https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-284-04 5 Tips wisata ziarah saat bulan Ramadan (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-284-04 5 Tips wisata ziarah saat bulan Ramadan (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-284-04 5 Tips wisata ziarah saat bulan Ramadan (1).jpg

Tips

Tips Wisata Ziarah Saat Bulan Ramadhan

27 April 2022

Share

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu ditunggu oleh umat Islam. Tak hanya diisi dengan kewajiban berpuasa dan lebih mendekatkan diri pada sang pencipta, bulan ini pun seringkali dijadikan momentum untuk melakukan wisata ziarah ke beberapa tempat. Jika Anda tertarik untuk melakukan wisata ziarah di bulan Ramadhan ini sebaiknya cek dulu 5 tips di bawah ini.

 

5 tips wisata ziarah di bulan Ramadhan

 

1. Rencanakan tujuan dan rute

Tentukan terlebih dahulu tujuan Anda, jika tertarik untuk menyambangi beberapa tempat sekaligus sebaiknya dipikirkan juga rutenya. Anda bisa menjadikan wisata ziarah ini sebagai tujuan utama maupun hanya sebagai salah satu tempat yang dikunjungi dari perjalanan wisata kali ini. Tapi ingat, karena wisata ini dilakukan saat bulan Ramadan dan dalam kondisi puasa maka sebaiknya tidak terlalu banyak berpindah tempat.

 

Beberapa destinasi wisata ziarah yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda adalah; Ziarah Walisongo yang bisa Anda susuri sepanjang pulau Jawa atau Situ Panjalu yang sejuk di Ciamis. JIka ingin yang tak perlu jauh dari ibu kota, Masjid Agung Banten dan Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim bisa masuk ke bucket list Anda.

 

 

 

2. Sebaiknya bepergian dengan keluarga atau kerabat dekat

Berwisata tentu lebih seru jika dilakukan dengan orang-orang terdekat, termasuk wisata ziarah. Anda bisa mengajak keluarga inti, kerabat maupun teman-teman dekat. Selain supaya suasana makin ramai, Anda juga bisa menjadikan momen ini untuk menjalin keakraban satu sama lain. Jika memiliki kerabat yang dituakan atau lebih berpengalaman menjalani wisata Ziarah, Anda juga bisa mendaulat untuk memimpin perjalanan kali ini. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, sebaiknya sebisa mungkin menghindari perjalanan dengan orang-orang yang Anda tidak berasal dari lingkungan Anda. 

 

 

 

3. Siapkan kendaraan 

Jika sudah mengetahui jumlah orang yang akan ikut dan tujuan perjalanan maka saatnya Anda menentukan moda transportasi yang akan digunakan. Apabila Anda akan menggunakan moda transportasi udara, pastikan juga telah menyiapkan mobil yang akan menjemput di Bandara dan mengantar ke tempat tujuan.

 

Sesuaikan pilihan kendaraan Anda dengan jumlah orang yang ikut dalam wisata ziarah kali ini. Jika bepergian dalam grup yang besar, Anda bisa melakukan sewa bus agar tetap dalam satu rombongan dan tidak terpencar. Rental mobil dengan pengemudi bisa menjadi opsi apabila hanya bepergian dengan beberapa orang, sehingga tak perlu saling tunjuk untuk menyetir dan bisa beristirahat sepanjang perjalanan. 

 

 

 

4. Kenakan pakaian yang nyaman dan sopan saat wisata ziarah

Karena ini wisata ziarah, jangan lupa untuk menyesuaikan outfit Anda. Siapkan pakaian yang nyaman dan tentunya sopan. Sebaiknya menggunakan pakaian yang berbahan tipis agar tidak gerah namun pastikan juga tidak menerawang. Pilih juga alas kaki yang nyaman seperti sandal atau sepatu olahraga karena beberapa situs peziarahan biasanya mengharuskan pengunjung untuk berjalan kaki terlebih dahulu bahkan ada beberapa yang harus sedikit menanjak juga.


 

 

 

5. Tetap jaga jarak dan aplikasikan protokol kesehatan

Ramadan tahun ini tentu berbeda dari beberapa tahun terakhir, banyak kegiatan yang sudah bisa dilakukan termasuk berkumpul dan melakukan perjalanan untuk wisata ziarah. Meski begitu jangan lengah karena saat ini pun masih tetap di masa Pandemi Covid-19. Aplikasikan protokol kesehatan dan keamanan ke mana pun Anda bepergian. Siapkan hand sanitizer, tisu basah dan sebisa mungkin sering mencuci tangan. Pastikan untuk terus menggunakan masker dan meminimalisir kontak fisik dengan orang lain.

 

Wisata ziarah sebenarnya tak hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan saja, jika Anda memiliki keinginan untuk wisata ziarah namun tak sempat melaksanakannya di waktu ini maka bisa tetap melakukannya di waktu lain. Anda juga bisa menyisipkan wisata ziarah saat perjalanan mudik ke kampung halaman nanti.

 

Rencanakan perjalanan Anda dengan matang dan serahkan urusan transportasi pada rental mobil andal dan terpercaya TRAC. Dengan jaringan yang tersebar di seluruh penjuru tanah Air, TRAC hadir untuk mendukung segala kegiatan. Rental mobil maupun sewa bus bisa Anda lakukan langsung di Aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh melalui Google Playstore maupun di Apple App Store.

 

Ingin wisata ziarah yang bebas repot? Kunjungi fitur "Experience" yang terdapat pada aplikasi TRACtoGo dan pilihlah paket ziarah yang tertera di sana, paket ini bisa mengakomodir hingga 48 orang. Kunjungi kantor cabang TRAC terdekat di kota Anda untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya. Anda juga bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id apabila Anda memiliki request tertentu.

 

Untuk mendukung kenyamanan perjalanan di masa pandemi Covid-19, TRAC dengan konsisten menerapkan SMART protocol sebagai protokol kesehatan dan keselamatan selama melayani Anda. SMART Protocol meliputi beberapa hal berikut ini:

 

  • Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan bertugas maupun setelah melayani pelanggan.
  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.
  • Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.
  • Memberikan sekat pembatas antara driver dengan penumpang.
  • Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.
  • Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.
  • Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp