https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/5_airterjun_lombok.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/5_airterjun_lombok.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/5_airterjun_lombok.jpg

Travel

5 Air Terjun Terindah di Lombok

06 Juli 2017

Share

Lombok tak hanya memiliki pantai-pantai yang indah, karena ketika menjelajah pulau ini dengan sewa mobil ke kawasan pegunungannya, maka akan dilihat plang penunjuk jalan ke banyak air terjun. Berikut lima yang tak paling terkenal dengan akses yang sudah memadai. 

 

1. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Berada di Desa Senaru di utara Lombok, tepatnya di lereng Gunung Rinjani, keduanya berada di satu kawasan. Dari Mataram, perjalanan ke desa ini naik sewa mobil sekitar 2,5 jam. Dari pintu masuk, setelah memarkir sewa mobil, hanya butuh sekitar 15 menit berjalan kaki ke air terjun Sedang Gile melalui dua ratusan anak tangga.

 

Sendang Gile mendapat namanya dari legenda tentang seseorang yang tak sengaja menemukan air terjun ini ketika memburu seekor singa yang telah menghancurkan sebuah kampung. Warga menyebut singa tersebut sengang (singa dalam bahasa setempat) gila. Lama kelamaan, nama air terjun ini dilafalkan menjadi sendang gile. Konon, mandi di sini dapat membuat awet muda.

 

Dari Sendang Gile, lebih jauh melangkah ke tengah hutan selama sekitar 30 menit dapat tiba di air terjun Tiu Kelep setelah melewati jembatan yang terentang di atas sungai. Dalam bahasa Sasak, kata \"tiu\" berarti kolam renang, dan \"kelep\" berarti terbang. Hal ini karena mungkin airnya yang tercurah dari ketinggian 42 meter di tengah hutan lebat, dari kejauhan tampak bagai melayang.

 

2. Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Kedua air terjun ini juga terletak di satu kawasan, yaitu di Lombok Tengah, yang dapat ditempuh sekitar 90 menit berkendara dengan sewa mobil dari Senggigi. Benang Stokel dan Benang Kelambu terpisah jarak sekitar satu kilometer.

 

Curahan air Benang Setokel terdiri dua tingkat setinggi 20 meter yang berasal dari sungai di Gunung Rinjani. Setelah puas bermain air di Benang Setokel, bila tenaga masih tersisa, dapat berjalan kaki menuju air terjun Benang Kelambu yang lebih cantik karena airnya terdiri tiga tingkatan dan jatuh ke kolam di bawahnya melalui curahan air yang menyerupai benang kelambu.

 

3. Air Terjun Mayang Putek

Airnya dipercaya mengandung belerang, sehingga memiliki khasiat penyembuhan bagi siapa pun yang mandi di sini. Air terjun setinggi 60 meter ini terletak di Desa Bilok Petung, Sembalun, Lombok Timur.

 

Namanya dalam bahasa setempat berarti rusa putih dan hal ini diambil dari legenda setempat, di mana konon di sekitar air terjun sering terlihat rusa putih sedang mandi atau minum. Dari tempat sewa mobil terparkir di lahan yang disediakan, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30 menit menuruni anak-anak tangga.

 

4. Air Terjun Jukut

Terletak di selatan Taman Nasional Gunung Rinjani, masyarakat setempat percaya air terjun ini dapat menyehatkan rambut, sehingga yang sedang mengalami kerontokan rambut disarankan untuk mandi di sini.

 

Setinggi 30 meter, dari area tempat memarkir sewa mobil, pengunjung harus berjalan sejauh 1,5 kilometer, termasuk melalui 180 anak tangga. Letaknya memang tersembunyi, namun bila lelah, di beberapa spot tersedia gazebo untuk beristirahat sambil menikmati keindahan alam, termasuk mengamati monyet atau rusa yang sesekali melintas.

 

5. Air Terjun Tiu Tedja

Mengunjungi air terjun ini tak perlu naik-turun ratusan anak tangga yang curam dan licin karena pengunjung cukup berjalan di akses semi permanen yang rata selama 15 menit dari tempat sewa mobil terparkir. Terletak di Lombok Utara, Tiu Tedja dalam bahasa Sasak berarti air pelangi, berhubung titik-titik air dari curahan yang deras kerap membentuk warna pelangi yang indah. Kolamnya yang dangkal pun menyenangkan untuk berenang. 

 

Sewa mobil di Lombok untuk mengunjungi beragam air terjun indah di sini sangatlah mudah dilakukan. Terlebih dengan kehadiran TRAC, maka pilihan paket sewa mobil pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sewa mobil harian lepas kunci maupun dengan pengemudi.

 

Kedua pilihan sewa mobil tersebut pun termasuk asuransi. Bagi yang tidak ingin menyetir sendiri, berbagai tempat wisata di Lombok pun dapat dikunjungi dengan layanan sewa mobil dengan pengemudi dengan pilihan durasi 4 dan 12 jam. Harga sewanya termasuk tarif pengemudi, bensin, asuransi, tol, dan parkir.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp