https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-116-banner-aguscuy.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-116-banner-aguscuy.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-116-banner-aguscuy.jpg

Travel

4 Kuliner Makassar yang wajib Dicicipi Kalau Liburan kesana

25 Agustus 2020

Share

Sejauh mata memandang, Indonesia ibarat surga bagi pecinta liburan. Selain karena kekayaan alamnya, di negeri ini Anda bisa merencanakan liburan dengan mudah menggunakan segala jenis transportasi. Baik itu pesawat, kendaraan pribadi, atau sewa mobil dan bus untuk perjalanan yang lebih ringkas. Tidak hanya itu, keragaman kuliner Indonesia pun siap menanti di mana pun Anda berhenti.

 

Di bagian timur Indonesia misalnya. Selain Papua dengan Raja Ampatnya, Makassar dapat menjadi pilihan destinasi yang tidak kalah memuaskan untuk yang sedang merencanakan liburan. Selain bisa menyaksikan indahnya matahari tenggelam di Pantai Losari, atau menyambangi Benteng Fort Rotterdam yang bersejarah, Kota Daeng ini juga memiliki ragam kuliner favorit yang wajib Anda cicipi. Agar tak terlewatkan begitu saja ketika berkunjung, berikut rekomendasi 4 kuliner di Makassar.

 

1. Sarabba

Sarabba (foto: iStock)

Minuman khas orang Bugis yang hangat dan menyegarkan tubuh ini wajib Anda coba. Apalagi jika Anda berkunjung ke Makassar pada penghujung tahun nan dingin. Terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk, Sarabba sering diandalkan masyarakat untuk menambah stamina dan melawan flu. Tak perlu bingung bagaimana mencari minuman hangat yang biasa disajikan bersama kudapan seperti pisang atau ubi rebus ini. Anda dapat mencarinya di mana saja, karena penjual minuman seharga Rp Rp8.000 ribu hingga Rp10.000 ribu ini tersebar di seluruh Makassar.

 

2. Jalangkote

Jalangkote (foto: iStock)

Serupa dengan pastel namun dengan isian ekstra seperti telur rebus dan daging cincang, Jalangkote adalah makanan ringan yang wajib Anda coba jika berada di Makassar. Kudapan yang juga cocok dijadikan oleh-oleh ini biasanya dinikmati bersama sambal cair, campuran cuka, dan cabe. Salah satu penjual Jalangkote populer di Makassar adalah Jalangkote Lasinrang yang memiliki beberapa cabang outlet di Jalan Lasinrang, Jalan Pengayoman, Jalan BTP Tamalanrea, dan Tanjung Bunga. Jadi, Anda bisa menyinggahinya sembari berkeliling kota Makassar. 

 

3. Coto Makassar

Coto Makassar (foto: iStock)

Makanan satu ini tak boleh terlewatkan begitu saja jika Anda berada di Makassar. Meski di daerah lain penjual Coto Makassar cukup mudah ditemukan, menikmatinya di daerah asalnya tentu menjadi pengalaman yang berbeda.. Kuliner ikon Kota Daeng yang berkuah gurih dengan potongan daging dan jeroan sapi ini dapat Anda temukan mulai dari Pantai Losari, hingga Simpang Lima perbatasan Makassar dan Maros. Para penjual coto biasanya akan mulai berjualan dari pagi hingga malam, jadi cocok untuk pilihan makan sebelum atau setelah menyambangi berbagai destinasi wisata.

 

4. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo (foto: iStock)

Es pisang ijo adalah kuliner khas Makassar berikutnya yang wajib Anda coba. Selain mengenyangkan, penganan kaya cita rasa yang terbuat dari pisang berselimut dadar hijau, bubur sumsum, es serut, gula merah dan susu kental manis ini punya kesegaran yang cocok dinikmati di tengah suhu Makassar yang cenderung panas. Penganan penuh filosofi bagi orang Bugis yang populer sampai ke luar Makassar ini dapat Anda temukan di berbagai tempat dengan kisaran harga Rp12.000 hingga Rp25.000.

 

Itu dia 4 kuliner khas Makassar yang wajib Anda coba jika berkunjung. Tak perlu bingung memilih satu di antara banyak pilihan. Anda bisa menjajal semua tempat yang menyajikan kuliner lezat tersebut secara mudah, dengan kendaraan pribadi atau layanan sewa mobil dan truk dari TRAC. Melalui layanan ini Anda bisa pilih transportasi yang cocok dengan agenda liburan, mulai dari sepeda motor untuk solo traveler, mobil untuk keluarga, hingga bus untuk rombongan.

 

TRAC juga menyediakan pengemudi bersertifikat Defensive Driving yang menjamin keamanan serta kenyamanan dalam mengeksplorasi suatu tempat, dengan pengetahuan tentang wilayah dan rute jalan yang baik. Soal keamanan unit kendaraan, TRAC menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari pembersihan rutin unit menggunakan disinfektan, pemantauan kesehatan bagi para pengemudi, mewajibkan masker dan hand sanitizer, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang di setiap kendaraan. 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp