Tips Irit BBM Saat Mudik biar Nggak Bikin Kantong Jebol
Tips Irit BBM Saat Mudik biar Nggak Bikin Kantong Jebol
Tips Irit BBM Saat Mudik biar Nggak Bikin Kantong Jebol

Tips

Tips Irit BBM Saat Mudik biar Nggak Bikin Kantong Jebol

21 Maret 2024

Share

Saat mudik lebaran, banyak pemudik yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan menuju kampung halaman. Selain lebih fleksibel, mudik dengan mobil pribadi juga dipilih karena dianggap lebih nyaman ketimbang menggunakan transportasi umum.

 

Dengan tingginya minat masyarakat yang mudik dengan mobil pribadi, diprediksi akan ada peningkatan jumlah kendaraan yang bergerak selama musim mudik tahun ini. Hal itu tentu akan memicu terjadinya kemacetan di beberapa ruas jalan.

 

Untuk itu, sobat TRAC yang berencana mudik pakai mobil, mesti pintar-pintar mengantisipasi agar bisa terhindar dari kemacetan yang mengular. Seperti mencari jalur alternatif atau memilih waktu terbaik untuk memulai perjalanan.

 

Karena selain bisa membuat stres di jalan, kemacetan juga bisa membuat konsumsi bbm mobil jadi lebih boros, sob. Yang tentu akan berdampak pada membengkaknya ongkos perjalanan.

 

 

 

Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bbm saat mudik lebaran. Jika konsisten dilakukan, dijamin akan bikin kantong aman dari kelebihan pengeluaran.

 

5 Tips Irit BBM Saat Mudik

 

Gunakan BBM Dengan Oktan Tinggi

 

Menggunakan bbm dengan kadar oktan yang baik, otomatis akan membuat pembakaran mesin mobil jadi lebih sempurna. Sehingga mesin akan lebih bertenaga dan performanya bisa selalu terjaga.

 

Dengan begitu, tarikan mobil akan terasa lebih enteng, dan kalibrasi pembakaran menjadi seimbang. Sehingga mesin tidak perlu bekerja terlalu keras yang bisa menyebabkan terjadinya pemborosan bahan bakar.

 

Menjaga Tekanan Ban

 

Meski terdengar sepele, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui kalau tekanan angin ban mobil bisa berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

 

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, jangan lupa mengecek kondisi ban untuk memastikan tekanan anginnya sesuai standar.

 

 

 

Memang setiap jenis mobil punya standar yang berbeda tergantung rekomendasi dari masing-masing pabrikan. Namun, secara umum tekanan angin yang disarankan berkisar 33 sampai 36 psi.

 

Menghindari Akselerasi Berlebih

 

Selain membahayakan, membawa mobil dengan akselerasi terlampau tinggi juga akan membuat konsumsi bbm mobil jadi lebih boros. Karena mesin dipaksa untuk memacu tenaga berlebih, yang akibatnya memaksa ruang pembakaran memberi suplai bahan bakar secara tidak normal.

 

Sebaiknya jaga kecepatan mobil secara konstan, untuk menghindari konsumsi bbm yang berlebihan. Apalagi hal itu juga tentunya baik bagi seluruh penumpang mobil. Karena buat apa kebut-kebutan, kalau harus mempertaruhkan keamanan dan keselamatan.

 

Tidak Membawa Beban Terlalu Berat

 

Saat mudik biasanya mobil sudah cukup penat dengan penumpang yang turut serta. Demi kenyamanan selama di perjalanan, sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak apalagi barang-barang yang tidak terlalu diperlukan.

 

Karena dengan beban yang berlebihan, tarikan mobil akan jadi lebih berat dan membuat konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Untuk itu, prioritaskan membawa barang sesuai kebutuhan aja ya.

 

 

 

Jangan Terlalu Sering Membuka Jendela

 

Selama di perjalanan, sebaiknya jangan terlalu sering membuka jendela mobil. Karena tanpa disadari, udara yang masuk kedalam kabin mobil bisa memberi beban berlebih yang akibatnya membuat konsumsi bbm jadi lebih boros.

 

Apalagi, saat ini mayoritas mobil juga sudah dilengkapi dengan pendingin udara, sehingga akan tetap nyaman sekalipun jendela mesti ditutup. Jika sesekali boleh-boleh saja, apalagi jika melintasi jalan di pedesaan. Udara segar yang dihasilkan baik untuk sirkulasi di dalam mobil.

 

Itulah beberapa tips irit bbm saat mudik yang bisa kamu coba terapkan untuk meminimalisir pengeluaran. Selain dengan cara-cara ini, sobat juga bisa lebih hemat lagi dengan rental mobil TRAC.

 

Saat ini lagi ada paket rental mobil lebaran dengan harga mulai dari Rp 300 ribuan perhari. Pilihan mobilnya beragam. Mulai dari Toyota Agya, Calya hingga Innova. Tinggal pilih aja sesuai kebutuhan ya, sob. Info selengkapnya klik banner di bawah.


 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC LEBARAN 2024.jpg


 

Rental mobil TRAC sudah dilengkapi dengan asuransi dan roadside assistance. Jadi nggak perlu khawatir saat terjadi kendala di perjalanan mudik, sob.

 

Sobat tinggal menghubungi Customer Assistance Center (CAC) TRAC di nomor 1500-009 untuk mendapatkan bantuan secepatnya.

 

Informasi terkini tentang layanan TRAC, promo hingga tips liburan, jangan lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Gimana, udah siap mudik bareng TRAC? Kemanapun mudiknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.

Artikel Terkait

WhatsApp