Tips Mengontrol Emosi di Jalan Agar Selalu Aman
Tips Mengontrol Emosi di Jalan Agar Selalu Aman
Tips Mengontrol Emosi di Jalan Agar Selalu Aman

Tips

Tips Mengontrol Emosi di Jalan Agar Selalu Aman

24 Juli 2023

Share

Tak bisa dipungkiri mobil saat ini jadi moda transportasi favorit, khususnya bagi masyarakat perkotaan. Perubahan cuaca yang tak menentu, hingga tingkat kenyamanan dalam mengangkut banyak penumpang, menjadi sederet alasan yang paling masuk akal.

 

Apalagi buat Sobat TRAC yang sudah berkeluarga, saat hendak bepergian tentu akan menjadikan mobil sebagai kendaraan pilihan. Selain lebih praktis jika harus membawa barang, pergi dengan mobil pribadi juga dirasa lebih aman dan nyaman.

 

Meski terkadang di jalan selalu ada saja hal-hal menjengkelkan yang bisa memicu ketidak nyamanan saat berkendara. Mulai dari perilaku ugal-ugalan pengendara lain, hingga kemacetan yang memancing emosi.

 

Untuk itu, selain menguasai kemampuan mengemudi, Sobat TRAC juga harus memahami cara mengontrol emosi ketika berkendara. Karena tidak sedikit insiden membahayakan yang terjadi di jalan, bermula dari letupan emosi yang tak terkendali.

 

Berikut beberapa tips yang bisa Sobat TRAC coba untuk mengontrol emosi di jalan agar terhindar dari hal-hal membahayakan. Dengan begitu, sobat bisa berkendara dengan aman, penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman, dan tiba di lokasi tujuan dengan rasa senang.

 

 

 

5 Tips Mengontrol Emosi di Jalan

 

Rencanakan Waktu Pergi

 

Perjalanan terbaik adalah perjalanan yang direncanakan secara matang. Kutipan tersebut memang benar adanya, apalagi buat Sobat TRAC yang hendak bepergian jarak jauh.

 

Sebelum melakukan perjalanan, banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari memilih waktu keberangkatan hingga menentukan destinasi dan rute yang akan dilewati.

 

Meski terlihat sepele, nyatanya pertimbangan waktu ini menjadi hal yang cukup krusial. Apalagi bila perjalanan ke destinasi tersebut merupakan yang pertama kalinya. 

 

Sebaiknya hindari pergi saat jam sibuk agar tidak terjebak kemacetan yang terkadang bisa membuat emosi dan bikin perjalanan jadi kurang nyaman. Jadi, sebelum memutuskan pergi, pastikan untuk mencari tahu dulu arus lalu lintas yang akan dilewati ya.

 

 

 

Ajak Teman Ngobrol

 

Ketiadaan teman ngobrol juga bisa menjadi pemicu emosi pengendara di jalan. Apalagi jika harus berkendara lama dan mendapati kemacetan panjang. Letih dan lelah yang terasa, terkadang bisa membuat pengendara naik pitam dan berperilaku di luar kendali agar bisa segera sampai di lokasi tujuan.

 

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan pastikan Sobat TRAC memiliki teman yang bisa diajak ngobrol selama di jalan. Jika pergi bersama keluarga, ingatkan pasangan sobat untuk saling bercerita apapun itu.

 

Selain menangkal rasa jenuh saat di perjalanan, obrolan-obrolan seru atau cerita lucu juga dijamin bisa meningkatkan keharmonisan lho. Jadi, ga akan ada lagi tuh emosi-emosi di jalan.

 

Mendengarkan Musik

 

Mengendarai mobil jarak jauh tentu sangat lelah dan menjenuhkan. Alih-alih meluapkan emosi dengan kekesalan, sebaiknya Sobat TRAC mendengarkan musik favorit agar suasana di dalam mobil terasa lebih menyenangkan.

 

 

 

Siapkan daftar lagu kesukaan sobat dan keluarga. Biar semakin berkesan, ajak mereka untuk bernyanyi bersama agar tidak bosan.

 

Patuhi Peraturan

 

Saat berkendara, pastikan untuk selalu mematuhi segala peraturan yang ada. Dengan begitu, Sobat TRAC setidaknya dapat berperan dalam menciptakan kenyamanan selama di jalan. 

 

Jika mendapati pengendara lain yang berperilaku kurang baik, sebaiknya tetap kendalikan emosi dengan tetap tenang dan tidak menyalahi aturan. Jangan mudah terpancing dengan aksi-aksi menjengkelkan, agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan.

 

Berkendara Defensive

 

Cara terakhir untuk mengontrol emosi di jalan adalah dengan menerapkan defensive driving. Dikutip dari berbagai sumber, istilah defensive driving sendiri bisa diartikan sebagai sebuah teknik berkendara yang berorientasi pada keselamatan bersama. Baik untuk diri sendiri, penumpang mobil, hingga pengendara lain.

 

Teknik defensive driving ini bisa Sobat TRAC terapkan untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama di jalan. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak mengenakan, sobat dapat memahami mitigasinya seperti apa.

 

 

 

Itulah beberapa informasi tentang bagaimana cara mengontrol emosi saat di jalan. Karena tak jarang, musibah yang terjadi di jalan kerap bermula dari emosi yang tak terkendali. 

 

Sehingga dengan kemampuan mengontrol emosi, secara tidak langsung sobat juga turun berperan dalam menciptakan keamanan dan keselamatan di jalan.

 

Setelah tahu tipsnya, sekarang saatnya Sobat TRAC mengajak keluarga tercinta untuk pergi liburan. Untuk transportasinya, sobat bisa gunakan layanan rental mobil TRAC, baik rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Jika menginginkan kenyamanan ekstra, sebaiknya manfaatkan layanan rental mobil dengan pengemudi. Sobat TRAC cukup duduk manis di kursi penumpang, tanpa harus lelah nyetir sendirian.

 

Dan yang terpenting, pengemudi TRAC juga berpengalaman dan telah dibekali pelatihan defensive driving. Yang pastinya akan bikin sobat selalu merasa aman dan nyaman selama di jalan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp