• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tidak Mudah Lelah dan Ngantuk

Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tidak Mudah Lelah dan Ngantuk
Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tidak Mudah Lelah dan Ngantuk
Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tidak Mudah Lelah dan Ngantuk

Tips

Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Tidak Mudah Lelah dan Ngantuk

22 Desember 2023

Share

Mobil selalu jadi pilihan teratas sebagai transportasi saat liburan. Kenyamanan dan fleksibilitas yang ditawarkan, sulit dijumpai terlebih saat menggunakan kendaraan umum.

 

Hanya saja, ada tantangan tersendiri jika sobat TRAC berencana liburan menggunakan mobil. Apalagi jika destinasi yang dituju, mesti ditempuh dalam perjalanan jarak jauh. Tentu butuh stamina ekstra untuk menjaga konsentrasi selama berkendara.

 

Sebab, berkendara jarak jauh seringkali menjadi pengalaman yang melelahkan dan membuat pengemudi mudah merasa ngantuk. Namun, untuk memastikan perjalanan sobat TRAC tetap aman dan nyaman, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

 

 

 

8 Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Aman

 

1. Rencanakan Perjalanan dengan Baik

 

Sebelum memulai perjalanan, pastikan sobat TRAC telah merencanakan rute dan istirahat dengan baik. Tentukan tempat-tempat dimana sobat dapat beristirahat, untuk sekedar merebahkan tubuh sejenak atau makan. Hal ini tidak hanya membantu menghindari kelelahan, tetapi juga membuat perjalanan lebih teratur.

 

2. Istirahat Cukup Sebelum Berangkat

 

Sebelum memulai perjalanan, pastikan sobat TRAC mendapatkan tidur yang cukup. Sebab, kekurangan tidur dapat membuat sobat lebih rentan terhadap kelelahan dan rasa ngantuk di jalan. Atur waktu keberangkatan yang ideal, sesuaikan dengan waktu istirahat yang dibutuhkan.

 

3. Pilih Waktu Keberangkatan yang Tepat

 

Jika memungkinkan, pilih waktu untuk berkendara saat tubuh berada pada tingkat kewaspadaan tertinggi, seperti pagi hingga sore hari. Hindari berkendara pada jam-jam rawan ngantuk, seperti dini hari atau tengah malam.

 

4. Minum Cukup Air

 

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kewaspadaan sobat selama berkendara. Pastikan selalu membawa air minum dan minumlah secara teratur selama di perjalanan. Hindari minuman berkafein secara berlebihan, karena bisa memicu dehidrasi.

 

 

 

5. Berhenti dan Relaksasi Sejenak

 

Setiap beberapa jam, luangkan waktu dan istirahat singkat untuk meregangkan otot serta mengembalikan energi setelah lelah berkendara. Sobat TRAC juga bisa melakukan relaksasi sejenak di rest area dengan berjalan-jalan atau melakukan peregangan ringan agar otot-otot tidak kaku.

 

6. Dengarkan Hiburan

 

Pilih playlist musik yang menghibur atau dengarkan podcast yang menarik untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan. Hal ini dapat membantu menjaga pikiran tetap terjaga dan membuat sobat TRAC tetap rileks di jalan.

 

7. Jangan Abaikan Tanda-Tanda Kelelahan

 

Saat rasa lelah dan ngantuk mulai menyerang, jangan ragu untuk berhenti sejenak. Cari tempat aman untuk beristirahat dan jika memungkinkan, tidurlah sebentar. Jadikan keamanan dan keselamatan sebagai prioritas dalam perjalanan ini.

 

8. Berkendara Bersama

 

Jika mungkin, ajak teman atau anggota keluarga untuk ikut serta dalam perjalanan. Berbicara dan berbagi tugas mengemudi dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan dan mengurangi rasa lelah yang bisa membahayakan.

 

 

 

Dengan mengikuti tips ini, sobat TRAC dapat membuat perjalanan jarak jauh menjadi lebih menyenangkan dan aman. Selalu prioritaskan keamanan dan keselamatan di atas segalanya ya, sob.

 

Tapi, sebagai alternatif biar nggak mengalami kelelahan di jalan, sobat bisa gunakan layanan rental mobil dengan pengemudi dari TRAC. Jangan khawatir soal keamanan, karena semua pengemudi TRAC telah berpengalaman dan bersertifikat defensive driving.

 

Segera lakukan pemesanan dengan mudah lewat aplikasi TRACtoGo yang bisa didownload di Playstore dan Appstore. Atau, bisa juga melalui halaman reservasi di website TRAC.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo, tips dan inspirasi wisata, jangan lupa follow media sosial resmi TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp