https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-290-10 Rekomendasi tempat wisata di jabodetabek untuk yang tidak bisa mudik (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-290-10 Rekomendasi tempat wisata di jabodetabek untuk yang tidak bisa mudik (1).jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-290-10 Rekomendasi tempat wisata di jabodetabek untuk yang tidak bisa mudik (1).jpg

Travel

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jabodetabek

27 April 2022

Share

Meskipun pemerintah mengizinkan untuk mudik Lebaran tahun ini, tapi bisa saja Anda memilih untuk tidak pulang kampung. Misal karena punya bayi yang belum bisa diajak perjalanan jauh, atau mungkin karena ada urusan pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan.

 

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, tak usah khawatir. Momen mudik ini biasanya akan membuat Jakarta jauh lebih sepi sehingga lebih asyik untuk dinikmati. Sepuluh tempat dan aktivitas ini bisa menjadi ide, mau jalan ke mana saat Jakarta tengah sepi. Rencanakan jadwal jalan-jalan ini sejak awal Ramadan, agar bisa menikmati Jakarta dan sekitarnya dengan nyaman. 

 

Tak bisa mudik? Berikut 10 rekomendasi tempat wisata di Jabodetabek yang bisa Anda singgahi

 

1. Sea World

Kalau sudah bosan dengan Pantai Ancol dan Dunia Fantasi, entah karena ramai atau panas, Seaworld bisa menjadi pilihan. Kita bisa melihat indahnya alam bawah laut tanpa harus repot basah-basahan atau menyelam. Kita juga bisa melihat penyelam memberi makan ikan hiu melalui terowongan kaca, dan menyentuh penyu serta belajar tentang biota-biota laut. Ikuti update harga tiket dan atraksi menarik di Seaworld melalui instagram @seaworld.ancol.

 

 

2. Kota Tua Jakarta

Kawasan yang luas ini selalu menarik untuk dijelajahi. Di sini terdapat gedung-gedung kuno peninggalan Belanda, mulai dari Stasiun Kereta Beos, Toko Merah, Gedung Pos, Jembatan Kota Intan, Galangan Kapal VOC, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa. Di sini ada berbagai museum, mulai dari Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, dan yang terbaru adalah Museum Magic Art 3D. Museum ilusi lukisan ini berlokasi di Gedung Kertaniaga 1, dekat pintu masuk selatan. Di dalamnya terdapat 100 lukisan 3 dimensi yang terbagi dalam 7 tema, mulai dari fauna, dinosaurus, petualangan, hingga horor, yang keren untuk berfoto-foto. 

 

Kita juga bisa menyewa sepeda dan berputar-putar di halaman Museum Fatahillah yang luas, berfoto-foto dengan para model di Street Art, dan menikmati menu-menu lezat di Cafe Batavia yang bernuansa jaman dulu.

 

 

3. Setu Babakan

Ingin mencari hawa sejuk bernuansa tradisional Betawi di Jakarta? Tidak perlu repot bermacet-macet ke Puncak, karena kita bisa menemuinya di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di sini kita bisa menonton anak-anak berlatih tari dan kesenian Betawi setiap Minggu pagi. Warung-warung di pinggir danau juga menyediakan aneka masakan dan jajanan khas Betawi seperti laksa, pecak gurame, gabus pucung, dodol betawi, kue rangi, kerak telor, kembang goyang, dan banyak lainnya. Aktivitas lain yang bisa dilakukan misalnya naik perahu naga atau bebek air berkeliling danau, memancing, hingga belajar membatik.

 

 

4. Schmutzer Primate Center

Terletak di dalam Kebun Binatang Ragunan, pusat primata ini bisa menjadi sarana belajar anak-anak tentang berbagai jenis hewan primata Indonesia maupun mancanegara. Mulai dari orangutan, gorila, siamang, kukang, simpanse, lutung, hingga bekantan. Pengunjung berjalan di atas jembatan sambil melihat hewan-hewan primata ini hidup seperti di habitat aslinya. Juga ada spot untuk berfoto selfie dengan patung hewan primata, cuma biasanya tempat ini ramai oleh pengunjung lain yang juga ingin berfoto-foto.

 

 

5. Taman Suropati

Capek dan hanya ingin santai melepas penat saja? Taman Suropati di Jakarta Pusat bisa menjadi pilihan yang tepat. Taman ini rindang dengan pohon-pohon tinggi, air mancur, dan burung-burung merpati. Setiap Minggu sore biasanya ada grup musik orkestra berlatih di sini. Di depan taman ini juga ada Taman Patung Diponegoro dengan bunga-bunga yang indah dan air mancur yang menghiasi patung Pangerang Diponegoro, dengan latar belakang gereja St. Paul yang cantik.

 

Kalau mau jalan kaki sebentar, di utara Taman Suropati ini ada Taman Situ Lembang. Kita bisa duduk-duduk, jogging mengitari danau, atau memancing.

 

 

6. Museum Macan

Museum yang berlokasi di pintu keluar tol Kebon Jeruk ini mempunyai koleksi lukisan dan benda-benda seni kontemporer baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Secara teratur museum ini menghadirkan eksibisi atau pameran dari seniman atau perupa ternama dunia. Museum ini buka Selasa hingga Minggu, dan program-programnya bisa dicek melalui akun instagram @museummacan.

 

 

7. Kepulauan Seribu

Jakarta punya lebih dari 110 pulau lho, yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Ada pulau-pulau resort, ada pulau perkampungan. Ada pulau yang bisa dicapai hanya 15 menit dengan speedboat, ada juga yang perlu sampai 2 jam. Hampir semua pulau mempunyai pasir putih, dilengkapi dengan sarana olahraga air, dan bawah laut laut yang bagus untuk snorkeling atau diving. Mau berkeliling pulau-pulau (island hopping) juga bisa.

 

Bagi yang ingin menginap di pulau perkampungan seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Pari, atau Pulau Kelapa, ada banyak tour operator yang melayani trip pulau ini. Bagi yang ingin menginap di pulau resort, bisa memilih di Pulau Bidadari, Pulau Sepa, atau Pulau Putri. Usahakan booking jauh-jauh hari karena saat libur Lebaran umumnya banyak orang yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu.

 

 

8. Chinatown

Jakarta juga punya Chinatown alias Pecinan yang unik. Lokasinya di Jl. Pancoran, Jakarta Barat, berseberangan dengan pusat perdagangan Glodok. Toko-toko obat tradisional Cina bisa ditemui sepanjang jalan ini. Ikonnya adalah Pasar Petak Sembilan yang menjual berbagai kue dan pernak-pernik bernuansa Cina, mulai dari lampion, baju cheongsam, amplop angpao, hingga kue keranjang, bakpia, coklat koin, dan fortune cookies. Jangan lupa mencicipi kuliner khas Cina seperti nasi hainam, es kopi, sup pi oh (bulus), hingga rujak shanghai.

 

Ada banyak kelenteng atau vihara di sini. Misalnya Vihara Dharma Bhakti, klenteng tertua di Jakarta. Lalu Kelenteng Toasebio, Klenteng Dharma Sakti, dan Klenteng Tan Seng Ong. Juga ada Gereja Katolik Santa Maria yang bangunannya bergaya Cina. Tempat-tempat ibadah ini selalu ramai, tak hanya saat menjelang Imlek. Semuanya terbuka dan boleh dikunjungi siapa saja dan juga boleh untuk berfoto-foto.

 

 

9. Pasar-pasar Unik

Selain Pasar Tanah Abang yang sudah mendunia, berbagai pasar unik juga bertebaran di Jakarta. Misalnya pasar bunga Rawabelong di Jakarta Selatan atau Pasar Burung Pramuka di Jakarta Timur. Di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur saja ada 4 pasar yang unik, yakni pasar batu akik, pasar hewan peliharaan, pasar ikan hias, dan pasar loak (flea market). Di Kalibaru, Jakarta Utara, ada pasar khusus ikan asin. Melihat keramaian dan berbagai hal unik di pasar-pasar ini akan memberikan pengalaman baru yang mengesankan.

 

 

10. Staycation

Selama libur Lebaran, banyak hotel yang menawarkan diskon paket menginap. Kalau memang ingin mencoba suasana baru dengan menginap di hotel, staycation bisa menjadi pilihan. Jenis hotelnya bisa disesuaikan dengan bujet dan fasilitas yang kita inginkan. Ada hotel kapsul, hotel bujet, hotel syariah, hingga hotel berbintang 5 yang menawarkan fasilitas kolam renang, lapangan tenis, jogging track, gym, spa, hingga pintu khusus ke mall.

 

Dengan berbagai pilihan di atas, nggak perlu bingung lagi kan mau jalan ke mana saat nggak bisa mudik Lebaran? Jangan lupa, manfaatkan layanan rental mobil TRAC untuk mendukung kenyamanan perjalanan di masa pandemi Covid-19 ini. TRAC dengan konsisten menerapkan SMART Protocol sebagai protokol kesehatan dan keselamatan selama melayani Anda. SMART Protocol meliputi beberapa hal berikut ini:

 

Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan bertugas maupun setelah melayani pelanggan

 

  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani pelanggan
  • Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut pelanggan
  • Memberikan sekat pembatas antara driver dengan pelanggan
  • Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan
  • Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan
  • Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada pelanggan.

 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp