Tips Nyaman dan Aman Mudik Lebaran Bersama Balita
Tips Nyaman dan Aman Mudik Lebaran Bersama Balita
Tips Nyaman dan Aman Mudik Lebaran Bersama Balita

Tips

Tips Nyaman dan Aman Mudik Lebaran Bersama Balita

10 April 2023

Share

Sobat TRAC siapa yang sudah siap-siap untuk pulang kampung alias mudik? Merayakan lebaran bersama keluarga besar memang selalu seru apalagi jika ada anggota keluarga baru yang diperkenalkan.

 

Jika ini adalah mudik pertama Sobat TRAC bersama si kecil, maka sebaiknya lakukan beberapa persiapan sebelum keberangkatan. 

 

Melakukan perjalanan mudik bersama balita memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal sederhana seperti rasa bosan di perjalanan pun bisa membuat mereka rewel.

 

Perlu diingat bahwa kenyamanan dan keamanan si kecil harus menjadi faktor utama yang Sobat TRAC perhatikan jika akan mudik lebaran bersama balita.

 

 

 

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Bersama Balita

 

Tentukan moda transportasi 

 

Tentukan pilihan moda transportasi sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jika Sobat TRAC harus menggunakan moda transportasi udara maupun laut maka pikirkan juga transportasi menuju kampung halaman dari bandara maupun pelabuhan.

 

Apabila perjalanan dilakukan menggunakan moda transportasi darat sebaiknya pilih lah yang dirasa cukup nyaman dan fleksibel seperti dengan menggunakan layanan rental mobil.

 

Tak ada salahnya periksa kesehatan terlebih dahulu

 

Hal yang satu ini seringkali diabaikan, padahal sangat penting lho! Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan si kecil terlebih dahulu.

 

Perjalanan jauh bisa mempengaruhi kesehatan si kecil oleh karena itu jangan ragu untuk meminta tambahan suplemen maupun vitamin termasuk beberapa obat yang bisa digunakan saat keadaan darurat.

 

 

 

Buat daftar kebutuhan yang harus dibawa

 

Catat dengan seksama barang-barang apa saja yang harus dibawa dari rumah agar tak repot saat di perjalanan dan di tempat tujuan.

 

Jika kampung halaman Sobat TRAC termasuk daerah yang dingin maka perbanyaklah pakaian panjang. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kebutuhan dasar seperti handuk pribadi, perlengkapan mandi dan pakaian dalam.

 

Agar tak overload, perimbangkan beberapa barang yang bisa beli saat sampai ke kota tujuan seperti diapers atau susu formula.

 

Siapkan satu tas berukuran sedang untuk membawa beberapa barang esensial sehingga tak perlu kerepotan membongkar koper saat membutuhkan sesuatu.

 

 

 

Simpan handuk kecil, satu atau dua stel pakaian, jaket, sabun, tisu, botol air minum, susu dan cemilan secukupnya dalam tas tersebut. Jika memungkinkan, bisa juga membawa selimut kecil agar si kecil tak kedinginan selama perjalanan.

 

Pilih Cemilan yang bisa tahan lama

 

Karena perjalanan akan memakan waktu yang cukup lama maka sediakanlah kudapan favorit si kecil. Pilih cemilan kering yang bisa bertahan lama agar tak basi saat di perjalanan.

 

Jika akan membawa bekal makanan berat maka sebaiknya segera diberikan dalam waktu dekat agar rasanya tetap sedap saat disantap.

 

Beberapa cemilan yang bisa Sobat TRAC pilih adalah roti, biskuit, keripik buah, sereal hingga snack puff khusus balita. Kalau balita masih dalam tahap MPASI, tak ada salahnya juga untuk membawa makanan bayi dalam kemasan maupun instan.

 

 

 

Pastikan anak tetap terhidrasi

 

Jangan lupakan juga soal air minum. Sobat TRAC bisa membawa air dalam botol minum kesayangan si kecil dan pastikan kebutuhan cairannya tetap terpenuhi. Hindari minuman kemasan berperisa karena ditakutkan akan memicu gangguan kesehatan.

 

Untuk susu kemasan seperti UHT, meski diklaim aman untuk dibawa dan di konsumsi dalam suku ruang namun jika memunkinkan maka sebaiknya dibawa menggunakan cooling bag. Jangan lupa bawa termos kecil untuk menyimpan air hangat.

 

Bawa mainan favoritnya

 

Agar anak tak bosan dalam perjalanan, izinkan dia untuk membawa mainan kesukaannya. Jika si kecil memilih untuk membawa boneka pastikan yang ukurannya tak terlalu besar, boneka biasanya juga bisa berguna sebagai bantal di perjalanan.

 

Jika membawa sekaligus beberapa mainan berukuran kecil maka jangan lupa untuk mengemasnya dalam satu kantong tersendiri agar tak tercecer.

 

 

 

Cari waktu yang tepat untuk perjalanan

 

Banyak yang bilang jika sore dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan karena bersamaan dengan jam tidur balita. Hal tersebut mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan waktu keberangkatan.

 

Jika Sobat TRAC menggunakan kendaraan umum, tentu harus ikut pada jadwal yang telah ditentukan. Namun, jika ingin perjalanan yang lebih santai dan fleksibel maka bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun layanan rental mobil.

 

Demi Kenyamanan, Mudik Bersama Balita Sebaiknya Gunakan Rental Mobil

 

Karena kenyamanan dan keamanan si kecil adalah hal yang harus diutamakan maka sebaiknya pilih perjalanan dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi baik dari segi waktu maupun ruang.

 

Jika berencana mudik menempuh perjalanan darat, layanan rental mobil bisa menjadi pilihan tepat untuk mudik nanti. Sobat TRAC bisa mengatur sendiri perjalanan, memiliki ruang privasi dan tentunya bebas dari lelah karena bermacet-macetan di arus mudik dan arus balik.

 

 

 

Urusan rental mobil terbaik, Sobat TRAC bisa memilih layanan dari TRAC. Sebagai penyedia layanan rental mobil dan sewa bus berpengalaman, TRAC memiliki jangkauan layanan yang tersebar di berbagai penjuru kota Indonesia.

 

TRAC menyediakan layanan rental mobil lepas kunci dan juga dengan pengemudi. Demi kenyamanan, sebaiknya pilih layanan rental mobil dengan pengemudi. Karena Sobat TRAC tinggal duduk manis, dan nikmati perjalanan dengan aman sampai tujuan.

 

Soal kondisi mobil juga tak perlu khawatir. Setiap armada TRAC, rutin dilakukan perawatan secara berkala di jaringan bengkel resmi sehingga tentu unit yang digunakan selalu dalam kondisi prima.

 

Selain itu, TRAC juga didukung oleh pengemudi profesional dan berpengalaman, yang telah bersertifikasi defensive driving sebagai bekal dalam menjalankan tugasnya. Serta, berorientasi pada pelayanan prima sehingga perjalanan tak hanya nyaman tapi juga aman.

 

 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp