https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-286-06 Jelajah jepara - related to hari kartini (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-286-06 Jelajah jepara - related to hari kartini (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-286-06 Jelajah jepara - related to hari kartini (1).jpg

Tips

Wisata Jepara, Bertandang ke Kampung Halaman RA Kartini

27 April 2022

Share

Jepara merupakan salah satu kabupaten di pesisir utara Jawa lokasinya tak jauh dari Semarang yang menjadi ibu kota Jawa Tengah. Dikenal sebagai kota asal RA Kartini, pahlawan pejuang emansipasi wanita tersebut lahir dan bertumbuh di Jepara. Tak ayal Anda akan menemukan namanya tersemat di beberapa nama tempat, termasuk destinasi wisata.

 

Selain yang berkaitan dengan sejarah RA Kartini, Jepara juga memiliki banyak destinasi wisata yang patut disambangi. Anda yang memiliki rencana mudik ke wilayah Pantura, tak ada salahnya sejenak singgah untuk menikmati indahnya "kota" pesisir ini. 

5 rekomendasi destinasi wisata di Jepara

 

 

1. Pantai Kartini jadi primadona wisata di Jepara

Destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang destinasi super lengkap yang bisa Anda temui di Jepara. Tak hanya tepian pantai yang cocok untuk bermain air dan pasir, di sini juga terdapat banyak wahana yang tak kalah seru. Luangkan waktu setelah berjemur untuk bertandang ke Wahana edukasi Kura-kura Ocean Park dan Jepara Science Park.

 

Satu minggu setelah perayaan Idul Fitri merupakan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke pantai ini, di waktu tersebut masyarakat Jepara menggelar tradisi Lomban. Siapkan diri Anda untuk kemeriahan khas masyarakat pesisir, jangan lupa untuk siapkan perbekalan karena kabarnya saat perayaan Lumban banyak pedagang di Jepara yang memilih untuk tak berniaga.

 

Selain pantai, nama Kartini juga diabadikan untuk pendopo, monumen dan museum. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menapaki cerita pahlawan emansipasi tersebut.

 

 

2. Hutan Wisata Sreni, nikmati hutan pinus di kaki Gunung Muria

Berlokasi di kaki Gunung Muria, hutan pinus ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Manjakan mata Anda dengan pemandangan hijau nan apik dan bersantai lah bersama keluarga di lokasi ini. Pastikan Anda memiliki foto ciamik dengan latar deretan pepohonan yang terlalu sayang untuk diabaikan. Anda juga dapat berfoto di beberapa spot dengan tambahan instalasi yang epik. Hutan Wisata Sreni Indah atau Wana Wisata Sreni Indah ini masuk pada kawasan hutan lindung yang sebagian lahannya digunakan untuk kegiatan wisata.

 

 

3. Air Terjun Jurang Nganten, cocok untuk penyuka kegiatan luar ruang

Pastikan kondisi Anda dalam keadaan prima jika memasukan destinasi ini pada daftar perjalanan. Perlu sedikit trekking untuk mencapai air terjun setinggi 50 meter ini. Tenang saja, semua akan dibayar lunas begitu segarnya percikan air menyapa wajah ditambah pemandangan yang asri di lereng Gunung Muria. Di sini Anda bisa sekadar bersantai sambil mengagumi air terjun atau memacu adrenalin dengan bermain air dan melompat dari bebatuan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati.

 

 

4. Desa Wisata Tempur dan Bukit Bejagan, destinasi wisata lengkap di Jepara

Lokasinya memang agak jauh dari pusat keramaian di Jepara, sekitar 50 km atau setidaknya 90 menit perjalanan. Bagi pecinta kegiatan luar ruang, destinasi ini jadi destinasi yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Mulai dari hamparan sawah yang menawan hingga Puncak Gajah Mungkur yang eksotis. Tak lupa Bukit Bejagan dengan rumah pohon dan dek kayu yang selalu menjadi spot foto favorit para pengunjung. Jika Anda ingin bermalam, di sini juga sudah tersedia fasilitas penginapan yang dikelola oleh warga dan jaringan desa wisata.

 

 

5. Karimunjawa, keindahan bawah laut yang memukau

Kepulauan Karimunjawa menjadi primadona pariwisata di Kabupaten Jepara. Kapal menuju Karimunjawa dapat Anda akses dari Pelabuhan Kartini, Jepara maupun dari Semarang. Karena kapal hanya melakukan penyebrangan di hari-hari tertentu, jadi pastikan Anda datang tepat di jadwal operasional ya. 

 

Keindahan Karimunjawa telah tersohor dari dulu, baik di darat maupun di bawah permukaan air. Anda bisa snorkeling sambil menyapa ikan-ikan cantik yang berenang, memancing serta island hopping ke pulau-pulau kecil disekitar pulau utama. Selain itu, Karimun Jawa juga sering dijadikan destinasi tujuan wisata ziarah lho.

 

Selain 5 destinasi tadi, sebenarnya masih banyak spot wisata di Jepara yang bisa Anda sambangi seperti; Goa Tritip, Candi Bubrah, Pantai Punuk Sapi, Pantai Pungkruk, Pulau Panjang, Air terjun setatah dan banyak lainnya. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menyusuri semua potensi wisata yang ada.

 

Jika Anda mencari destinasi wisata yang lengkap tapi anti mainstream, Jepara tentu layak masuk dalam daftar teratas. Perkaya pengalaman liburan Anda dengan bepergian menggunakan Luxury Bus dari TRAC. Bus super keren ini cocok menjadi pilihan moda transportasi untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan. 

 

Dengan kapasitas 11 sampai 15 penumpang dengan kabin Luxury Bus dari TRAC terasa sangat luas dan nyaman. Fasilitas dalam bus ini juga sangat lengkap seperti safety equipment, seat belt 2 titik untuk setiap kursi, reclining seat, port charger, toilet, TV & karaoke, audio entertainment, electric seat bahkan ruang karaoke dan pantry.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp