• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Pertimbangkan 3 Hal ini Saat akan Membeli Mobil Operasional Perusahaan

06 xx Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat akan Membeli Mobil Operasional (2).webp
06 xx Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat akan Membeli Mobil Operasional (2).webp
06 xx Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat akan Membeli Mobil Operasional (2).webp

Tips

Pertimbangkan 3 Hal ini Saat akan Membeli Mobil Operasional Perusahaan

18 November 2022

Share

Kendaraan menjadi salah satu kebutuhan yang krusial bagi operasional perusahaan terlebih jika Anda membutuhkan pengantaran barang, antar-jemput karyawan, mobilitas tim manajemen dan banyak hal lain. Tak sedikit perusahaan yang mempertimbangkan pembelian mobil operasional, bahkan termasuk perusahaan yang baru saja berkembang. 


 

Membeli kendaraan untuk operasional untuk perusahaan bisa dibilang adalah salah satu investasi, namun pastikan pembelian yang dilakukan telah melewati berbagai perhitungan.  Berikut 3 hal yang harus Anda perimbangkan sebelum membeli mobil operasional perusahaan.


 

 

3 poin yang harus menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil operasional untuk perusahaan.



 

1. Biaya Pajak Tahunan

Saat membeli mobil, pastikan Anda sudah mempertimbangkan biaya pajak tahunan termasuk biaya pembuatan surat-surat pendukung kendaraan seperti pembuatan STNK dan BPKB. Apalagi biasanya mobil operational yang dibeli lebih dari satu unit, tentunya hal ini bisa menjadi pengeluaran ekstra bagi sebuah perusahaan setiap tahunnya.

 

Untuk mobil angkutan barang komersial, wajib juga dilengkapi dengan surat tanda uji berkala atau yang dikenal dengan Kir/Keur. Uji berkala ini dilakukan setiap enam bulan sekali dengan tujuan menjamin kelayakan kendaraan saat dioperasikan di jalan raya.Tentu saja, ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk uji berkala ini.


 

2. Siapkan Dana Untuk Perawatan Berkala

Sama seperti saat membeli kendaraan pribadi, membeli kendaraan operasional untuk perusahaan juga harus mempertimbangkan biaya perawatan atau servis berkala. Semakin sering kendaraan digunakan, semakin banyak juga ‘kilometer’ yang tercatat maka sebaiknya semakin sering juga servis berkala dilakukan. Untuk mempertahankan performa kendaraan operasional perusahaan  Anda, sebaiknya jangan mengabaikan servis berkala ya!


 

 

3. Lindungi Mobil Operasional Dengan Asuransi

Lengkapi mobil operasional perusahaan Anda dengan perlindungan asuransi kendaraan yang terpercaya. Perlindungan asuransi akan meminimalisir kerugian dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kehilangan.

 

Jika Anda membeli kendaraan lewat leasing, biasanya kendaraan Anda secara otomatis telah dilengkapi dengan asuransi baik, sekadar Total Loss Only (TLO) maupun perlindungan lengkap dalam all risk. Sebaiknya tanyakan kembali kepada pihak leasing. Sedangkan jika pembelian dilakukan secara cash, biasanya Anda harus mengurus dan memilih sendiri asuransi yang akan digunakan.  

 

Membeli mobil operasional memang bukan perkara mudah, karena hal tersebut layaknya komitmen jangka panjang dari sisi penggunaannya, belum lagi besaran dana yang harus dipersiapkan. Oleh karena itu pembelian mobil operasional sebisa mungkin harus memberikan manfaat yang besar kepada perusahaan.

 

Selain melalui pembelian, pengadaan mobil operasional juga bisa dilakukan dengan metode sewa. Sewa mobil perusahaan ini sangat cocok bagi perusahaan baru maupun perusahaan lama yang ingin mendapatkan manfaat mobil operasional tanpa mengeluarkan banyak dana untuk membelinya. 

 

Untuk urusan sewa mobil bagi perusahaan, layanan TRAC Corporate Car Rental selalu bisa diandalkan. TRAC menyediakan berbagai jenis armada untuk mendukung kebutuhan rental mobil perusahaan, mulai dari mobil penumpang, mobil niaga hingga bus dengan berbagai ukuran. Tak hanya itu, ada pula layanan sewa motor untuk keperluan perusahaan.

 

Dengan sewa mobil, Anda akan terbebas dari kegiatan-kegiatan yang akan menguras waktu, energi dan budget seperti pengurusan surat-surat hingga perawatan berkala. Seluruh Armada di TRAC rutin melakukan perawatan, Anda juga mendapatkan garansi penggantian unit jika armada yang digunakan bermasalah. 

 

Sebagai informasi tambahan, TRAC telah melayani lebih dari 3.000 korporasi di berbagai kota di Indonesia dengan lebih dari 30.000 armada yang dikelola. Untuk informasi lebih lanjut terkait TRAC Corporate Service, Anda bisa menghubungi Kantor Cabang TRAC terdekat atau menghubungi Customer Assistance Center di 1500009.

 

Untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp