Poin Penting Memilih Bus yang Nyaman Untuk Field Trip
Poin Penting Memilih Bus yang Nyaman Untuk Field Trip
Poin Penting Memilih Bus yang Nyaman Untuk Field Trip

Tips

Poin Penting Memilih Bus yang Nyaman Untuk Field Trip

15 Mei 2023

Share

Memilih bus yang nyaman untuk field trip tidak boleh sembarangan. Apalagi, menjelang libur panjang kenaikan kelas memang biasanya banyak sekolah yang akan menggelar field trip maupun study tour sebagai salah satu kegiatan penutup tahun ajaran.

 

Tak jarang, kegiatan ini pun dijadikan ajang perpisahan terutama apabila siswa akan berpindah kelas di tahun berikutnya. 

 

Tak hanya bisa memberikan pengalaman baru, field trip seringkali dianggap jadi ajang yang bisa meningkatkan keakraban antar siswa. Bahkan juga antara siswa dengan guru, serta orang tua dengan pihak sekolah.

 

Untuk tingkatan pendidikan seperti SD dan TK, biasanya orang tua juga akan dilibatkan dalam pelaksanaan field trip dan tak jarang ikut berperan dalam pelaksanaan kegiatan. 

 

Karena akan melibatkan banyak orang, itulah sebabnya bus wisata selalu menjadi pilihan sarana transportasi saat akan penyelenggaraan field trip.

 

Jika Sobat TRAC bertugas melakukan sewa bus wisata untuk kegiatan field trip tersebut, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa poin di bawah agar perjalanan tak hanya aman, tapi juga nyaman dan berkesan.

 

 

 

5 Poin Utama Dalam Memilih Bus Untuk Field Trip

 

1. Kredibilitas penyedia layanan sewa bus pariwisata

 

Pastikan penyedia layanan sewa bus yang masuk dalam daftar memiliki kredibilitas yang baik, Sobat TRAC bisa melakukan pengecekan dari berita maupun dari cerita orang-orang terdekat.

 

Layanan sewa bus wisata yang kredibel tentu akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi para penumpangnya.

 

2. Kapasitas bus yang akan digunakan

 

Ketahui jumlah peserta field trip agar bisa memilih kapasitas bus yang akan digunakan. Jangan sampai bus terlalu padat lantaran over capacity namun sebaiknya juga tidak terlalu kosong atau banyak bangku yang tak terpakai agar tak mubazir.

 

Sobat TRAC bisa memilih jenis bus sesuai jumlah orang yang akan ikut. Bus wisata biasanya terdapat beberapa pilihan kapasitas mulai dari yang berukuran kecil, medium dan besar. Untuk bus kecil bisanya dapat mengangkut belasan hingga 20-an orang.

 

Bus medium atau yang dikenal dengan bus tanggung biasanya memiliki tempat duduk berjumlah 30-40 seat. Ada pula bus besar dengan kapasitas 40 - 59 orang tergantung jenis bus yang digunakan.

 

 

 

Pertimbangkan juga kondisi jalan ke destinasi yang akan dituju. Apabila jalan yang dilewati cukup sempit sebaiknya tidak menggunakan bus ukuran besar. 

 

3. Konfigurasi tempat duduk

 

Bus wisata berukuran medium biasanya memiliki konfigurasi duduk 2-2 sedangkan untuk bus besar ada yang 3-2 serta 2-2. Konfigurasi duduk 3-2 biasanya hanya terdapat pada bus berkapasitas 59 orang.

 

Jika mengutamakan kenyamanan, konfigurasi kursi 2-2 tentu bisa menjadi pilihan. Sedangkan konfigurasi 3-2 cocok bagi Sobat TRAC yang membutuhkan bus dengan kapasitas besar. 

 

4. Fasilitas yang dimiliki di dalam bus

 

Cek juga fasilitas yang ditawarkan di masing-masing bus. Saat ini fasilitas hiburan seperti LCD TV, microphone dan speaker sudah menjadi fasilitas standar yang harus ada sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di dalam bus seperti bermain games hingga karaoke bersama.  

 

5. Pesan langsung dari penyedia layanan

 

Sebaiknya lakukan pemesanan secara langsung dari penyedia layanan. Hindari melakukan pemesanan dari pihak ketiga agar proses pemesanan tidak berbelit, sehingga Sobat TRAC juga bisa mendapatkan harga terbaik dengan fasilitas yang maksimal.

 

Perhatikan juga tata cara pemesanan. Pastikan Sobat TRAC mendapat kemudahan saat melakukan pemesanan dan terbebas dari proses yang rumit dan panjang.

 

 

 

Hal-hal di atas memang terlihat sederhana, namun penting untuk dijadikan catatan saat memilih bus yang nyaman untuk field trip.

 

Pilih Layanan Sewa Bus Terpercaya

 

Memang tak mudah mencari penyedia layanan sewa bus wisata yang bisa mengakomodasi seluruh poin tersebut. Sobat TRAC tak perlu bingung, pilih lah layanan sewa bus wisata dari TRAC dan dapatkan perjalanan yang berkualitas dengan berbagai kemudahan.

 

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di industri transportasi, membuat rekam jejak TRAC telah diakui oleh banyak pihak. Kredibilitas TRAC dalam layanan rental mobil maupun sewa bus tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

 

Untuk pilihan armada, TRAC memiliki bus dengan berbagai kapasitas yang bisa Sobat pilih sesuai kebutuhan. Bahkan untuk bus berukuran besar pun Sobat TRAC bisa memilih jenis bus berdasarkan konfigurasi tempat duduk yang diinginkan.

 

Untuk perjalanan ekstra nyaman dengan jumlah penumpang yang sedikit, TRAC juga menawarkan luxury bus yang bisa menjadi pilihan.

 

Setiap armada dalam layanan sewa bus dari TRAC telah dilengkapi dengan reclining seat dan port charger juga pastinya fasilitas hiburan yang mumpuni seperti LCD TV dan audio karaoke. Untuk penanganan hal-hal darurat, TRAC juga melengkapi setiap unitnya dengan kotak P3K, palu pemecah kaca dan APAR.

 

 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra..

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp