Perawatan Mobil yang Mesti Dilakukan Setelah Mudik
Perawatan Mobil yang Mesti Dilakukan Setelah Mudik
Perawatan Mobil yang Mesti Dilakukan Setelah Mudik

Tips

Perawatan Mobil yang Mesti Dilakukan Setelah Mudik

07 Mei 2024

Share

Siapa nih sobat TRAC yang mudik pakai mobil pribadi? Setelah melakukan perjalanan jauh antar kota saat mudik kemarin, jangan lupa untuk melakukan perawatan mobil Sob!

 

Selama bepergian, mobil yang digunakan pasti sudah bekerja keras apalagi kalau menempuh jarak yang jauh. Untuk itu luangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan ulang dan perawatan interior agar mobil tetap nyaman. 

 

Berikut tips perawatan mobil yang harus dilakukan setelah mudik dan perjalanan jauh. Meski terkesan simple dan sepele, sebaiknya sobat nggak mengabaikan perawatan mobil setelah penggunaan jarak jauh.

 

Tips Perawatan Mobil Setelah Mudik

 

Cuci mobil untuk pengecekan eksterior

 

Saat melakukan perjalanan jauh, sudah pasti bagian eksterior mobil akan terkena debu dan kotoran. Sobat bisa mencuci sendiri mobil yang telah digunakan atau membawanya ke tempat cuci mobil terdekat. 

 

 

 

Sobat nggak perlu terburu-buru mencucinya saat tiba di rumah, biarkan sejenak agar mesin dan sistem pengereman menjadi dingin. Tapi, jangan biarkan berlarut-larut juga ya! Karena kotoran yang menempel terlalu lama dapat merusak cat mobil.

 

Dengan membersihkan sisi luar mobil, sobat jadi bisa mengetahui apakah ada lecet atau bagian yang tergores selama perjalanan mudik kemarin.

 

Untuk bagian eksterior, jangan mengabaikan perawatan kaca ya, sob. Noda air (water spot) yang tertinggal setelah hujan bisa membuat kaca kusam dan buram apabila nggak cepat-cepat ditangani, begitu pun dengan jamur kaca.

 

Gunakan cairan pembersih dan anti jamur kaca bila diperlukan. Sobat juga bisa melakukan perawatan lanjut dengan cara poles kaca dan poles body.

 

Perawatan interior biar kabin makin nyaman

 

Nggak bisa dipungkiri, saat melakukan perjalanan jauh, sobat pasti sering makan atau ngemil di dalam mobil kan?. Hal ini tentu akan meninggalkan sisa-sisa makanan yang berserakan. Segera bersihkan interior mobil ya, sob biar nggak mengundang serangga. 

 

 

 

Saat tiba di rumah, sobat bisa melakukan pembersihan menyeluruh pada interior mobil dengan menggunakan penyedot debu. Pastikan Sobat membersihkannya hingga sela-sela.

 

Apabila ada tumpahan di jok, sobat juga bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna untuk jok kain atau kombinasi air dan sabun untuk jok dengan material kulit. 

 

Jangan lupa bersihkan lapisan karpet dan karpet dasar terutama kalau sobat sempat becek-becekan. Bersihkan karpet pelapis dengan cara melepaskan dan mencucinya, jemur atau lap hingga benar-benar kering.

 

Lakukan juga pembersihan karpet dasar dengan penyedot debu dan bila diperlukan sobat bisa menggunakan cairan pembersih untuk kotoran yang membandel.

 

Periksa kondisi ban dan kaki-kaki

 

Coba ingat-ingat lagi kondisi ban mobil sebelum pergi. Perjalanan tentu akan mempengaruhi kondisi ban mulai dari tekanan angin yang berkurang, keausan bahkan bocor.

 

Apabila ban mobil mulai aus, botak atau sempat mengalami kebocoran yang parah sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Kondisi ban yang kurang baik, sangat berbahaya di jalan.

 

Nggak cuma kondisi fisik ban, cek juga kinerja roda dan lakukan spooring dan balancing. Secara sederhana spooring adalah penyesuaian sudut kemiringan roda dan balancing merupakan penyesuaian berat pada roda agar terbagi secara merata.

 

 

 

Bagian lain yang seringkali terlewatkan saat perawatan mobil namun penting adalah pengecekan kaki-kaki. Selama perjalanan kaki-kaki akan bekerja menopang mobil, apalagi jika mobil mu diisi banyak orang dan barang atau sering melewati jalanan yang rusak. 

 

Cek mesin saat servis mobil

 

Sobat mungkin sudah melakukan servis berkala untuk menunjang performa mesin sebelum pergi, tapi tak ada salahnya juga untuk melakukan pengecekan ulang beberapa bagian mesin setelah perjalanan jauh.

 

Periksa oli mesin secara berkala untuk memastikan oli masih dalam level kekentalan yang tepat. Lakukan juga pemeriksaan pada busi dan saringan udara, jika diperlukan lakukan pembersihan agar dapat berfungsi dengan baik.

 

Jangan lupakan aki dan sistem kelistrikan, termasuk kondisi lampu. Segera ganti lampu jika ada yang putus atau mati. Isi air aki jika dirasa berkurang, atau kuras aki apa bila diperlukan.

 

Perawatan pada sistem pengereman juga tak boleh tertinggal, pastikan semua rem masih berfungsi dengan baik dan minyak rem berada pada batas aman.

 

Kalau selama perjalanan kemarin mobil sering kali mendadak mati, coba deh sobat ingat-ingat kembali kapan terakhir kali mobil mu tune up.

 

Servis mobil secara berkala sangat diperlukan untuk menjaga performa mobil agar tetap bertenaga dan stabil. Lakukan tune up di bengkel resmi yang terpercaya ya!

 

 

 

Roadtrip anti ribet dengan rental mobil TRAC

 

Wah ternyata banyak juga perawatan mobil yang harus dilakukan setelah perjalanan panjang. Buat perjalananmu jadi perjalanan yang anti ribet dengan rental mobil dari TRAC. Bebaskan diri dari kewajiban melakukan perawatan mobil yang tak hanya menghabiskan dana tapi juga waktu dan tenaga.

 

Gunakan rental mobil lepas kunci dari TRAC untuk perjalanan senyaman menggunakan kendaraan pribadi. TRAC selalu melakukan pengecekan dan perawatan pada setiap armada yang akan bertugas, jadi Sobat tak perlu repot melakukan servis mobil sebelum dan sesudah bepergian.

 

 

Pilih sendiri jenis armada yang akan digunakan melalui aplikasi TRACtoGo maupun halaman reservasi yang ada di website TRAC.

 

Pilih kendaraan favorit Sobat mulai dari city car, mobil keluarga hingga SUV yang gagah. Di aplikasi tersebut, Sobat juga bisa menentukan sendiri durasi dan waktu pemakaian.

 

Download dan instal aplikasi TRACtoGo langsung di Google Playstore atau Apple Appstore dan rasakan sendiri berbagai layanan TRAC.

 

Lewat aplikasi ini sobat bisa melakukan reservasi rental mobil lepas kunci atau rental mobil dengan pengemudi, ada juga layanan sewa bus pariwisata, antar-jemput airport serta paket wisata yang bisa sobat TRAC coba.

 

Oh iya, selama bulan Mei ini ada promo Silaturahmi bareng TRAC untuk penggunaan rental mobil. Penawaran menarik ini cocok banget untuk Sobat yang mau melakukan roadtrip sambil bersilaturahmi pada keluarga maupun sahabat yang terpisah jarak. 

 

 

 

Gunakan kode promo TRACSILAHTURAHMISD saat melakukan pemesanan rental mobil lepas kunci di aplikasi TRACtoGo dan dapatkan potongan Rp150.000 per hari.

 

Buat sobat yang mau menggunakan layanan rental mobil dengan pengemudi, maka kamu bisa menggunakan kode TRACSILAHTURAHMIWD untuk potongan harga Rp250.000 per transaksi. 

 

Ingat, promo hanya berlaku untuk pemesanan di aplikasi TRACtoGo sebelum 31 Mei 2024 dan berlaku di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, serta Surabaya. Untuk keterangan lebih lanjut, cek banner di bawah ini.

 

BANNER THUMBNAIL - TRAC SALETURAHMI.jpg

 

Mau dapat bocoran promo lainnya? Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Tak hanya informasi menarik seputar layanan TRAC, Sobat juga bisa mendapatkan berbagai tips seputar perjalanan serta rekomendasi destinasi wisata yang super seru. 

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp