Tips Aman Mudik Bawa Bayi pakai Mobil
Tips Aman Mudik Bawa Bayi pakai Mobil
Tips Aman Mudik Bawa Bayi pakai Mobil

Tips

Tips Aman Mudik Bawa Bayi pakai Mobil

18 Maret 2024

Share

Mudik lebaran telah jadi salah tradisi yang begitu melegenda di Indonesia. Jelang lebaran tiba, banyak perantau yang mulai merencanakan perjalanan jauh untuk pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga tercinta.

 

Salah satu persiapan yang mesti dilakukan sebelum mudik adalah transportasi yang digunakan. Buat sobat yang berencana mudik bareng keluarga, menggunakan mobil tentu bisa jadi pilihan. Apalagi kalau punya anak bayi, pastinya jauh lebih nyaman ketimbang transportasi umum.

 

Tapi, sebelum memutuskan mudik menggunakan mobil, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan demi keamanan dan kenyamanan si kecil selama di perjalanan.

 

Periksa Kondisi Mobil

 

Sebelum memulai perjalanan, pastikan mobil yang akan digunakan dalam kondisi baik ya, sob. Periksa tekanan ban, cairan mesin, dan pastikan semua lampu kendaraan berfungsi. Pastikan juga AC mobil berfungsi dengan baik dan kabin mobil bersih dari benda-benda yang bisa membahayakan.

 

 

 

Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

 

Waktu perjalanan bisa memengaruhi kenyamanan bayi. Sobat bisa memilih waktu perjalanan saat pagi atau sore hari dan tidak terlalu ramai. Kalau bisa jangan terlalu mepet dengan hari lebaran biar terhindar dari kemacetan panjang.

 

Perhatikan Kondisi Kesehatan Bayi

 

Sebelum berangkat, pastikan bahwa bayi dalam kondisi sehat untuk melakukan perjalanan jauh. Jangan paksa membuat bayi merasakan kondisi tidak nyaman, terutama bila sedang mengalami sakit atau demam. Sebaiknya tunda dulu perjalanan hingga kesehatannya membaik.

 

Siapkan Segala Kebutuhan Bayi

 

Sebelum memulai perjalanan, pastikan sobat telah menyiapkan segala kebutuhan bayi dengan matang. Bawa susu formula kalau bayi masih menyusu botol, serta popok, pakaian ganti, dan perlengkapan mandi.

 

Jangan lupa juga untuk membawa mainan atau benda favoritnya sebagai hiburan biar si kecil nggak mudah merasa bosan selama perjalanan.

 

Gunakan Kursi Bayi yang Aman

 

Keselamatan bayi selama perjalanan sangatlah penting. Gunakan kursi bayi yang sesuai dengan usia dan berat bayi ya, sob. Pastikan kursi bayi terpasang dengan benar dan sesuai instruksi pemasangan. Jangan lupa untuk memastikan seatbelt terkunci rapat.

 

 

 

Atur Suhu dalam Mobil dengan Nyaman

 

Pastikan suhu di dalam mobil tetap nyaman buat bayi. Jangan biarkan suhu di dalam kabin mobil terlalu panas atau terlalu dingin. Nyalakan AC dengan pengaturan suhu yang stabil.

 

Jangan lupa juga untuk selalu melindungi bayi dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan penutup jendela atau sunshade.

 

Beri Istirahat dan Jeda Selama Perjalanan

 

Perjalanan jauh dengan bayi tentu akan butuh lebih banyak istirahat, sob. Setiap beberapa jam, sobat bisa berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan si kecil beristirahat dan meregangkan tubuh.

 

Waktu istirahat ini juga bisa dimanfaatkan memberi makan bayi agar asupan nutrisinya tetap terpenuhi biar nggak mudah rewel selama di jalan.

 

Perhatikan Kondisi Jalan dan Cuaca

 

Sebelum memulai perjalanan, pastikan sobat telah memeriksa kondisi jalan dan cuaca di rute perjalanan menuju kampung halaman. Hindari rute yang rawan macet atau berbahaya, terutama saat cuaca buruk. Selalu prioritaskan keamanan dan keselamatan ya, sob.

 

 

 

Mudik dengan bayi menggunakan mobil memang butuh persiapan ekstra, sob. Tapi dengan perencanaan yang matang, perjalanan ke kampung halaman pasti akan terasa menyenangkan.

 

Biar nggak repot melakukan perawatan mobil ke bengkel sebelum mudik, sobat bisa rental mobil di TRAC. Saat ini ada paket rental mobil lebaran mulai dari Rp 300 ribuan perhari. Pilihan mobilnya beragam, mulai dari Calya, Avanza, hingga Innova. Selengkapnya klik banner di bawah ya!

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC LEBARAN 2024.jpg

 

Rental mobil TRAC sudah dilengkapi dengan asuransi dan roadside assistance. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di perjalanan mudik, sob.

 

Sobat tinggal menghubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Gimana, udah siap mudik bareng TRAC? Kemanapun mudiknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp