologi AC otomatis yang dapat menekan konsumsi BBM.

 

Sehingga dengan mematikan AC, kinerja mesin jadi lebih ringan dan lebih menghemat bahan bakar, meski tidak terlalu signifikan.

 

Teknologi AC Mobil yang Bikin Irit BBM

 

Meski begitu, masih ada banyak pertanyaan tentang teknologi apa yang diterapkan pada mobil terkini sehingga bisa menekan konsumsi BBM walau menggunakan AC secara terus menerus? Jawabannya teknologi pada mesin dengan penggunaan teknologi variable valve timing.

 

 

 

Seperti teknologi VVT-i pada Toyota, VTEC pada Honda serta CVTC pada Nissan. Teknologi ini akan mengatur bukaan katup mesin secara variatif sehingga didapatkan sebaran tenaga yang lebih merata dari putaran mesin rendah hingga tinggi.

 

Selain variable valve timing, teknologi throttle by wire juga membantu efisiensi BBM. Sistem ini meniadakan peran kabel gas dan menggantinya dengan sistem yang diatur secara elektronis.

 

Dengan begitu, pergerakan throttle atau sering disebut skep bukan semata-mata berdasarkan injakan pedal gas, melainkan kebutuhan udara di mesin. Teknologi direct injection juga membantu efisiensi.

 

Berkat posisi injektor yang berada dalam ruang bakar, pengabutan bahan bakar bisa lebih sempurna dan meminimalkan bahan bakar yang tidak terbakar.

 

Nah, jadi itu tadi sob penjelasan singkat tentang performa ac mobil dan konsumsi BBM. Jadi paham ya kalau terlalu sering mematikan ac mobil ternyata nggak ngaruh buat bikin bbm lebih irit. Yang ada malah bikin gerah kabin mobil.

 

 

 

Lebih Praktis Rental Mobil di TRAC

 

Kalau mau lebih praktis saat bepergian dengan mobil terbaru, sobat bisa rental mobil di TRAC karena setiap armada mobil terawat dan pastinya aman serta nyaman digunakan.

 

Selain itu, pilihan mobilnya juga beragam, mulai dari MPV, SUV, LCGC hingga Premium Car yang bisa disewa lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Apalagi rental mobil TRAC juga sudah dilengkapi dengan asuransi dan roadside assistance. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di perjalanan mudik, sob.

 

Sobat tinggal menghubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Pesan rental mobil sekarang dengan mudah di halaman reservasi website TRAC atau bisa juga melalui aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore dan Appstore. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership juga ya sob, untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun mudiknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp