Safety Driving, Teknik Dasar Mengemudi yang Wajib Dikuasai
Safety Driving, Teknik Dasar Mengemudi yang Wajib Dikuasai
Safety Driving, Teknik Dasar Mengemudi yang Wajib Dikuasai

Tips

Safety Driving, Teknik Dasar Mengemudi yang Wajib Dikuasai

03 Juni 2023

Share

Safety driving jadi skill yang wajib dikuasai pengemudi ketika berkendara. Apalagi buat Sobat TRAC yang selalu menggunakan mobil dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kepiawaian dalam mengemudi tentu harus selalu diperhatikan, demi menjaga keselamatan di jalan.

 

Karena kita tentu tidak bisa memprediksi ancaman bahaya kecelakaan yang mungkin saja terjadi. Bisa saja disebabkan oleh pengguna jalan lain, tetapi tidak menutup kemungkinan juga karena kelalaian kita sebagai pengemudi yang kerap abai dalam mengontrol laju kendaraan.

 

Untuk itu, sebagai modal penting Sobat TRAC memang perlu menguasai teknik safety driving. Agar terhindar dari perilaku buruk berkendara seperti ugal-ugalan hingga melanggar setiap peraturan yang ada di jalan.

 

 

 

Apa itu Safety Driving?

 

Safety Driving atau yang juga punya nama lain Skill-Based Driving, sejatinya merupakan teknik dasar dalam mengontrol perilaku berkendara dengan keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan standar keselamatan di jalan. Safety Driving penting untuk selalu diterapkan, demi menciptakan rasa aman dan nyaman selama berkendara.

 

Dengan menerapkan safety driving, Sobat TRAC akan menjadi lebih waspada saat mengendarai mobil. Sehingga bisa meminimalisir setiap ancaman bahaya yang kerap terjadi tanpa prediksi. 

 

Ada beberapa hal yang perlu Sobat TRAC perhatikan untuk menjaga kewaspadaan sebagai aspek terpenting dalam safety driving. Yang tentu saja tidak hanya bermanfaat untuk Sobat TRAC sendiri, tetapi juga demi keselamatan pengguna jalan yang lain.

 

3 Tips Menerapkan Safety Driving

 

 

 

Memegang Setir

 

Saat mengendarai mobil, Sobat TRAC harus memahami betul teknik memegang setir yang baik. Karena kontrol laju mobil sepenuhnya berada pada setir. Sehingga pengemudi tidak boleh sembarangan agar laju mobil selalu aman dalam kendali. Setidaknya ada dua jenis teknik memegang setir mobil yang bisa diterapkan.

 

  • Pull Down. Pada teknik ini posisi tangan memegang bagian atas setir lalu bergeser ke samping hingga turun ke bagian bawah sambil terus menjaga ritme laju mobil.
  • Push Up. Teknik ini merupakan kebalikannya, pengemudi memegan bagian bawah setir dan bergeser ke samping hingga terus ke bagian atas.

 

Posisi Duduk

 

Agar dapat berkendara dengan aman, Sobat TRAC perlu menentukan posisi duduk yang nyaman. Karena bagaimanapun saat mengendarai mobil, pengemudi harus bisa mengatur posisi duduk agar bisa bertahan setidaknya 2-4 jam dalam posisi yang sama.

 

Mengatur posisi duduk yang tepat juga bermanfaat untuk menjaga beberapa bagian tubuh dari cedera. Serta, mengantisipasi rasa lelah meski harus mengemudi dalam waktu tempuh yang relatif lama.

 

 

 

Sobat TRAC bisa mengatur kursi kemudi untuk memastikan posisi kaki dan tangan pas dengan pedal serta setir. Sehingga saat berkendara, Sobat dapat merasa nyaman untuk mengontrol kedua fungsi tersebut. Jangan lupa juga untuk mengatur posisi sandaran kursi. Pastikan seluruh punggung menempel pada sandaran, agar badan tidak mudah pegal.

 

Kuasai Teknik Mendahului

 

Meski kerap dianggap perilaku menjengkelkan, mendahului mobil sebenarnya sah-sah saja di jalan, asal dilakukan dengan cara dan teknik yang tepat. Agar tetap aman, Sobat TRAC harus menguasai betul teknik mendahului ini agar tidak mengganggu dan merugikan pengguna jalan lain. Beberapa hal yang bisa dicoba saat akan mendahului mobil.

 

  • Mengecek kondisi jalan dari spion
  • Menjaga jarak aman yang ideal
  • Menyalakan lampu sein
  • Menggunakan gigi rendah
  • Kontrol putaran setir secara perlahan

 

Itulah beberapa informasi penting tentang safety driving yang bisa menjadi modal buat Sobat TRAC agar selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara.

 

Jika sudah mengetahui tekniknya, sekarang waktunya buat Sobat TRAC menjelajahi jalan-jalan kota menggunakan rental mobil lepas kunci dari TRAC. Tersedia beragam jenis mobil yang bisa Sobat sewa untuk menunjang berbagai kegiatan.

 

 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple Appstore. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp